Pigin Sukses Memulai Usaha, Lakukan 10 Tips Ini

0
295

Berdesa.com – Siapapun pasti ingin menjadi pengusaha sukses bersimbah kekayaan, mobil mewah, pelesiran ke luar negeri dan tabungan di bank tetap utuh bahkan malah menambah.  Tetapi tahulah Anda bahwa jalan menuju ke titik itu sungguh tidak mudah. Hampir semua milyarder dunia bahkan memulai usahanya dengan kerja keras tak terperi.

Hebatnya, ada banyak manusia terkaya didunia dengan perusahaan yang awalnya hanya beroperasi di sebuah garasi rumah saja. Sebut saja duo Larry Page dan Sergey Brin pemilik Google.com yang menjadi perusahaan terbesar abad ini atau Jeff Benzoz si  pemilik Amazon si terkaya di dunia. Kedua perusahaan itu dimulai di sebuah garasi rumah saja. Pingin seperti mereka?

Berikut ini adalah 10 tips yang harus Anda jalankan ketika memulai sebuah usaha. Sepuuh tips ini diambil dari Readersdigest.co.id dan dijamin bakal memberikan pengalaman bar bagi Anda membangun usaha menuju sukses. Apa saja tips itu, ini dia 10 Tips Sukses Memulai Usaha:

  1. Harus Realistis

Jika Anda membuat model bisnis, coba cari contoh model bisnis seperti yang Anda inginkan dan yang sudah sukses. Pelajari bagaimana profil perusahaan itu da apa saja yang membuatnya sukses. Jika Anda tidak menemukan contoh model bisnis yang Anda inginkan, sebaiknya Anda berpikir ulang menjalankannya karena model bisnis Anda bakal tidak realistis di dunia nyata.

  1. Jangan Investasikan Uang Sendiri
Baca Juga  Tata Niaga Hasil Pertanian

Sebaiknya Anda mencari partner dalam menjalankan bisnis start up Anda. Kenapa? Soalnya, memulai bisnis adalah hal yang sangat beresiko jadi ketika ternyata perjalanan bisnis Anda tidak sesuai rencana dan bangkrut, Anda tidak perlu mengalami kehancuran habis-habisan dan dikejar hutang

  1. Perbudak diri sendiri

Jika Anda berniat berwirusaha maka bersiaplah bekerja keras, lembur, melupakn keuntungan pribadi pada awalnya. Soalnya, pada awalnya Anda tidak akan mampu membayar membayar karyawan, maka diri Anda sendirilah karyawannya. Jika Anda tidak sanggup melakukan ini, maka kewirausahaan bukanlah untuk Anda.

  1. Hargai Waktu

Sebaiknya Anda melakukan ini: beri nilai uang pada waktu yang Anda gunakan. Misalnya, Anda menetapkan angka Rp. 25 ribu per jam untuk diri Anda sendiri, ini akan membuat Anda sangat produktif dan lebih mudah mengambil keputusa usaha.

  1. Rekrut Karyawan dengan cara yang baik

Memiliki karyawan selalu menerbitkan kesempatan pengembangan sebuah usaha. Tapi rekruitmen yang salah bisa jadi akan menghancurkan usaha. Maka, perhitungkan baik-baik ketika Anda memutuskan untuk merekrut karyawan, jangan tergesa-gesa dan seleksilah dengan hati-hati calon karyawan Anda.

  1. Jual Nilainya, bukan Harga
Baca Juga  Produk Desa Sebagai Primadona Ekspor

Bersaing harga dengan perusahaan yang sudah mapan dipastikan bakal membuat Anda frustasi pada awalnya. Maka janganlah bersaing pada harga melainkan nilai. Anda harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menawarkan produk Anda sehingga konsumen akan membeli nilai yang Anda tawarkan, bukan harga produknya.

  1. Kuasai Angka

Jika menerjuni bisnis maka anda harus tahu seluruh bagian dari bisnis Anda dalam angka. Mulai dari harga sewa, listrik, gaji, biaya print, kertas dan sebagainya. Dari situ Anda akan bisa berhitung dengan baik antara kebutuhan dan pendapatan yang harus Anda dapatkan untuk menjaga perusahaan berkembang.

  1. Gunakan Teknologi

Memanfaatkan teknologi digital adalah salahsatu yang harus Anda lakukan. Tanpa menguasai teknologi, hampir pasti perusahaan Anda bakal sulit berkembang atau bahkan malah tak berjalan karena semua usaha sudah menggunakan teknologi ini sekarang.

  1. Perlakukan Vendor Sebaik-baiknya

Perlakukan supplier dan vendor Anda dengan baik karena merekalah juga berpengaruh kuat bagi kelangsungan hidup perusahaan Anda. Perlakuan yang baik juga bisa memberikan diskon buat Anda.

  1. Be The Best
Baca Juga  Hilirisasi, Cara Meningkatkan Keuntungan Produk Desa

Jangan setengah-setengah menjalankan bisnis. Lkukan setiap hal sebaik-baiknya, berikn yang terbaik untuk klien dan seluruh jaringan bisnis. Maka, Anda bakal mendapatkan reward yang baik dari promosi mulut ke mulut para pelanggan.

Itulah tips-tips yang harus Anda lakukan ketika memulai sebuah usaha. Tanpa kerja keras dan berbagai hal ini, bakal sulit bagi Anda mempertahankan usaha. Yang kemudian terpenting adalah, lakukan sekarang juga. Soalnya, semakin lama menunda hal penting untuk dilakukan malah akan menimbulkan kerugian. (adji/berdesa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here