Pentingnya Mengetahui Potensi Ekonomi Desa

0
5060

Mengetahui potensi ekonomi desa menjadi sangat penting saat ini. Mengapa? Karena, ini merupakan salah satu langkah awal dalam upaya meningkatkan kualitas ekonomi di seluruh pelosok negeri. Sekitar kurang lebih sepuluh tahun terakhir, pemerintah telah gencar menggenjot ekonomi daerah. Caranya melalui beberapa program yang ditujukan ke desa-desa. Tujuan tak lain adalah untuk pemerataan pembangunan dan ekonomi. Sebagai wujud dari nilai yang terkandung di dalam UUD 1945.

Ada banyak sekali potensi daerah yang dapat digali. Salah satunya adalah dengan program BUMDesa. sejak tahun 2014, tepatnya setelah undang-undang tentang desa nomor 6 telah diterbitkan, pemerintah mulai mendorong pemerintahan desa untuk dapat mengelola dana anggaran untuk desa secara mandiri. Tentu, dengan melingkupi beberapa aspek dan program ekonomi unggulan. Tujuannya apalagi, jika bukan demi penyerapan dana anggaran untuk desa yang lebih berdaya guna.

Pemerintahan desa yang dipimpin oleh kepala desa, dituntut untuk memiliki setidaknya 4 program unggulan, Pembangunan Infrastruktur dan BUMDes. Nah, BUMDes atau Badan usaha miliki desa ini digadang-gadang dapat menjadi pusat perputaran ekonomi yang sehat dan produktif yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa. Baik secara langsung maupun tak langsung.

Baca Juga  TUJUAN UTAMA

Manfaat BUMDes Untuk Masyarakat Desa

Sangat penting bagi setiap kepala desa untuk mengetahui potensi ekonomi desanya. Hal ini sangat erat kaitannya dengan upaya meningkatkan kesejahteraan warga. Negara Indonesia, kaya akan produk pertanian dan kelautannya. Nah, inilah potensi yang tak boleh disia-siakan.

BUMDes hadir untuk memberikan fasilitas bagi setiap warga negara yang memiliki potensi, baik barang maupun jasa. Sebagai contoh, untuk hasil pertanian maupun kelautan, BUMDes dapat menampungnya, yang kemudian akan dijual kepada masyarakat lain yang membutuhkan.

Manfaat BUMDes untuk masyarak terbagi menjadi beberapa bagian. Yaitu:

  • Secara Ekonomi (komersial)

Cara kerja BUMDes tak jauh berbeda dengan koperasi. Dimana, setiap warga atau masyarakat desa yang memiliki hasil panen, hasil kerajinan tangan, atau lainnya yang memiliki nilai jual, dapat menitipkan barangnya di BUMDes. Yang kemudian akan dijual. Dengan begitu, laba akan dibagi dengan ketentuan yang telah disepakati bersama. Sehingga, laba bagi produsen akan menjadi keuntungan murninya, sedangkan bagi BUMDes akan diolah dan dikembangkan kembali untuk membuatnya lebih bermanfaat.

Baca Juga  900 Kasus Penyalahgunaan Dana Desa Masuk BPK

Selain itu, BUMDes juga dapat membuka kesempatan kerja bagi warga diusi produktif. Khususnya yang telah menempuh pendidikan minimal setara SMU. Dengan begitu, akan mengurangi urbanisasi.

  • Non ekonomi

Diluar keuntungan komersial, BUMDes juga dapat memberikan keuntungan lain berupa layanan masyarakat. Dengan adanya BUMDes, masyarakat tak perlu susah payah menjuah hasil panennya keluar daerah. Sebaliknya, para konsumen juga dapat membeli kebutuhan sehari-harinya ditempat yang lebih dekat. Tentu ini dapat menghemat biaya transportasi.

Cara Mengotimalkan BUMDes

Sama seperti mengelola bidang ekonomi lainnya, hal terpenting dan mendasar dalam mengelola BUMDes adalah transparansi, tertib dan akuntable. Dengan begitu semua akan berjalan sesuai dengan tujuan awalnya. Yakni, demi kemaslahatan bersama. Apalagi, semangat yang dipupuk dalam menjalankan BUMDes adalah semangat gotong royong.

Agar fungsi BUMDes semakin optimal, BUMDes dapat dikembang menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Misalkan, sebagai saran untuk simpan pinjam. BUMDes juga dapat menjadi lumbung pangan, sehingga masyarakat tak perlu khawatir tentang kenaikan harga pangan. Lalu, BUMDes juga dapat menjadi pusat pasokan pupuk dan bibit bersubsidi.

Baca Juga  Potensi Desa Pasti Ada, Begini Cara Menemukannya

Dengan mengetahui potensi ekonomi desa, proses meningkatkan kesejahteraan warga akan lebih terarah dan tepat sasaran. Tentu, pemerintah desa harus bekerja sama dengan pemerintah daerah atau kota serta masyarakat. Dengan tata kelola ekonomi yang baik, bukan tidak mungkin desa-desa akan sama suksesnya dengan perkotaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here