Pemerintah dan Rumah Zakat Bentuk 5323 Desa Berdaya

0
416

Berdesa.com – Beragam strategi dipasang Kemendesa untuk menggenjot kesejahteraan desa. 1 Maret 2018 Kemendesa menyiarkan, mulai bergandeng-tanga dengan Rumah Zakat untuk membangun 5323 Desa Berdaya. Ini adalah salahsatu program untuk mempercepat pengentasan desa-desa yang masuk kategori belum terberdaya secara ekonomi.

Dalam pers realese-nya Menteri Desa PDTT menyatakan, angka kemiskinan pedesaan di desa selama sampai saat ini masih pada angka 12 persen. Untuk mengentaskan kondisi ini pemerintah mengerahkan 19 Kementerian/lembaga dengan masing-masing programnya untuk melakukan percepatan pengentasan kemiskinan. “ Kini, Rumah Zakat juga bisa masuk sebagai pemodal ventura dan pendampingan,” kata Menteri Desa Eko Putro Sandjojo.

Menteri Desa menjelaskan, Rumah Zakat akan dilibatkan sebagai pemodal ventura dengan mendukung pengembangan produk unggulan wilayah perdesaan yang membutuhkan dukungan modal di atas Rp. 25 juta. “ Soalanya kalau maksimal Rp. 25 juta masih bisa menggunakan KUR,” kata Menteri. Menteri juga meminta Rumah Zakat berkolaborasi dengan para pendamping desa dan fasilitator esa Berdaya melalui berbagai program seperti pelatihan dan model pemberdayaan lainnya.

Baca Juga  Ingat Bupati Tidak Boleh Campuri Urusan Dana Desa

Dari Rumah Zakat sendiri, pemerdayaan melalui pembentukan desa berdaya bakal menjadi focus utama lembaga ini dalam kerja pemberdayaan desa. Salahsatu yang dikembangkan dalam program ini adalah Program 4 Rumpun Senyum yang menjadi andalannya. Apa itu Program 4 Rumpun Senyum? Media Community Relation Rumah Zakat menjelaskan, empat rumpun senyum itu adalah senyum sehat di bidang kesehatan, enyum juara di bidang pendidikan, senyum mandiri di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat dan senyum lestari di bidang lingkungan.

“Sampai saat ini Rumah zakat sudah mendirikan 677 Desa Berdaya. Sampai akhir tahun 2018 masih ada 300-400 Desa Berdaya lagi yang akan didirikan untuk mencapai target total 1081 Desa Berdaya di seluruh Indonesia,” kata Yadi. Pada jangka panjang, Rumah Zakat menargetkan bisa membangun 14 ribu Desa Berdaya hingga 2025 mendatang.

Operasional Desa Berdaya Rumah Zakat

Dalam mewujudkan Desa Berdaya, Rumah Zakat melibatkan masyarakat lokal sebagai Relawan Aspirasi. Tugas relawan ini adalah menyerap aspirasi warga desa tempatnya berada sekaligus menyalurkan donasi dari Rumah Zakat sendiri. Untuk mencapai kemampuan ini para Relawan Aspirasi mendapat berbagai pelatihan sehingga memiliki kemampuan untuk menjalankan tugasnya.

Baca Juga  Pertukaran Kepala Desa Indonesia-Malaysia Sedang Dijajaki

Hingga September 2017 lalu, tercatat sudah 272.545 penerima manfat dari 4 rumpun senyum itu. Angka ini terdiri dari 128.598 penerima manfaat Senyum Sehat, 60.910 penerima manfaat Senyum Mandiri 84.045 penerima manfaat Senyum Juara dan 1858 penerima manfaat Senyum Lestari.(adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here