Pendeklarasian Pengusaha Desa Wukirsari Sebagai Pengusaha Ramah Anak

0
468

Sebagai salah satu desa wisata dan industri di Kabupaten Sleman, perangkat desa dan pengusaha di Desa Wukirsari menyadari resiko mereka dalam menjalankan usaha apabila melibatkan tenaga kerja anak, selain karena akan menghambat tumbuh kembang anak, hal tersebut juga melanggar hak-hak anak dan berpotensi sanksi hukum maupun sosial bagi desa tersebut.

Oleh karena itu para pengusaha di Desa Wukirsari mendeklarasikan diri mereka sebagai Pengusaha Ramah Anak sekaligus mendeklarasikan Desa Wukirsari menjadi desa yang layak anak. Selain itu pada acara pendeklarasian tersebut dikukuhkan juga Padukuhan Gondang 2 di Wukirsair sebagai Padukuhan Ramah Anak di area Kabupaten Sleman.

Kegiatan pendeklarasian tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sleman yang ikut menandatangani deklarasi tersebut diikuti penandatanganan oleh instansi terkait dan para pengusaha di Desa Wukirsari, adapun kegiatan tersebut diselenggarakan di Bumi Perkemahan Gondang 2.

Isi dari deklarasi tersebut menyatakan bahwa para pengusaha Desa Wukirsari memiliki komitmen untuk menciptakan industri yang tidak memperkerjakan anak dibawah umur sebagai usaha untuk menciptakan Desa Wukirsari sebagai Desa yang ramah anak.

Baca Juga  Destinasi Desa Agro Wisata Pujon Kidul Malang

Selain itu melalui pendeklarasian tersebut Desa Wukirsari juga memiliki Forum anak, Tim Pemerhati Anak, Tim Anak, dan Sekolah Pintar sebagai wujud nyata Desa Ramah Anak sekaligus menjadi badan penggerak terpenuhinya hak-hak anak di Desa Wukirsari dan bertugas mengawasi berjalannya Desa Wukirsari sebagai Desa Ramah Anak.

Wakil Bupati sendiri menyambut positif pendeklarasian ini sebagai bentuk kesadaran dan komitmen seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Sleman mulai dari pemerintah atas hingga ketingkat desa juga jajaran akademisi, media, dan tentu saja dunia usaha.

Dengan adanya pendeklarasian ini akan menjamin hak-hak yang semestinya diperoleh anak-anak di usianya seperti bermain dan memperoleh pendidikan. Apalagi Desa Wukirsari memiliki Sekolah Pintar yang membuat Desa Wukirsari masuk nominasi sebagai salah satu desa terbaik dalam kategori Prakarsa dan Inovasi Desa pada tahun 2018. Pemberian perhargaan sendiri diberikan tim penilai dari pusat yang diterima langsung oleh Bupati Sleman sebagai perwakilan Desa Wukirsari.

Prestasi Desa Wukirsari tentu menjadi penyemangat desa tersebut untuk meningkatkan sarana dan prasarana khususnya dalam menjaga dan memenuhi hak-hak anak sebagai calon penerus pembangunan di desa tersebut.

Baca Juga  Empuknya Peluang Usaha Penginapan di Desa Wisata

Tanpa adanya perhatian dari pemerintah pusat tumbuh kembang anak dan pemenuhan hak anak di desa tersebut tidak akan bisa membentuk dirinya sendiri secara maksimal menjadi individu yang berimtak dan beriptek, justru akan terjadi kecenderungan untuk menyimpang ke hal-hal yang tidak diinginkan yang akan berimbas kepada terhambatnya pembangunan di desa tersebut.

Sebagaiman diketahui sebelumnya, Desa Wukirsari yang berlokasi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogayakarta ini memiliki beberapa prestasi yang cukup membanggakan dimana selain pendirian sekolah pintar yang dimulai sejak tahun 2015 ini, Desa Wukirsari juga memperoleh peringkat ketiga dalam kategori desa ramah anak tahuh 2018.

Dengan prestasi dan pendeklarasian yang baru saja dilakukan bisa mendorong dan menginspirasi desa-desa lainnya untuk melakukan kegiatan sejenisnya seperti yang sudah dilakukan di Desa Wukirsari.

Tercatat di Kabupaten Sleman sendiri sudah ada 69 desa dari 86 desa yang sudah memiliki predikat sebagai desa yang ramah anak, jadi masing ada 17 desa yang belum memiliki predikat tersebut. Perlu adanya perhatian pemerintah dari tingkat pusat hingga tingkat desa agar dapat mendorong kegiatan sejenisnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here