Peluang Usaha Yang Bagus di Desa Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

0
6441
Peluang usaha yang bagus

Peluang usaha yang bagus di desa saat ini jauh lebih banyak dibanding era yang dulu. Perkembangan teknologi informasi adalah salahsatu yang mendorong situasi ini. Sehingga kini lebih banyak orang memiliki kesempatan membangun usahaya sendiri alias menjadi wirausahawan.

Namun menemukan peluang usaha yang bagus di desa bukanlah masalah sederhana. Soalnya keberhasilan sebuah usaha bukan hanya ditentukan oleh kekuatan modal dana. Bukan pula hanya ditentukan oleh kesukaan kita pada usaha jenis usaha tertentu.

Memiliki modal yang besar sama sekali bukan jaminan bakal membuat setiap usaha bakal menuju sukses. Keasyikan terhadap pekerjaan tertentu juga bukan jaminan sebuah pekerjaan bisa menjadi berkembang. Soalnya, sebuah usaha juga sangat tergantung dengan peluang yang ada.

Untuk menemukan keyakinan sebuah peluang usaha akan menjadi peluang yang hebat atau tidak, berikut ini beberapa hal yang Anda harus pikirkan:

1. Kemauan pasar

Kemauan pasar adalah patokan utama. Sebuah usaha akan menjadi peluang hebat jika Anda bisa memenuhi kebutuhan banyak orang dengan cara yang mudah. Caranya, lakukan pengamatan terhadap situasi kehidupan orang-orang di sekitar tempat Anda tinggal.

Carilah masalah yang secara umum terjadi dan dihadapi banyak orang dalam populasi desamu itu. Misalnya, selama ini warga desamu harus menempuh jarak yang sangat jauh untuk mendapatkan stasiun pengisian bahan bakar.

Padahal di desamu ada banyak sepeda motor dan mobil-mobil pengangkut hasil bumi atau industri kecil lainnya. Maka, pom bensin mini adalah sebuah peluang usaha yang bagus. Pom mini memiliki kapasitas yang cukup besar untuk mencukui kebutuhan lokal setingkat desa.

Pom mini juga dilengkapi dengan mesin pengatur digital yang bisa mengatur dengan otomatis jumlah liter yang dibeli orang. Selain jauh lebih meyakinkan karena kemampuan otomatisasinya, pom mini juga memiliki tampilan fisik yang modern dan praktis bagi semua orang.

Baca Juga  Usaha Kreatif Daur Ulang Sampah

Masalah pentingnya kemudian adalah, apakah Anda punya halaman rumah yang berlokasi strategis untuk menjalankan peluang ini. Jika ya maka akan menjadi jauh lebih praktis bagi Anda mengelola pom mini. Soalnya, bisa Anda jalankan sembari berada di rumah dan melakukan hal-hal yang lain.

Jika tidak memiliki rumah ditempat strategis maka harus Anda pikirkan untuk menemukan tempat yang strategis dengan cara yang lain seperti menyewa. Pertanyaannya, apakah usaha ini masih cukup menguntungkan ketika harus menanggung beban biaya sewa tempat?

2. Masalah Modal

Masalah yang paling penting untuk melihat peluang usaha yang bagus kemudian adalah masalah modal. Apakah Anda memiliki cukup dana untuk membiayai permodalan pom bensin mini. Misalnya butuh untuk peralatan, pemasangan hingga siap pakai butuh Rp. 40 juta. Belum termasuk belanja produk BBM yang akan Anda jual.

3. Kapasitas SDM

Peluang usaha yang baik di desa akan menjadi kesempatan emas untuk mengembang jika dikelola dengan baik oleh orang yang memiliki kapasitas yang memadai dalam bidang tersebut. Jika usaha itu akan Anda kelola sendiri, Anda harus mengukur kemampuan diri dengan baik.

Pastikan Anda memiliki minat yang kuat terhadap jenis usaha yang akan Anda kelola ini. Soalnya, usaha yang tidak didasari kesenangan bakal sulit berkembang. Sebaliknya, usaha yang berhubungan dengan kesenangan pribadi, maka bakal jauh lebih menyenangkan untuk menjalankannya.

4. Momen itu penting

Sebuah ide akan menjadi luar biasa jika mewujud pada saat yang tepat. Sebaliknya sehebat apapun sebuah ide tetapi terlambat mewujud menjadi sebuah kerja nyata, bakal percuma saja.

Anda harus mempelajari dengan sangat teliti mengenai momen yang tepat untuk meluncurkan ide Anda sehingga menjadi gagasan yang hebat. Pastikan segala sesuatu telah siap begitu usaha mulai buka. Jangan sampai usaha Anda terlihat ada awal pembukaan dan lalu bangkrut pada beberapa bulan pertama karena ketidaksiapan manajemen.

Baca Juga  Peluang Usaha Untuk Pemula Anti Gagal

Beberapa pertimbangan di atas adalah hal-hal yang Anda wajib Anda pikirkan hingga akhirnya Anda akan menemukan bahwa peluang usaha yang akan Anda jalankan adalah peluang yang bagus.

Berikut ini beberapa peluang usaha yang baik di desa yang bisa menjadi peluang emas jika Anda kelola dengan serius dan beberapa cara menemukannya.

1. Kebun sayur organik

Membidik warga kota sebagai pasar adalah salahsatu peuang yang sangat luas sekarag ini. Strategi ini berangkat dari ide dasar yang sederhana saja yakni memanfaatkan apa yang tidak dimiliki kota.

Luasan lahan di desa adalah senjata ekonomi yang kuat bagi desa. Menanam sayur organik di desa adalah salahsatunya. Saat ini warga kota sudah mulai sadar pentingnya gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat. Sayur organik adalah pilihannya.

Sayur jenis ini memiliki harga khusus yang jauh lebih baik dibanding sayur biasa. Soalnya, para para konsumen saur jenis ini umumnya juga kalangan warga menengah hingga ekonomi kelas atas.

Hebatnya usaha sayur organik adalah Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus. Pertama, mendapatkan keuntungan profit dari hasil penjualan. Kedua, keluarga Anda juga bakal menjadi jauh lebih sehat karena turut pula mengasup jenis sayur yang sangat baik ini.

Ketiga, dengan sendirinya Anda adalah pecinta lingkungan, pelestari bumi yang sehat karena menggunakan pola pertanian yang sehat untuk alam. Sama sekali berbeda dengan pola pertanian yang menggunakan racun kimia yang daya rusaknya sangat besar itu.

2. Usaha Mebel

Peluan usaha yang bagus di desa yang berhubungan dengan kota sebagai pasar selanjutnya adalah mebel atau menjual berbagai perkakas dari kayu. Ada beragam perkakas bisa Anda ciptakan mulai dari dari mebel yang lebih mengutamakan estetika disain.

Baca Juga  Banyak Gerai Retail Tutup, UMKM Harus Masuk ke Online

Desa memiliki keunggulan karena memiliki bahan baku kayu. Kedua, para maestro dalam pertukangan kayu umumnya adalah warga desa. Dengan begitu maka biaya produksi usaha ini bakal bisa ditekan menjadi jauh lebih murah.

Peluang usaha yang baik bagi desa yang satu ini juga bakal menciptakan keuntungan besar karena keahlian mewujudkan disain dan garapan mebel yang baik hingga saat ini tetap harus menggunakan tangan manusia sebagai satu-satunya bagian yang tak bisa dikalahkan mesin.

3. Beternak Ayam Kampung

Daging ayam kampung selalu menjadi favorit banyak orang sehingga selalu menjadi peluang menguntungkan untuk dijadikan usaha. Tahukah Anda, kebutuhan daging ayam kampung di kota sangat besar dan akan selalu kekurangan karena daging ayam kampung tidak bisa digenjot seperti ayam pedaging.

Warga desa memiliki peluang emas untuk menguasai bisnis ini. Selain lahan yang luas yang memungkinkan ayam kampung bisa berkembang dengan cepat dan lebih baik, juga alam pedesaan memiliki lingkungan yang masih asri sehingga ayam-ayam itu bisa berkembang dengan lebih sehat di desa.

Daya dukung ketiga adalah di desa lebih mudah dan murah pakan. Ada banyak bahan baku yang bia diolah menjadi pakan jika Anda memiliki pengetahuan yang baik mengenai teknik membuat pakan ternak sendiri.

Tiga pilihan di atas hanyalah beberapa jenis usaha di desa yang memiliki daya kembang yang sangat luas jika dikelola dengan baik. Soalnya, pasar yang dibidik adalah perkotaan sekaligus desa. Sektor pangan masih menjadi favorit karena komoditas jenis ini memiliki kebutuhan yang terus-menerus, setiap hari.

Sehingga, daya survive pada usaha jenis ini jauh lebih kuat dianding jenis usaha yang lain. Itulah peluang usaha yang baik di desa, sekarang tinggal Anda pilih saja yang mana yang akan Anda kelola. (adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here