Pemerintah Siapkan Rp 26, 1 Miliar untuk Para Wirausahawan Baru

0
82

Berdesa.com – Untuk mendorong berkembangnya wirausahawan, pemerintah menyiapkan anggaran Rp. 26,1 miliar. Dana itu bakal digelontorkan untuk pembiayaan modal awal bagi para wirausahawan pemula (WP) yang sedang mengembangkan usaha sepanjang 2018-2019. Jika Anda pengusaha pemula maka sangat terbuka peluang untuk mendapatkan modal awal dari dana ini.

Dana ini akan disalurkan melalui Kementerian Koperasi dan UKM yang memang memiliki tugas mendorong kewirausahaan di Indonesia. Deputi Bidang pembiayaan, Kemenkop dan UKM, Yuana Setyowati menyatakan, Kemenkop dan UKM menargetkan bisa melakukan pembiayaan bagi bagi 1.831 wirausahawan baru di seluruh Indonesia. “ Rencananya, pada 2019 bakal meningkat menjadi 16.292 wirausahawan bar yang mendapatkan pembiayaan,” katanya.

Selain mengincar para wirausahawasan baru, Kemenkop dan UKM juga meningkatkan akses permodala bagi 15.000 usaha mikro melalui KUR dengan target anggaran sebesar Rp. 8, 005 miliar dan program bantuan sertifikasi Hak Atas Taah bagi usaha mikro yang diusulkan bakal sebesar Rp. 5,3 miliar dengan melibatka 10 ribu UMK.

Yuana menyatakan, pihaknya berharap para penyalur program ini adalah koperasi yang sehat. Bukan hanya sehat saja melainkan koperasi itu juga harus mendapatkan persetujuan dari anggota melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT) mereka selama tiga tahun berturut-turut, memiliki SDM pengelola yang sudah tersertifikasi dan memiliki ijin usaha simpan pinjam. Soalnya, penyaluran dana ini memang harus melalui koperasi yang memiliki usaha simpan pinjam. “ Juga koperasi itu harus memiliki laporan keuangan yang teraudit selama tiga tahun terakhir, memiliki NPWP dan rekening bank atas nama koperasi,” kata Yuana.

Baca Juga  Warung Kejujuran: Pembelajaran Mengelola Aset, Meraih Kesejahteraan

Ke depan, kata Yana, unit simpan pinjam koperasi yang berbadan hokum sekunder akan didorong sebagai penyalur Program Pembiayaan dengan memperkuat kelembagaan yang dimilikinya melalui sinergi dengan Deputi Bidang Kelembahaan dan Deputi Pengawasan.

Saat ini DPR RI juga sedang menggodog Rancangan Undang undang Kewirausahaan yang diprediksi bakal rampung pada April 2018. Sekretaris  Kemenkop dan UKM Agus Muharram bahkan memastikan rancangan UU itu bakal kelas pada April 2018.  Untuk merampungkan pembahasan RUU ini saat ini DPR RI juga meminta pandangan berbagai pihak dan stakeholder terkait sehingga menghasilkan rancangan yang komprehensif. RUU ini dirancang untuk mendorong dunia wirausaha di Indonesia termasuk untuk mendorong lahirnya wirausahawan baru.

Idealnya, jumlah kewirausahaan dalam sebuah negara adalah mencapai minimal 2 persen dari jumlah warga negaranya. Indonesia masih belum mencapai angka itu dan makanya masih harus terus didorong untuk mencapainya. (adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here