Pentingnya Pelatihan Pengurus BUMDes

0
2652
Pelatihan BUMDES-01-ok

Kehadiran BUMDes sangat penting peranannya sebagai wadah untuk membangun sebuah desa, dengan adanya BUMDes maka pengelolaan bisnis di sebuah desa akan berjalan maksimal karena ada pendampingan dan pengawasan dari BUMDes. Namun hal itu tidak akan terwujud apabila BUMDes sendiri tidak memiliki kemampuan dan sarana yang memadai. Sudah banyak kasus BUMDes yang akhirnya hanya sekedar nama tanpa ada aktifitas dikarenakan kemampuan manajerial yang buruk.

Selain itu pula kini pemerintah tengah menggulirkan program Dana Desa dimana tiap desa diberikan sejumlah dana yang bertujuan untuk pengembanga potensi dan roda perekenomian di desa. Dengan adanya BUMDes maka diharapkan investasi yang ditanamkan di desa tersebut sesuai target dan dapat mengangkat kesejahteraan warga di desa tersebut. Namun pada pelaksanaannya masih banyak BUMDes yang gagal melaksanakan tujuan program tersebut, selain karena kemampuan yang tidak memadai namun juga terjadi penyimpangan yang dikarenakan penyalahgunaan dana tersebut.

Oleh karena itu diperlukan ada pelatihan BUMDes agar jajaran yang mengisi BUMDes tersebut memikiki kemampuan dan pengetahuan yang memadai sehingga dapat menjalankan BUMDes dengan baik. Selain kemampuan teknikal seperti akuntansi dan manajerial, pelatihan karakter juga diperlukan agar melahirkan pengelola staf BUMDes yang jujur.

Baca Juga  BUMDes Menyentuh Perekonomian Rakyat Lapisan Paling Bawah

Memiliki pengurus BUMDes yang memiliki kemampuan dan kemampuan yang mumpuni serta karakter yang baik sangat dibutuhkan sekali agar BUMDes yang dijalankannya dapat mengelola dana dari masyarakat dan pemerintah dengan tepat guna dan tidak diselewengkan untuk kepentingan pribadi maupun kelompok, pada akhirnya juga segala kegiatan di BUMDes ini juga bisa dipertanggung jawabkan.

Saat ini sudah ada beberapa lembaga pelatihan untuk pengurus BUMDes baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun oleh swasta. Salah satu pelatihan pengurus BUMDes adalah yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya yang menyelenggarakan kegiatan pelatihan manajemen bagi pengurus BUMDes yang berada dibawah naungannya.

Kegiatan pelatihan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya BUMDes di wilayahnya yang justru minim kegiatan atau bahkan terancam tutup, hal ini dikarenakan kurangnya keahlian yang dimiliki oleh pengurus BUMDes sehingga tidak dapat menginisiasi dan mengelola kegiatan bisnis di desanya. Di pihak swasta ada lembaga bernama BUMDes Academy yang memiliki konsep outdoor dan indoor dalam metode pelatihannya sehingga peserta pelatihan tidak merasa bosan.

Baca Juga  Strategi Pengelolaan Operasi BUMDesa

Selain itu pula mereka memiliki konsep pelatihan outbond dimana tujuan dari pelatihan di BUMDes Academy adalah menciptakan pengurus desa yang memiliki kemampuan dan ketrampilan yang baik dalam pengelolaan BUMDes, memiliki kemampuan strategi dalam pengelolaan BUMDes secara profesional, memiliki kemampuan dalam mencari dan menyalurkan permodalan BUMDes agar dapat menciptakan investasi yang tepat guna dan menghasilkan keuntungan bagi BUMDes itu sendiri dan masyarakat desa secara keseluruhan.

Pelatihan-pelatihan semacam ini perlu digalakkan merata di seluruh Indonesia, karena seiring makin besarnya dana bantuan dari pemerintah berupa program Dana Desa, maka makin besar resikonya sehingga diperlukan perangkat BUMDes yang bertanggung jawab sehingga dapat mengelola dana desa dengan baik.

Selain itu pula, diperlukannya sistem pengawasan dan pengendalian yang baik di tahap pemerintah pusat maupun hingga ke tingkat desa agar penyaluran dan penggunaan dana desa ini sesuai dengan kebutuhan desanya masing-masing, dan dapat meminimalisir potensi penyimpangan yang dapat terjadi akibat pengawasan dan sanksi yang lemah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here