Produk Kerajinan Tangan UMKM Sangat Diminati di Luar Negeri

Produk Kerajinan Tangan UMKM Sangat Diminati di Luar Negeri

BERDESA.COM – Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kerajinan tangan adalah salahsatu jawara produk yang memiliki pasar yang bagus di Eropa dan Amerika hingga saat ini. Masih banyak produk lain yang memiliki pasar bagus di luar negeri yang harus dicermati UMKM di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Nus Nuzulia Ishak beberapa saat lalu. “ Kami mengukur berbagai peluang itu dari beberapa permintaan yang kami dapatkan dari hubungan dagang dengan beberapa negara,” katanya.

Selain produk kerajinan tangan, masih sangat terbuka pula berbagai produk UMKM seperti perhiasan, aksesoris, obat-obatan herbal, minyak esensial/minyak aromatherapi, teh, gift product, produk kulit, produk perikanan bahkan sumpit. Ini adalah berbagai peluang yang bisa dibidik UMKM dalam mengembangkan produknya untuk dipasarkan ke luar negeri.

Selain Amerika dan Eropa, Jepang adalah negara yang juga potensial menjadi sasaran pasar produk UMKM. Kerajinan dan meubel adalah beberapa jenis produk yang laris di negara Sakura. Produk lain yang berpeluang di Jepang adalah buah pisang. Hingga saat ini pisang Cavendish yang sangat digemari di Jepang dipasok negara Philipina. Meski dikenal sangat pilih-pilih terhadap produk tetapi Jepang adalah pasar potensial bagi pengembangan pasar di masa yang akan datang.

Untuk meningkatkan daya serap produk Indonesia ke luar negeri sejak beberapa tahun lalu Kemendag sudah melancarkan beberapa program perdagangan. Selain membuka perwakilan perdagangan di berbagai negara, Kemendag juga telah menggelar program mengundang para calon pembeli dari luar negeri ke Indonesia. Para calon pembeli diundang dengan pembiayaan dari Kemendag tetapi harus melakukan transaksi dengan jumlah tertentu.

Selain memanfaatkan jaringan hubungan dagang yang dimiliki Kemendag, sesungguhnya UMKM juga bisa memanfaatkan jaringan komunikasi melalui berbagai program online yang saat ini sudah mulai menjadi kanal bagi perdagangan dunia. Pemasaran on line menggunakan jaringan internet dengan memanfaatkan berbagai patform adalah salahsatu cara UMKM bisa menjangkau wilayah pemasaran yang luas tidak terbatas.

Selain cepat pemasaran melalui online juga bisa menggunakan berbagai layanan yang ditawarkan perusahaan-perusahaan jual beli yang saat ini mulai bertebaran di internet. Selain cepat, cara ini jauh lebih efisien secara pembiayaan karena tidak memerlukan biaya tinggi. Ke depan diharapkan UMKM mampu menajamkan diri untuk membidik peluang pasar untuk menjual produk-produknya di luar negeri. (dji-1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*