Program Gancang Aron : Membantu Orang Sakit di Banyuwangi Tak Perlu Antri Obat Lagi

Program Gancang Aron : Membantu Orang Sakit di Banyuwangi Tak Perlu Antri Obat Lagi

Berdesa.com – Banyuwangi, Kabupaten yang terletak di ujung timur pulau Jawa seperti tak henti menciptakan terobosan. Kini, Kabupaten ini berkolaborasi dengan Go-Jek untuk meringankan beban warga desa miskin yang sedang sakit. Caranya, Go-Jek siap mengantarkan obat untuk bagi warga desa atau warga miskin yang sedang sakit. Sehingga di Banyuwangi tidak perlu lagi orang yang sakit harus menunggu berjam-jam mengantri obat.

Diberi nama ‘Gancang Aron’ yang artinya semoga lekas sembuh, program ini diluncurkan agar warga yang sedang sakit tidak perlu lagi repot menunggu obat setelah mereka memeriksakan diri di Rumah Sakit. Program Gancang Aron ini sedang dikembangkan di seluruh rumah sakit dan layanan kesehatan ini bakal sangat membantu pasien lekas sembuh soalnya, pasien hanya tinggal mendaftarkan diri ke pos yang sudah disiapkan. Begitu selesai periksa pasien dipersilakan pulang. Obatnya bakal diantarkan Go-jek beberapa saat kemudian.

Bupati Banyuwangi Azwar Anas kepada Liputan6.com (15/11) menyatakan, program Gancang Aron ini lahir sebagai bentuk pemanfaatan teknologi modern untuk kepentingan layanan masyarakat yang lebih baik. Di jaman sekarang ini, kata Bupati, pemanfaatan teknologi sudah tidak bisa dihindarkan dan pemerintah daerah harus menyambut baik teknologi yang mampu menciptakan kemanfaatan lebih yang bisa dilakukan melalui teknologi pada masyarakat.

“Ini adalah wujud konkret pemerintahan kolaboratif, di mana pemerintah daerah merangkul inovasi-inovasi sosial, karena pemerintah jelas tak bisa berjalan sendirian,” tutur Azwar Anas. Azwar percaya dengan berkolaborasi dengan teknologi dan berbagai kemajuan di jaman ini, pemerintah bisa meningkatkan kualitas layanan public. Bukan itu saja, teknologi juga memiliki kekuatan yang sangat besar untuk mendorong kemajuan berbagai bidang dalam kehidupan masyarakat.

Terobosan Banyuwangi bukan hanya pelayanan kesehatan saja, kabupaten yang berhasil menciptakan berbagai even budaya berkelas internasional ini juga sedang menyiapkan pengenalan dan promosi UMKM kuliner , melalui Pesta Kuliner Go Food bekerjasama dengan perusahaan transportasi lokal.  Even itu bakal membuka ruang promosi besar-besaran berbagai produk kuliner asli Banyuwangi terutama pada pasar lokal sehingga produk lokal bakal menjadi tuan rumah di kabupatennya sendiri.

Bagi Go-jek sendiri, ini adalah langkah kolaborasi pertama perusahaan mereka dengan pemerintah daerah. Pihak Go-jek menyambut dengan gembira kerjasama yang dibuka Banyuwangi karena bakal memiliki dampak yang kuat bagi pengembangan ekosistem digital Indonesia sehingga ke depan teknologi bakal memiliki berbagai kemafaatan untuk membantu msyarakat.(ary/berdesa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*