Pertimbangkan Keuntungan Dari Usaha Budidaya Ikan Lele

0
397

Indonesia merupakan negara yang sangat luas, tentunya banyak problematika yang terjadi di negeri ini. Salah satu yang menjadi masalah adalah kesenjangan ekonomi, dimana belum meratanya kesejahteraan ekonomi ditengah-tengah masyarakat. Memang bukan hal yang mudah untuk melakukan pemerataan kesejahteraan ekonomi, hal ini dapat dilihat adanya ketimpangan antara jumlah kalangan menengah keatas dan kalangan menengah kebawah, antara si kaya dan si miskin.

Tanpa bermaksud mendiskreditkan orang desa, namun tak sedikit orang beranggapan bahwa orang desa merupakan orang-orang yang memiliki perekonomian menengah kebawah. Salah satu cara supaya permasalahan ekonomi tersebut dapat dientaskan sesungguhnya dapat diatasi dengan adanya ide, gagasan, kemauan, niat, pembacaan peluang usaha desa serta hadirnya peran dan bantuan pemerintah dalam mewujudkan kemandirian di desa. Peluang usaha desa yang dapat Anda coba salah satunya yaitu budidaya perikanan yaitu dengan membudidayakan ikan lele. Anda dapat menggunakan dan memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah untuk budidaya ikan lele.

Cara melakukan budidaya ikan lele ini sangatlah mudah, tak perlu keahlian khusus dan tak perlu modal yang besar. Ikan lele dapat dibudidayakan di lahan yang memiliki sumber air terbatas, teknologi yang digunakan relative mudah, modal usaha yang relative rendah serta padat tebar tinggi. Selain itu harga ikan lele pun naik, untuk per kilo ikan lele dapat dihargai sekitar kurang lebih Rp14.000 – Rp17.000, apabila Anda membeli ikan lele harganya tetap tinggi itu artinya permintaan pasar akan ikan lele pun masih tinggi.

Baca Juga  Peluang Usaha Makanan Kecil di Desa yang Layak Dicoba

Hal lumrah bila harga ikan lele tinggi karena ikan lele memiliki banyak penggemar sehingga permintaan akan ikan lele pun meningkat di pasaran. Banyaknya penggemar dan pembeli ikan lele yang mengakibatkan tingginya permintaan di pasaran, membuat banyak orang terutama orang desa untuk melirik peluang usaha budidaya ikan lele di desanya. Tidak memerlukan modal yang besar untuk memulai usaha budidaya ikan lele, budidaya ikan lele dapat dikatakan lebih murah daripada beternak unggas.

Inilah yang membuat banyak orang desa yang terjun ke usaha/bisnis budidaya ikan lele ini juga menjadi usaha yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain permintaan pasar yang banyak terhadap ikan lele tadi, serta modal yang cukup murah dalam mengawali bisnis ini. Membudidaya ikan lele juga mempunyai berbagai macam keuntungan lain untuk dijadikan sebagai usaha unggulan Anda.

Jika Anda masih bingung dan ragu untuk mencoba menjalankan usaha budidaya ikan lele maka dibawah ini adalah keuntungan yang dapat Anda pertimbangkan sebelum membuka usaha tersebut.

Baca Juga  Peluang Usaha di Desa yang dapat Dikembangkan dan Menghasilkan Keuntungan Bagi setiap Masyarakatnya

Keuntungan Peluang Usaha Budidaya Ikan Lele

1. Ikan Lele Mudah Beradaptasi

Ikan Lele merupakan ikan tawar yang dapat hidup di mana saja kecuali di dalam air asin. Karena mudah beradaptasi ikan ini banyak dipelihara dan dibudidayakan, apabila Anda ingin membudidaya ikan lele Anda hanya perlu membuatkan kolam ikan lele yang luas dan memiliki kedalaman yang sesuai dengan jumlah ikan lele yang akan dibudidayakan. Ikan lele ini dapat hidup pada kolam yang dilapisi dengan semen, terpal atau hanya sekedar tanah alias empang. Ikan-ikan lele akan cepat untuk berkembang biak apabila Anda melakukan pemeliharaan secara baik dan telaten.

2. Ikan Lele Memiliki Kekebalan Tubuh Yang Kuat

Ikan lele sendiri selain mudah untuk beradaptasi di berbagai jenis kolam dengan baik, ikan ini juga mempunyai daya tahan tubuh cukup kuat yang membuatnya jarang terkena berbagai penyakit. Pada tubuh ikan lele terdapat lendir, lendir ini berfungsi untuk pelindung tubuh ikan lele dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang kekebalan tubuhnya. Daya tahan tubuh yang kuat pada ikan lele itu dapat menekan jumlah angka kematiannya.

Baca Juga  Usaha Depot Air Minum Di Desa, Berapa Modalnya?

3. Bibit Ikan Lele Berkualitas Mudah Untuk Dicari Dan Harganya Murah

Ikan lele di Indonesia banyak ditemukan di daerah perairan air tawar, banyak sungai-sungai di Indonesia yang di dalamnya hidup ikan-ikan lele, selain itu ikan lele merupakan salah satu ikan air tawar yang cukup terkenal dan menjadi favorit masyarakat, jadi sangatlah mudah untuk memperoleh bibit ikan lele yang berkualitas. Bibit ikan lele dapat dikatakan tergolong murah, untuk satu ekor bibit ikan lele harganya sekitar Rp 2.500 saja, sedangkan harga jualnya dapat dikatakan cukup mahal. Dengan begitu budidaya ikan lele ini cukup menggiurkan karena tak perlu modal banyak untuk memulai usaha dan dapat menghasil keuntungan yang diharapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here