Pentingnya Kemasan Cantik dan Strategi Pemasaran Ciamik

0
1419

BERDESA.COM – Kemasan adalah salahsatu yang bakal menentukan bagi konsumen untuk memutuskan membeli sebuah produk. Kemasan tak hanya harus cantik menarik melainkan juga harus mampu menunjukkan fungsi menjaga produk dari berbagai masalah. Kemasan produk makanan bakal berbeda dengan kemasan produk lain non makanan.

Kemasan untuk produk makanan harus memenuhi syarat yakni mampu melindungi makanan dari kemungkinan basi, bocor atau masuknya sesuatu dari luar bungkus. Soalnya, jika sampai bocor maka bakal membahayakan kandungan yang ada pada makanan. Tapi bukan itu saja fungsi melindungi produk juga harus tampil dengan bentuk dan tampilan yang menarik hati para calon pembeli.

Inilah salahsatu yang dibahas dalam Lokakarya (workshop) Kewirausahaan yang dilakukan di Dusun Bokesan, Sleman, baru-baru ini. Acara yang digelar para penerima Beasiswa Djarum Foundation ini aadalah salahsatu program pemberdayaan yang menjadi salahsatu agenda Djarum Foundation. Untuk wilayah Jogja, para penerima beasiswa membidik masalah peningkatan pengetahuan mengenai pemasaran bagi para produsen Nila Krispi di Desa wisata Bokesan.

Baca Juga  Membangun Usaha Baru Melalui Keuntungan Simpan Pinjam

Para peserta adalah kalanga ibu-ibu dan warga setempat yang selama ini menjadi pelaku usaha rumahan pembuatan Nila Krispi. Mereka menjual produk makanannya pada jaringan toko di sekitar kampung mereka dan terutama pada para wisatawan yang datang ke desa wisata mereka. Pelatihan ini mendorong agar warga mampu membangun jaringan pemasaran sekaligu menjadikan produk Nila Krispi sebagai produk ikonik desa mereka.

Tak tanggung-tanggung, pelatihan ini menggandeng PT Usaha Desa Sejahtera dan Berdesa.com, perusahaan sosial yang memang fokus mendorong kewirausahaan di Indonesia. Dari PT Usaha Desa Sejahtera hadir Azis Setyawijaya S.I.P, sebagai pembicara mengenai kewirausahaan berbasis pedesaan. Azis adalah salahsatu tokoh pemberdayaan yang sudah malang-melintang memerdayakan berbagai kelompok masyarakat di beberapa wilayah Indonesia seperti Lombok, Kalimantan dan sebagainya.

Dalam materinya Azis memapar mengenai pentingnya mengenali masalah dan jenis produk serta cara membangun strategi pemasaran baik online maupun offline. Para peserta workshop juga diajak berdiskusi mengenai strategi,, harga, distribusi dan promosi. Termasuk bagaimana menciptakan kemasan yang tak hanya menjaga produk tetap berkualitas tetapi juga ciamik dan menarik bagi calon pembeli.

Baca Juga  Menggali Potensi Alam dengan Kewirausahaan Desa

Ini adalah lokakarya yang ketiga kali bagi para produsen Nila Krispi Desa Bokesan. Banyaknya materi penting mengenai pengembangan  produk membuat para peserta antusias mengikuti materi demi materi yang disampaikan dalam lokakarya. Mereka juga mengakui ada banyak perkembangan yang mereka rasakan berkat materi-materi pelatihan yang mereka ikuti selama ini.(adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here