Peran Strategis BUM-Desa

Peran Strategis BUM-Desa

Mengapa BUM Desa memiliki peran strategis dalam memajukan perekonomian desa?

Desa mandiri dan sejahtera hanya dapat dicapai jika desa mampu menggerakkan ekonomi lokal berbasis desa melalui BUM Desa. BUM Desa sebagai badan usaha milik desa memiliki potensi besar untuk lebih memajukan perekonomian warga sehingga desa menjadi lebih mandiri. Pendirian dan pengelolaan BUM Desa pada dasarnya adalah merupakan upaya membangun tradisi berdemokrasi ekonomi di desa untuk meningkatkan derajat ekonomi masyarakat desa. Pendiriannya merupakan strategi untuk mengoptimalkan pengelolaan aset desa.

BUM Desa dibentuk oleh Pemerintah Desa untuk mendayagunakan segala potensi ekonomi, kelembagaan perekonomian, serta potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Ide pendirian BUM Desa harus dikelola melalui mekanisme musyawarah desa. Di samping menggunakan mekanisme musyawarah desa, juga harus didukung dengan upaya untuk melakukan inventarisasi aset dan potensi desa yang memiliki peluang pasar. Pendirian BUM Desa merupakan proses membangun kesepakatan bersama atas gagasan pengelolaan dan pemanfaatan aset-aset desa melalui BUM Desa.

Peran BUM Desa di Desa adalah sebagai pilar kegiatan ekonomi di Desa yang menjalankan fungsi ganda yaitu sebagai lembaga sosial dan sekaligus sebagai lembaga komersial. Sebagai lembaga sosial (social institution) yang berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial. Sebagai lembaga komersial (commercial institution) bertujuan mencari keuntungan melalui penawaran sumberdaya lokal (barang dan jasa) ke pasar berdasarkan prinsip efisiensi dan efektifitas. Sehingga tepat jika BUM Desa disebut sebagai Kewirausahaan Sosial (social entrepreneurship).

Sudah selayaknya jika Pemerintah Desa dapat membentuk BUM Desa dengan mendayagunakan segala potensi ekonomi, kelembagaan perekonomian, serta potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Secara tegas Pasal 33 UUD 1945 mengamanatkan Pemerintah Republik Indonesia untuk mengatur dan mengelola cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara. Oleh karena itu, bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung dalam bumi adalah pokok-pokok kemakmuran rakyat. Sebab itu harus dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Pemerintah RI mengatur dan mengelolanya melalui badan usaha miliki Negara, termasuk BUM Desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*