Perkembangan Desa Bisa Signifikan Asal Tahu Kuncinya

0
1556
Peluang Usaha Petanian di Desa, Bisa Jadi Bisnis Masa Depan

Desa adalah bagian lingkungan terkecil yang berada di bawah kecamatan dan dipimpin oleh Kepala Desa. Perkembangan desa menjadi titik penting dalam pembangunan sebuah negara. Dengan berkembangnya sebuah desa diharapkan mampu untuk mengatasi dan mengurai permasalahan yang dihadapi di kota. Karena itu, pemerintah berupaya untuk memajukan desa yang tertinggal dengan beberapa program pembangunan desa.

Tingkatan Perkembangan Desa

Desa memiliki tingkatannya sendiri sesuai dengan kemajuan perkembangan yang dialami oleh desa. Sebuah desa dikatakan mencapai tingkatan maju jika dinilai mampu untuk mengatasi permasalahan yang ada dihadapi desa itu sendiri. Tingkat perkembangan desa dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu Desa Swasembada, Desa Swakarya, dan Desa Swadaya.

Desa Swasembada atau biasa disebut desa maju atau berkembang adalah desa yang masyarakatnya dinilai mampu memanfaatkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki desa baik sumber daya alam maupun fasilitas yang disediakan. Berpikiran lebih modern dan perekonomian masyarakatnya sudah terpenuhi.

Sedangkan desa yang dalam tingkatan Desa Swakarya termasuk desa yang tingkatannya berada dibawah desa swasembada. Desa swakarya adalah desa yang sedang dalam tahap pengembangan, pola pemikiran yang mulai terbuka dan memiliki sarana yang mampu meningkatkan perekonomian, pendidikan, dan bidang lainnya.

Baca Juga  Kota Wisata VS Desa Wisata, Pelajari Kelebihan Dan Kekuranganya

Berbeda dengan Desa Swadaya yang bisa disebut sebagai desa yang tertinggal. Daerah yang ditinggali terisolir, sehingga pemikiran masyarakatnya lebih primitif dan tertutup dari segala pengaruh dunia luar. Masyarakatnya juga masih berpegang teguh dengan kepercayaan adat serta minim dalam sarana dan prasarananya.

Cara Mengenali Potensi untuk Perkembangan Desa

Hal yang terpenting sebelum mengembangkan suatu desa adalah menemukan potensi yang ada pada desa itu sendiri. Dengan begitu, pengembangan desa akan lebih terarah dan menjadikan pengembangan lebih maksimal. Untuk mengetahui potensi yang dimiliki, setiap desa bisa melakukan beberapa hal untuk mengetahuinya. Seperti dengan memperhatikan hal berikut ini :

  1. Melihat Kondisi Sumber Daya Alam

Untuk mengetahui potensi yang dimiliki suatu desa, bisa dilakukan dengan cara melihat secara langsung atau berkeliling mengamati lingkungan desa. Dengan begitu, akan diketahui kondisi alam yang berpotensi untuk dikembangkan.

Kondisi alam itu bisa dijadikan tempat wisata atau tempat pengembangan sektor tertentu yang mampu mendorong dan memajukan perekonomian masyarakat desa. Misalkan disebuah desa terdapat air terjun, desa bisa mengembangkan tempat itu menjadi salah satu objek wisata yang menarik.

  1. Mengetahui Kemampuan Sumber Daya Manusia
Baca Juga  16 Kabupaten Terpilih Menjadi Kabupaten Prioritas Terintegrasi 2018-2019

Manusia adalah hal terpenting dalam usaha memajukan desa. Tanpa ada sumber daya manusia yang mumpuni, desa akan kekurangan tenaga yang bisa mengakibatkan melambatnya perkembangan yang dialami desa. Bahkan sumber daya manusia akan jauh lebih menghasilkan daripada sumber daya alam yang tidak dimaksimalkan.

Untuk meningkatkan kualitas sumber daya ini, pemerintah desa bisa mendirikan balai pelatihan keterampilan untuk para warga agar memiliki keterampilan yang berdampak positif. Desa juga bisa mengadakan berbagai seminar atau sosialisasi di desa agar masyarakat tergerak lebih kreatif dan berani mengembangkan usaha dengan ide yang mereka punya.

Masyarakat yang berani membangun sebuah usaha dengan ide yang kreatif, mampu menjadi aset desa yang cukup membantu untuk memajukan masyarakat desa. Dan tentu saja membuka lapangan pekerjaan baru yang akan meningkatkan perekonomian warga desa.

Dengan diketahuinya potensi yang dimiliki, diharapkan perkembangan desa menjadi lebih cepat dan maksimal. Apalagi jika desa memiliki kedua sumber daya yang bagus dan mampu dimanfaatkan dengan baik, maka desa akan lebih maju dan berkembang. Perencanaan pembangunan desa juga bisa lebih terarah dan semakin menggiatkan potensi yang dimiliki desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here