PNS Jadi Kades, Bisa Banget!

1
11110

Berdesa.com – Siapa bilang PNS tidak bisa menjadi kepala desa ? Jawabannya : bisa banget dan tidak perlu kehilangan status PNS nya. Karena bagaimanapun, menjadi Kepala Desa adalah sebuah kerja pengabdian pada masyarakat.  Tapi nanti dulu, ada syarat yang harus dipenuhi si PNS yang ngebet jadi Kades. Apa syaratnya ?

Sesuai surat yang dikeluarkan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BPN), No. C1.26.30/V.38-6/48, PNS bisa menjadi kepala desa dengan lebih dahulu dibebaskan tugas-tugasnya sebagaimana yang dia jalankan sebagai PNS. Sehinggga di PNS bisa fokus menjalankan tugasnya sebagai kepala desa. Soalnya, bakal sangat sulit jika PNS yang bersangkutan tetap menjalankan pekerjaan sehari-hari sebagai PNS sekaligus melayani warga desa sebagai kepala desa. Apalagi kepala desa sekarang ini memiliki kesibukan luar biasa karena tanggung jawab menjalankan dana desa.

Dijelaskan Humas BKN Tumpak Hutabarat, dalam surat Kepala BKN itu menjelaskan, PNS yang diangkat atau terpilih menjadi kepala desa bakal mendapatkan pembebasan tugas dari jabatan organiknya selama memimpin desa tetapi dijamin tidak akan kehilangan statusnya sebagai pegawai negeri. Tumpak menambahkan, arahan kepala BKN itu didasarkan pula pada Pasal 8 PP.55/1980 tentang Pengangkatan Kepala Kelurahan dan Perangkat Kelurahan nenjadi PNS.

Baca Juga  Desa Samiran, Desa Yang Bertransformasi Menjadi Desa Wisata

Dalam surat ini BKN juga dijelaskan, Sekretaris Desa yang diangkat menjadi PNS berdasar PP ini dapat dimutasikan setelah menjalani masa jabatan 6 tahun sebagaimana jabatan kepala desa  atau sekretaris desa.  “ Banyak yang menanyakan ke BKN soal ini. Boleh saja asal memenuhi syarat tadi. Tetapi memang di beberapa daerah melarang PNS jadi Kades karena alasan tertentu,” kata Tumpak.

Di Klaten, PNS yang dipilih warga menjadi kepala desa wajib meminta ijin ke Kepala Bidang Umum dan Kepegawaian, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD). Dari sanalah kemudian bakal keluar keputusan agar si PNS fokus pada jabatannya sebagai kepala desa dan dibebas-tugaskan dari kegiatan sehari-harinya sebagai PNS.

Bagaimana dengan gaji? Meski jadi kepala desa gaji sebagai PNS tetap bakal diterima oleh kepala desa PNS bersangkutan. Jadi, bisa dikatakan, PNS malah bakal mendapatkan tambahan gaji karena gaji PNS masih dapat dan masih ditambah lagi pendapatan dia sebagai kepala desa. Maka sebenarnya sama sekali tidak ada larangan bagi PNS untuk berkiprah membangun desa sebagai kepala desa. Tertarik? (aryadji/berdesa)

1 KOMENTAR

  1. Apakah PNS yang menjadi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bisa merangkap menjadi PJ Kades ?
    ( kades masa jabatan habis, menunggu Pilkades serentak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here