Peran Serta Pemuda-Pemudi Dalam Membangun Desa Yang Beriptek dan Berimtak

0
1494
Peran Serta Pemuda-pemudi Dalam Membangun Desa Yang Beriptek dan Berimtak

Di jaman sekarang ini arus informasi dan teknologi sangat pesat sekali, banyak hal-hal baru dan inovasi terus bermunculan. Kondisi ini bisa menjadi modal positif bagi pembangunan sebuah wilayah, tak terkecuali desa. Desa yang dahulu identik dengan wilayah yang tertinggal dan jauh dari kemajuan bisa berubah menjadi desa yang maju dan tidak kalah dari perkotaan dengan peran serta berbagai pihak yang mau berusaha dan fokus membangun desanya, termasuk para pemuda.

Generasi muda saat ini dimudahkan dengan arus informasi dan teknologi yang relatif gampang diakses, namun harus ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasaran ini tentu saja tidak serta merta ada, perlu dukungan juga dari berbagai pihak termasuk pemerintah agar tersedianya sarana dan prasarana yang memadai di desa.

Seperti yang diketahui, di Indonesia ini banyak sekali desa-desa yang memiliki potensi untuk bisa dikembangkan dan diberdayakan menuju kemandirian ekonomi. Dengan program pendampingan yang terukur dan terarah, desa-desa yang belum digarap dengan maksimal dapat bertransformasi menjadi desa yang yang maju dan beriptek (ilmu pengetahuan dan teknologi).

Baca Juga  Warga Gampong Aceh Barat Manfaatkan Eceng Gondok untuk Membangun Desa

Namun untuk mencapai itu bukan sulap semata, perlu kerja keras dari semua pihak, termasuk para pemuda yang memang masih masuk dalam masa produktif dan bisa lebih maksimal mencurahkan tenaga dan pikirannya bagi kemajuan desa. Pemuda saat ini bisa dengan mudah menggunakan berbagai macam teknologi dan mengakses informasi, dengan kemudahan ini bisa diarahkan untuk membuat strategi dalam membangun desa.

Sedangkan pemuda yang memang masih belum memiliki keahlian bisa diberikan pelatihan dan pendampingan agar memiliki keahlian dan kemamuan yang memadai karena pada dasarnya usia yang muda memudahkan mereka untuk menyerap informasi dan materi yang diberikan.

Misalkan pemuda yang tinggal di desa yang khas dengan perkebunannya dapat membangun sistem informasi manajemen dalam pengelolaan hasil kebun hingga pemasarannya yang bisa bekerja sama dengan pemuda yang berada di kota. Selain itu juga,karakter yang kreatif dan inovatif perlu ditanamkan dalam jiwa para pemuda agar dalam prosesnya dalam membangun desa yang beriptek tidak mudah menyerah dengan keterbatasan yang dihadapi.

Baca Juga  Tampar Kepala Desa, Dandim Rembang Dicopot

Selain pentingan membangun desa yang beriptek, label sebagai desa berimtak (Iman dan takwa) juga perlu dijadikan pondasi untuk mencapai kemajuan yang positif dan terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan perkembangan sebuah desa.

Jiwa muda dikenal dengan semangat yang membara namun bisa cenderung memberontak dan tidak terarah. Kecenderungan ini dapat menghambat proses kemajuan sebuah desa dikarenakan akan beresiko timbulnya perselisihan dan konflik.

Oleh karena itu dengan penanaman imtak maka akan tumbuh kecerdesaan emosional dalam jiwa pemuda sehingga dapat mengantasi berbagai macam hambatan dan konflik dengan kepala dan hati yang dingin yang pada akhirnya akan fokus dan terarah dalam proses pembangunan tersebut.

Semangat-semangat positif ini pada akhirnya nanti diharapkan tidak hanya akan dijiwai oleh para pemuda, namun oleh seluruh warga pedesaan sehingga terciptalah sebuah desa yang beriptek dan berimtak.

Sebuah kemajuan desa yang beriptek dan berimtak tidak lepas juga dari perhatian dan peran serta pemerintah sebagai pengambil kebijakan, dengan peran serta pemerintah yang aktif maka sebuah desa dapat digali lebih optimal potensi-potensi yang dimilikinya sehingga mandiri secara ekonomi dan memiliki sumber-sumber daya yang kompeten yang berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here