Pemerintah Kembangkan Transmigrasi Model Baru, Lebih Menarik

Pemerintah Kembangkan Transmigrasi Model Baru, Lebih Menarik

Berdesa.com – Konsep Produk Unggulan untuk Kawasan Pedesaan (Prukades) digalakkan untuk dalam program dana desa ternyata bisa mendukung program Transmigrasi. Saat ini Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sedang mengembangkan program model baru transmigrasi. Istilahnya, model transmigrasi zaman now. Apakah itu?

Jadi, sekarang ini direncanakan sebelum berangkat transmigrasi para calon trasmigran bakal sudah memiliki rencana yang pasti mengenai apa yang bakal dikembangkan di daerah transmigrasinya nanti. Yang bakal dilakukan itulah yang disebut Prukades. Jadi, para transmigran bakal memiliki rencana yang jelas mengenai apa yang bakal ditanam di lahan barunya, berapa hasil dari apa yang ditanamnya, siapa yang bakal membeli komoditas itu dan sebagainya.

Hal ini disampaikan Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo kepada wartawan, usai penandatanganan Naskah Kesepakatan Bersama tentang Penyelenggaraan Transmigrasi dari Jawa Tengah di Kawasan Transmigrasi dari Jawa tengah di Kawasan Transmigrasi Satuan Pemukiman Padang Tarok SP 1 Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, di Kantor Kemendes PDTT.

Pada model transmigrasi yang akan dilakukan ini sebelum berangkat, daerah asal para peserta transmigrasi akan menentukan lebih dulu komoditas unggulan apa yang akan dijadikan garapan oleh para transmigran di lokasi barunya nanti. Lalu pemerintah akan menghubungkan komoditas itu pada pada ektor swasta atau pasar nantinya. Jadi, para transmigran bakal memiliki arah yang jelas dengan apa yang mereka kerjakan di lokasi barunya.

Ini sangat berbeda dengan model transmigrasi yang dulu. Jika dulu warga transmigran harus mengusahakan sendiri kemampuan ekonominya di lokasi baru dengan fasilitas tempat tinggal dan lahan, sekarang pemerintah menyediakan akomodasi lebih dari itu. Sekarang bahkan para transmigran sudah tahu apa yang harus dilakukannya di tempat baru nanti untuk mengembangkan ekonomi mereka. Sehingga kekawatiran trasmigrasi membuat hidup makin sulit bakal sirna dengan sendirinya.

Sampai hari ini program transmigrasi juga mendapatkan sambutan baik dari daerah yang akan ditempati. Tidak ada masalah sosial dari daerah yang akan ditempati para transmigran. Seperti daerah Sumatera Barat yang saat ini menjadi salahsatu tujuan transmigrasi dari rombongan transmigra asal Jawa Tengah.

Seperti yang diungkapkan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, tidak ada konflik dan masalah di daerah Sumatera Barat dalam menyambut para transmigran. Malah banyak transmigran yang saat ini anak-anaknya berhasil lulus S1, punya kendaraan dan sebagainya. Pihaknya bahkan menginginkanpenambahan lagi 2.700 orang transmigran di Kabupaten Sijunjung. Dikatakan Irwan, bahkan sudah ada perusahaan swasta yang saat ini siap membeli komoditi yang bakal dikembangkan transmigran. Tertarik? (aryadji/berdesa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*