Potensi Desa Yang Bisa Dikembangkan di Era Modern

0
21197
Potensi Desa Yang Bisa Dikembangkan di Era Modern

Produk dari desa selalu dinanti di kota. Namun apakah di era modern seperti ini, perkotaan masih membutuhkan produk dari desa? Jawabannya iya. Ada beberapa potensi desa yang masih dapat dikembangkan di era modern saat ini. Dengan bantuan internet, jangkauan promosi serta distribusi produk dari desa bisa mencapai wilayah yang lebih luas lagi dan tentu saja dengan biaya yang lebih minim.

  1. Penghasil Produk Organik

Yang satu ini mulai menjadi tren bagi masyarakat kota yakni produk organik. Produk organik mulai diperhatikan karena kepedulian masyarakat terhadap kesehatannya. Tanaman yang menghasilkan produk organik ini disebut sebagai tanaman organik yang mana dalam proses penanamannya tidak menggunakan bahan-bahan kimia buatan yang bisa dikembangkan sebagai salah satu potensi desa.

Produk organik ini bisa berupa sayuran organik dan juga buah buahan organik. Kelebihan pada kesehatan inilah yang membuat harga jual dari produk tanaman organik ini lebih mahal daripada tanaman lain yang tidak melalui sistem penanaman organik atau yang sering disebut sebagai produk non organik.

Baca Juga  Membangun BUMDesa dari Potensi Desa Saja

Selain tanaman organik, ada juga produk peternakan organik yang juga dilirik oleh masyarakat kota yang mana juga memiliki manfaat yang serupa seperti produk tanaman organik. Produk peternakan organik ini juga bisa dikembangkan menjadi potensi desa sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

  1. Produk Kesenian

Selain produk pertanian juga peternakan organik, produk kesenian seperti karya seni juga bisa menjadi potensi desa yang bisa dikembangkan. Dengan perpaduan dengan penggunaan internet, produk kesenian mampu menjangkau konsumen yang lebih jauh dan diharapkan juga mampu mencapai pasar internasional sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Produk kesenian lainnya yang juga dapat ditingkatkan sebagai potensi desa adalah produk budaya berupa penampilan yang mana bisa dikaitkan dengan potensi yang ketiga yang bisa ditingkatkan di desa yakni adalah potensi wisata.

  1. Potensi Wisata

Apabila potensi desa yang ketiga ini dapat ditingkatkan, maka potensi pertama dan juga potensi yang kedua diatas juga dapat diangkat untuk untuk mendatangkan konsumen pada desa. Salah satu contohnya adalah desa di Bali yang mampu mendatangkan turis sehingga berbagai produk pertanian serta produk keseniannya mampu dicapai oleh masyarakat internasional.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa Dengan Memanfaatkan Potensi Desa

Potensi desa berupa potensi wisata juga menjadi potensi jangka panjang yang mana dalam pengembangannya harus sangat berhati hati sehingga tidak merusak potensi yang ada. Tanpa adanya campur tangan pemerintah dan kesadaran masyarakat desa, potensi wisata ini akan mati dan tidak dapat dikembangkan.

Dengan meningkatkan ketiga potensi desa di atas, diharapkan desa juga tidak kalah dalam persaingan dalam pergerakan di dunia modern. Bahkan, dengan berbagai kearifan lokal yang berada didalamnya, desa tidak perlu menyesuaikan dengan kebutuhan global namun bagaimana agar dunia atau dunia global mampu melihat masyarakat desa sebagai salah satu keunikan yang harus tetap dijaga kelestariannya.

Dengan potensi desa yang mampu untuk dikenali, mampu untuk dilakukan manajemen didalamnya serta mampu diajak untuk berpartisipasi didalamnya, maka keberadaan Desa mampu terus dijaga dan juga mencegah terjadinya urbanisasi yang memaksa warga desa untuk pergi ke kota.

Desa harus menjadi tempat yang nyaman juga sebagai bentuk investasi di masa depan yang tidka boleh dilewatkan. Bagaimana? Bersiap untuk memajukan desa di kancah dunia internasional?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here