Pentingnya Membangun SDM dan Desa Go Online

0
1201

BERDESA.COM – Madzab pembangunan fisik yang selama ini selalu menjadi andalan desa, harus dirubah. Kucuran dana desa yang sekarang sedang mengguyur desa harus pula dimanfaatkan untuk sektor pemberdayaan sumber daya manusia (SDM). Soalnya, seringkali pembangunan fisik tidak menjawab kebutuhan peningatan kesejahteraan ekonomi bahkan sering salah sasaran.

Visi pemberdayaan SDM adalah salahsatu prioritas yang kini sedang digenjot oleh pemerintah terutama untuk mewujudkan penguatan ekonomi dari desa. Salahsatunya dengan kehadiran Badan Usaha Milik Desa yang digadang menjadi penggerak utama peningkatan kesejahteraan desa.

Selama ini pemerintah desa lebih fokus pada pembangunan fisik seperti jalan desa, talud dan sebagainya. Salahsatu keunggulan program fisik adalah gampang diukur sebagai hasil dari proses pembangunan karena bentuknya yang bisa dilihat secara fisik. Cara ini seringkali menjadi semacam ‘ukura’ keberhasilan kepemimpinan seorang kepala desa.

Fatsoen ini harus segera dirubah. Saat ini, dunia sedang dilanda perubahan besar-besaran, salahsatunya karena kehadiran internet. Internet menawarkan begitu banyak hal baru yang ampaknya sangat kuat terhadap perubahan. Salahatunya, internet sebagai instrumen melakukan pengembangan usaha.

Baca Juga  Peran Serta Pemuda-Pemudi Dalam Membangun Desa Yang Beriptek dan Berimtak

Internet selain menawarkan media sosial yang kini dimiliki semua pengguna internet, juga memberikan ruang ‘tak terbatas’ bagi siapapun untuk menyerap berjuta-juta informasi baru tanpa batasan ruang dan waktu. Serapan informasi ini menciptakan perubahan persepsi pada para penggunanya. Inilah yang membuat desa kini tidak lagi tertinggal dengan perkembangan kota karena warga desa manapun, sepanjang ada sinyal yang menjangkau HP mereka, memiliki akses yang sama terhadap informasi.

Desa harus merespon ini. Maka salahsatu yang harus dilakukan desa adalah mendatangkan para ahli internet terutama dalam bidang pemasaran dan penjualan online untuk mengajari anak-anak muda menguasai teknologi ini. Ini adalah sebentuk pemberdayaan yang dimaksud.

Para pemuda bakal dengan cepat melahirkan beragam keuntungan yang bisa mereka raih dari internet dengan kemampuannya. Misalnya, membangun toko online antar desa, jualan produk desa, jasa wisata dan sebagainya.

Peran desa menggelar pelatihan internet bakal menunjukkan pemerintah desa mampu menyelaraskan diri dengan perkembangan teknologi modern. Juga memberikan ruang bagi anak-anak muda untuk turut berpartisipasi dalam penguatan ekonomi desa. Kenapa tidak?(aryadjihs/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here