Pertimbangkan Kelebihan Dan Kekurangan Sebelum Memulai Usaha Toko Sembako Di Desa

0
640
Mental dan Karakter Yang Perlu Dimiliki Seseorang Yang Ingin Mulai Berwirausaha

Bagi Anda yang tinggal di desa dan ingin mencoba mendapatkan peruntungan dari usaha berjualan sembako, sebaiknya Anda pikirkan matang-matang terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari usaha toko sembako. Memang dapat dikatakan usaha toko sembako merupakan salah satu peluang usaha desa yang cukup menjanjikan dan tak sedikit pula dijalankan oleh pengusaha kecil saat ini. Bahan-bahan sembako seperti beras, gula, minyak dan bahan makanan lainnya adalah kebutuhan penting untuk manusia. Semua orang pasti mencari dan membutuhkannya, inilah lasan mengapa peluang usaha desa dengan membuka warung/toko sembako masih cukup menjanjikan dan banyak diminati saat ini.

Meskipun banyak peminatnya, namun tak sedikit juga orang-orang yang pesimis dengan peluang usaha toko sembako ini. Alasan utamanya adalah persaingan, tak hanya bersaing dengan sesama pengusaha kecil tapi juga bersaing dengan pelaku usaha besar seperti minimarket, supermarket, mall dan pusat berbelanjaan lain yang telah menjamur. Inilah yang menjadikan bebera orang desa enggan untuk mencoba peluang usaha toko sembako, namun ada pula yang mencari celah dan memanfaatkannya.

Perlu Anda ketahui bahwa usaha toko sembako tidak mengenal musim dan akan selalu dicari oleh semua orang demi mendapatkan apa yang dibutuhkannya. Jika Anda akan membuka toko sembako, sebagai pemula Anda tidak perlu membuka toko sembako yang besar, Anda dapat memulainya dari warung/toko kecil. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya keuntungan dan tabungan, Anda dapat sedikit-sedikit mengembangkan dan membesarkan usaha toko sembako .

Baca Juga  Peluang Usaha Desa, Membuka Pembuatan Furniture atau Mebel       

Inilah kelebihan dan kekurangan yang dapat Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memulai menjalankan usaha toko sembako di desa Anda.

Kelebihan Usaha Toko Sembako

1. Dibutuhkan Banyak Orang Dan Selalu Dicari

Seperti yang kita ketahui sembako merupakan bahan-bahan makanan yang sangat dibutuhkan manusia dan sebagai penunjang kehidupan. Oleh karena itu sembako pastinya akan sangat dibutuhkan dan dicari setiap harinya oleh semua orang. Inilah yang membuat toko sembako akan selalu diburu dan didatangi oleh para pembeli.

Terlebih masyarakat desa yang jauh dari kota pastinya akan lebih memilih untuk datang dan berbelanja ke toko sembako terdekat. Selain itu usaha toko sembako ini tak kenal musim karena semua orang pasti butuh sembako, terlebih saat momen-momen hari besar pastinya permintaan akan bahan-bahan sembako akan menjadi meningkat. Jadi Anda tidak perlu pusing dan bingung untuk mencari pembeli, yang terpenting Anda pintar memilih lokasi dan mampu bersaing dengan toko sembako lainnya.

2. Bisa Dikerjakan dari Rumah

Usaha toko sembako ini dapat Anda dikerjakan di rumah, apalagi jika lokasi rumah Anda cukup strategis. Usaha ini sangat cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin membantu perekonomian keluarga dengan memperoleh tambahan penghasilan di rumah. Sembari berjualan sembako Anda juga dapat mengerjakan dan merampungkan pekerjaan rumah lainnya.

Baca Juga  Dana Desa: Mendongkrak Pelambatan Ekonomi dari Desa

Apabila Anda memiliki modal yang cukup besar, Anda juga dapat mengembangkan dan membuka toko yang lebih besar, tak hanya berjualan secara eceran tapi juga secara grosiran.

3. Mudah Dijangkau

Membuka usaha toko sembako di desa kelebihan lainnya yaitu orang-orang desa pasti akan lebih memilih membeli dan memenuhi kebutuhan mereka dengan membeli di warung/toko sembako yang lebih dekat. Sering kali orang-orang malas keluar rumah ke pusat perbelanjaan yang letaknya jauh dari desa. Nah, apabila Anda membuka toko sembako di dekat pemukiman, kemungkinan besar konsumen Anda akan banyak dan semakin bertambah.

Kekurangan Usaha Warung Sembako

1. Harga Sembako yang Naik Turun

Kekurangan dari usaha toko sembako yang paling sering terjadi dan dikeluhkan yaitu harga sembako yang sering mengalami naik turun. Jika Anda ingin menjalankan usaha ini Anda harus dapat mengetahui dan update keadaan harga bahan sembako di pasaran. Terkadang ada masa dimana Anda harus membeli bahan-bahan sembako ketika harga sedang naik, namun beberapa hari kemudian harga langsung turun. Ini dapat membuat Anda mengalami kerugian, tapi hal ini dapat Anda siasati dengan mengatur startegi.

Baca Juga  Melirik Peluang Usaha Desa Menguntungkan Dari Pertamini, Berikut Alasan Mengapa Harus Membuka Usaha ini

2. Bersaing dengan Toko Sembako Lain

Setiap usaha pasti ada persaingan, begitu juga halnya dengan usaha toko sembako yang juga memiliki banyak pesaing. Meskipun persaingan usaha toko sembako cukup ketat, pada dasarnya Anda tetap masih bisa mendapatkan keuntungkan jika usaha toko tersebut dikelola dengan baik. Anda harus pintar-pintar mengatur strategi dan mencari celah peluang, seperti contoh tidak semua bahan sembako dijual di minimarket atau di toko sembako yang menjadi pesaing Anda, nah Anda dapat memanfaatkan celah itu dengan menjual yang tidak ada disana di toko Anda.

3. Sering Dihutangi

Toko sembako di desa tak jarang akan sering dihutangi oleh pelangganya. Hal ini terjadi kebanyakan warga desa memiliki ikatan kekeluargan cukup baik dan terkadang ada rasa tidak enak terhadap tetangga. Hal inilah yang kadang membuat pemiliki warung/toko sembako membolehkan pelanggannya untuk mengutang. Ini adalah hal yang fatal jika terlalu banyak yang hutang dan tidak segera membayarnya, dapat dipastikan lambat laun bisa-bisa toko sembako Anda bangkrut dan tutup.

Itulah tadi beberapa hal dari kelebihan dan kekurangan dari usaha toko sembako yang dapat Anda pertimbangkan sebelum menjalankannya. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here