Pingin Usaha Anda Maju Pesat, Bangunlah Manajemen Perusahaan Ini

Pingin Usaha Anda Maju Pesat, Bangunlah Manajemen Perusahaan Ini

Berdesa.com – Ibarat kapal besar, sebuah perusahaan bakal berjalan menuju titik yang dituju jika semua orang yang bekerja di dalamnya memahami arah dan tujuan mereka serta tahu peran dan tanggung jawabnya. Tugas manajemen adalah mengarahkan kapal itu agar tidak salah jalan.

Sistem manajemen yang baik bakal menciptakan pola kerja yang terstruktur mulai dari perencanaan hingga eksekusi sehingga perusahaan itu dengan lancar berlayar menuju titik yang dituju. Mau tahu apa saja yang harus dilakukan sebuah manajemen perusahaan, inilah tugas paling penting dalam manajemen perusahaan:

  1. Memimpin (Leading)

Sistem manajemen harus memiliki seseorang sebagai manajernya. Tugas si manajer adalah memimpin tim kerja dalam perusahaannya agar mereka bisa bertindak mewujudkan tujuan yang ingin dicapai perusahaan tempat mereka bekerja. Secara rinci tugas dari manajer adalah

  1. Pengambil Keputusan
  2. Melakukan Komunikasi
  3. Memberikan Motivasi
  4. Memilih orang
  5. Mengembangkan potensi tim kerjanya orang per orang, dan menciptakan sistem penilaian kualitas kerja, memberikan saran, dan memberikan latihan(training).
  1. Merencanakan (Planing)

 Segala tindakan yang dilakukan perusahaan haruslah melalui perencanaan yang matang sehingga bisa dikelola dengan baik. Perencanaan yang baik tak hanya memudahkan pengelolaan pekerjaan tetapi juga menghindarkan diri dari kemungkinan kerugian. Dalam perencanaan terdapat beberapa agenda penting yakni:

  1. Meramalkan berbagai kemungkinan menyangkut agenda kerja perusahaan di masa yang akan datang
  2. Membuat target dan sasaran
  3. Membuat runutan agenda kegiatan menuju target yang dipasang
  4. Membuat time schedule
  5. Menyusun rencana anggaran biaya (RAB)
  6. Membuat Standard Operating Procedure (SOP)
  7. Menetapkan dan menciptakan kebijakan pendukung pelaksanaan pekerjaan

 

  1. Menyusun (Organizing)

 Peran utama manajemen dalam tugas ini adalah mengatur dan menghubungkan suatu bagian pekerjaan pada bagian pekerjaan yang lain sehingga menciptakan kesatuan gerak padu yang efisien. Di dalam pekerjaan ini terdapat beberapa agenda yakni:

  1. Merancang Struktur Organisasi
  2. Menyusun Job description pada seluruh bagian perusahaan
  3. Menciptakan sistem delegasi tanggung jawab dan wewenang agar efektif dan efisien menuju target capaian
  4. Menciptakan sistem yang membuat perbedaan antara staf dan atasan
  5. Merumuskan berbagai hal yang bisa membangun efisiensi kerja

 

  1. Mengawasi (Controlling)

Setelah berbagai hal berjalan maka yang paling penting adalah mengontrol seluruh proses pelaksanaan segala yang telah direncanakan tadi. Apakah sudah sesuai dengan arahan yang ada? Beberapa bagian pekerjaan di sini adalah:

  1. Perkembangan pekerjaan, pastikan selalu mencatat setiap perkembangan
  2. Mengukur hasil pekerjaan, harus ada ukuran jelas tahap demi tahap sehingga bisa mengukur sudah berjalankah perencanaan yang telah di susun
  3. Selalu menyiapkan langkah untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi dalam proses pelaksanaan pekerjaan.

Itulah beberapa tugas yang harus dijalankan sebuah sistem manajemen perusahaan. Jika beberapa hal di atas sudah dilakukan, maka mudah bagi perusahaan mengukur dirinya, sudah sejauh mana perusahaan itu mengembang dan masalah apa saja yang membuat usaha tidak berkembang.(aryadji/berdesa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*