Yang Perlu Dipertimbangkan UKM Sebelum Memanfaatkan Teknologi Digital

Yang Perlu Dipertimbangkan UKM Sebelum Memanfaatkan Teknologi Digital

Beberapa Pertimbangan UKM Sebelum Memanfaatkan Teknologi Digital

BERDESA.COM – Salahsatu cara membangun usaha yang cepat adalah dengan memanfaatkan teknologi digital, termasuk bagi para pelaku UKM. Pemasaran melalui internet adalah salahsatu yang strategi pemasaran yang paling jitu sekarang ini selain model offline.

Meski begitu tiak ada pula jaminan penggunaan teknologi digital atau internet bakal memberi kemajuan dalam hal pemasaran produk jika tidak dijalankan dengan sungguh-sungguh dan sesuai kemampuan. Apa yang harus dipertimbangkan UKM ketika ingin memasuki strategi marketing digital?

Pertama, Rumuskan Kebutuhan dan Target yang Jelas. Yang penting yang harus diingat, teknologi digital hanyalah sarana atau alat menuju ke target yang kita tuju. Maka para pelaku UKM harus memiliki tujuan yang pasti sehingga dia harus mengembangkan usahanya melalui internet. Tujuan jelas itu seperti siapakah segmen yang dibidik, hal ini akan menentukan strategi pemasaran digital apa yang akan dia gunakan. Apakah sudah penting bagi usahanya untuk memiliki website tersendiri? Apakah dia punya kemampuan menangani website atau akun-akun lainnya anti?

Saat ini ada banyak UKM punya website karena membuat website sudah bukan hal sulit lagi dan murah pula sekarang. Tetapi sebagian besar dari mereka tidak mampu menjalankan website-nya sehingga justru menciptakan efek yang negatif bagi pengunjung wesbite itu ketika mendapati website yang dibukanya tidak pernah up date konten atau kontak-nya tidak pernah membalas emailnya. Maka bisa jadi UKM itu belum membutuhkan siap menggunakan teknologi digital melainkan lebih bermain pada penjualan melalui sosial media.

Kedua, salahsatu konsekuensi dari penggunaan website atau teknologi digital lainnya adalah harus selalu membuat konten atau isi. Masalahnya, ada jutaan website di jagad raya ini dan semuanya bersaing merebut pengunjung. Maka isi website atau sosial media yang dijalankan pelaku usaha haruslah menarik. Menarik dalam kontek ini meliputi menarik dari sisi kualitas produk, kualitas konten, tampilan website dan secara pelayanan. Website yang isinya bermutu tetapi jarang di up date bakal mengecewakan pengunjung. Website bagus tetapi memiliki respon yang buruk pada pengguna juga bakal segera ditinggalkan pengunjungnya. Pertimbangkan beberapa hal tersebut, apakah Anda memiliki cukup energi dan kemampuan menjalankan fungsi-fungsi website di atas.

Ketiga, gunakan Marketplace Jika dua hal di atas masih belum Anda yakini mampu Anda jalankan maka pelaku UKM bisa memanfaatkan Marketplace (pasar online), sebuah situs yang mengkhususkan diri menjadi tempat menjual berbagai produk sebagaimana sebuah psar di dunia nyata. Menjual produk melalui Marketplace jauh lebih mudah bagi UKM karena Anda tinggal menuliskan alamat website dan mendaftar menjadi penjual. Dalam beberapa menit, produk Anda bakal terpajang di halaman Marketplace dan bisa dilihat jutaan orang.

Cara ini sangat murah karena proses menjadi penjual umumnya gratis, memanfaatkan Marketplace juga praktis karena Anda tidak perlu pusing mengurus website. Semua urusan bakal dijalankan si marketplace itu. Anda hanya perlu menengok secara berkala akun atau papan pesan smartphone Anda karena sewaktu-waktu bakal terjadi penjualan dan pemberitahuan melalui smartphone.

Bagi UKM, salahsatu marketplace yang menjual khusus produk UKM dan produk desa adalah www.usahadesa.com. Usahadesa.com adalah Marketplace tempat ribuan UKM bertemu, menjual produk dan berbagi berbagai cerita mengenai usaha mereka baik melalui website maupun sosial media.(aryadji/berdesa)

Foto: www.hakikatbisnis.blogspot.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*