Pemerintah Tambah Lima Kapal Khusus Ternak untuk Mudahkan Pengangkutan

0
243

BERDESA.COM – Ini kabar baik bagi para peternak, pemerintah sudah mengoperasionalkan lima kapal khusus ternak baru untuk memudahkan pengangkutan ternak dari daerah produsen ke konsumen. Sehingga kini ada enam kapal khusus ternak yang akan berfungsi sebagai moda pengangkutan ternak dari daerah produsen ke konsumen.

Dalam pers realeas-nya beberapa waktu lalu Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Fini Murfiani menyatakan, kapal-kapal ini bukan hanya bakal berfungsi sebagai alat angkut ternak saja melainkan sebagai sebuah upaya pemerintah untuk mulai menata perdagangan dan lalu lintas pemasukan dan pengeluaran ternak di wiayah sentra ternak menuju daerah konsumen.

Sebelum lima tambahan kapal ini beropersi, pemerintah hanya memiliki satu kapal kusus ternak yakni KM Camara Nusantara 1 dengan trayek Kupang/Waipangu-Tanjung Priok, DKI Jakarta. Degan tambahan lima kapal khusus ternak ini maka moda pengangkutan ternak bakal menjadi enam armada angkut dengan daerah operasi dari NTT, NTB dn Bali ke wilayah DKI Jkarta, Jawa Barat, Banten, Bengkulu, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan.

Baca Juga  Gemuknya Keuntungan Penggemukan Sapi bagi BUMDes

Dalam rilis-nya disebutkan, Mei 2018 lalu kapal yang telah beroperasi adalah KM Camara Nusantara 3 dengan trayek Kupang NTT menuju Tanjung Priok Jakarta dan Bengkulu. Sedangkan KM Camara Nusantara 4 dengan trayek NTB (Bima-Badas-Lembar) menuju Pre-pare, Sulawesi selatan dan Balikpapan Kalimantan Timur. Sementara KM Camara Nusantara 6 akan memperkuat trayek NTB menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pada 25 Mei 2018 lalu juga telah dilakukan pelayaran perdana 2 kapal yakni KM Camara Nusantara 2 dengan trayek NTT (Kupang – Wini – Atapupu) menuju Tanjung Priok, Jakarta dan KM Camara Nusantara 5 yang berpangkalan di Celukan Bawang, Buleleng, Bali menuju Tanjung Priok, Jakarta dilanjutkan menuju Kupang NTT kemudian menuju Samarinda Kalimantan Timur.

Berapa kapasitas angkut kapal-kapal ini? Data yang dihimpun Berdesa.com menyebut, sejak 2016 lalu kapal KM Camara Nusantara I telah mengangkut ternak sebanak 24.235 ekor dari Pelabuhan Tenau Kupang ke Pelabuhan Tanjug Priok.

Berbeda dengan kapal umumnya, disain kapal khusus ternak dibuat sesuai kaidah kesejahteraan hewan (animal welfare) sehingga kapal ini mampu membawa ternak dengan jarak jauh tanpa membuat ternak menjadi stress selama perjalanan. Kapal ini juga menerapkan sistem asuransi melalui dibayarkan melalui tarif sehingga para peternak terhindar dari kemungkinan kerugian.

Baca Juga  Indonesia segera Menjadi Negeri Broadband

Untuk mengoptimalkan kemampuan daya angkut kapal ini, kapal-kapal ternak ini juga akan melakukan pengangkutan pada saat perjalanan balik sehingga menciptakan efektivitas pengangkutan dan bisa meningkatkan hubungan perdagangan antar-daerah yang masuk dalam rute yang disinggahi kapal-kapal ini. Tetapi salahsatu sisi penting dari peningkatan sistem pengangkutan tenak adalah sosialisasi yang harus dilakukan pemerintah daerah pada para peternak mengenai keberandaan kapal-kapal khusus ini, rute pengangkutan dan sebagainya sehingga bakal terjadi peningkatan produktivitas peternakan antara daerah produsen dengan daerah konsumen.(aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here