Peluang Usaha Untuk Pemula Anti Gagal

0
7696
Peluang usaha untuk pemula

Peluang usaha untuk pemula umumnya usaha yang tidak membutuhkan modal besar atau keahlian khusus. Bukan pula usaha yang butuh sistem manajemen yang komplek. Soalnya, pengusaha pemula belum memiliki pengalaman soal bisnis.

Tetapi jangan pula percaya bahwa setiap keberhasilan harus melalui serangkaian kegagalan. Menjadi pengusaha pemula bukan berarti selalu akan mengalami kegagalan. Tetapi sudah pasti, sebagai pemula Anda harus ekstra hati-hati memilih peluang.

Lalu apa saja peluang usaha untuk pemula yang layak Anda jadikan langkah pertama memasuki dunia bisnis yang penuh tantangan? Berikut ini kami sajikan pilihan-pilihan yang Anda bisa ambil untuk Anda jadikan usaha:

1. Warung kelontong

Warung kelontong memiliki fleksibilitas modal yang luar biasa. Anda bisa memulai usaha ini dengan modal kecil. Dengan modal itu Anda akan bisa mempelajari kehendak konsumen, produk apa yang paling dicari dan sebagainya.

Dari informasi-informasi itu Anda bisa membuat keputusan bisnis untuk menaikkan kapasitas modal dan usaha. Dengan cara ini Anda tidak perlu menanggung resiko terlalu besar karena Anda bisa memilih barang dagangan yang memiliki ketahanan berhari-hari.

Warung kelontong juga cukup Anda jalankan sendiri tanpa perlu merekrut orang lain. Hal ini bisa menciptakan efisiensi yang besar pada awal usaha yang sedang Anda jalankan.

2. Membuka Laundry

Sudah banyak dilakukan orang tetapi tetap saja laris jika dilakukan. Soalnya, cuci mencuci baju adalah kebutuhan orang setiap hari. Itulah yang membuat usaha laundry tak pernah mati.

Modal usaha ini hanya butuh satu mesin cuci dan alat seterika saja. Lalu timbangan dan beberapa perlengkapan kecil yang tidak akan memakan banyak uang untuk membelinya. Selanjutnya Anda hanya butuh membuat spanduk kecil nama Laundry Anda.

Baca Juga  Peluang Usaha Sampingan Di Desa Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

Anda bisa menjalankan sendiri model usaha ini. Soalnya pekerjaan yang dilakukan sudah jelas, Anda akan menimbang pakaian kotor, menandai satu persatu lalu mencucinya. Setelah itu menjemurnya.

Setelah kering, Anda kumpulkan jadi satu sesuai kode yang sama lalu Anda seterika. Masukkan dalam plastik yang rapi. Jangan lupa berikan pewangi dalam cairan pembilas atau ketika menyeterika. Pakaian siap diambil, begitu saja. Jadi, apa sulitnya?

Meski sederhana tetapi jangan salah, jika Anda memiliki jumlah pelanggan yang cukup banyak, setidaknya Rp. 3 juta per bulan bukan angka yang sulit untuk Anda dapatkan.

3. Bisnis makanan kecil

Peluang usaha untuk pemual lainnya adalah berjualan makanan kecil. Tak perlu membuat sendiri makanan-makanan itu. Anda bisa membeli beragam jenis makanan kecil dalam jumlah agak besar.

Anda lalu akan mengemas makanan itu dalam plastic 250 gram atau lebih kecil lagi dengan cara membungkus yang baik. Lalu Anda berbagai jenis makanan itu Anda titipkan ke warung-warung di sekitar tempat tinggal Anda.

Kurun beberapa hari sekali Anda tinggal mengambil sisa bungkus makanan yang belum terjual. Jadi, Anda dan penjualnya bakal mendapatkan keuntungan sekaligus.

Anda harus punya rencana alterlatif ketika banyak bungkus makanan tersisa alias tidak terjual, beberapa hari sebelum kadaluarsa. Sehingga tidak perlu membuang makanan karena tak terjual.
Usaha seperti ini cukup berhasil mengumpulkan rupiah dan bisa Anda lakukan sendirian saja.

4. Membuka Warung Angkringan

Warung angkringan adalah warung makanan tradisional dengan sajian berbagai macam makanan lokal dan aneka minuman yang juga lokal.

Warung angkringan identic dengan gerobak multi fungsi yang bisa menampung tiga ceret untuk minuman panas dengan kompor arang di bawahnya, meja panjang terhampar untuk berbagai jenis makanan di atasnya sekaligus membuat aneka minuman di sana.

Baca Juga  Contoh Peluang Usaha Modal Kecil di Desa Berkembang Yang Menguntungkan

Anda tidak perlu menyiapkan beragam jenis makanan untuk dijual di sana, biasanya si penjual hanya menerima makanan titipan saja. Anda atau orang yang akan mengelola warung ini lebih baik fokus pada pembuatan minuman.

Cita rasa teh adalah keunggulan utama yang umumnya dimiliki warung-warung seperti ini. Sudah pasti pula keramahtamahan di penjual yang juga bakal menjadi penyedot utama bannyaknya pengunjung ke sana.

Uniknya lagi, Anda tak perlu pula repot memikiran pembuatan gerobak karena Anda bahkan tinggal menyewa saja dengan biaya sewa hanya Rp 5 ribu hingga 1 ribu per malam. Dengan hasil bersih yang bisa mencapai Rp 150 ribu – Rp. 200 ribu semalam, bukankah Rp. 10 ribu sewa gerobak adalah angka yang kecil.

Jangan anggap remeh usaha seperti ini, rerata para pengelola angkringan bisa mengantungi Rp. 10 ribu dalam semalam atau sehari. Padahal modal yang dibutuhkan hanya sekitar Rp 1 juta saja untuk makanan dan berbagai keperluan seperti ceret, nampan, gelas, piring dan sebagainya. Luar biasa, bukan!

5. Salon pangkas rambut

Beruntunglah Anda yang memiliki keahlian memangkas rambut. Soalnya, keahlian itu bisa mendatangkan banyak rupiah. Bagaimana tidak, ibarat kata dengan modal gunting dan sisir Anda bisa mendapatkan uang.

Jangan kawatir pula jika tidak punya cukup modal untuk menyewa kios atau membuat bangunan salon. Anda bisa membuka jasa pangkas rambut panggilan. Cara ini membuat Anda tidak butuh tempat khusus untuk membuka salon.

Peluang usaha untuk pemula seperti ini bakal cepat membahana jika Anda menggunakan media sosial untuk promosi. Dengan cara begini maka orang yang akan memangkas rambutnya tidak perlu keluar rumah. Tapi cukup hanya mengirim SMS dan Anda datang ke rumahnya lalu memberikan layanan pangkas rambut.

Baca Juga  Peluang Usaha Makanan Kecil di Desa yang Layak Dicoba

Ini akan menjadi model pangks rambut yang professional sekaligus unik. Padahal bermaksud irit modal. Asyik bukan?

6. Menjadi Reseller

Ini adalah pilihan yang paling tidak beresiko jika Anda jalankan dengan baik. Reseller berarti Anda menjualkan produk orang lain. Modal utama usaha ini adaah kepercayaan antara Anda, pembeli dan pemilik atau produsen.

Mekanismenya sederhana saja. Anda mendapatkan toko atau pemilik produk baik rumah industri atau koveksi. Lalu Anda membuat perjanjian soal patokan harga. Soalnya, keuntungan Anda adalah selisih harga yang Anda tetapkan.

Nah, begitu ada pembelian, si pembeli akan transfer pada Anda, bagian ini yang paling sulit karena Anda harus meyakinkan si calon pembeli bahwa Anda adalah penjual yang baik dan tidak akan mungkin melakukan penipuan.

Keyakinan pembeli bisa Anda buktikan dengan pemberian alamat lengkap, foto tempat usaha dan aktivitas usaha Anda dan sebagainya. Pastikan juga produsen yang menyediakan produk Anda memiliki ketepatan waktu produksi dan pengiriman.

Ini bisnis berbasis online sehingga Anda harus pula rajin meng-upload foto-foto produk terbaru ke halaman Facebook atau Instagram Anda. Ketekunan Anda adalah jawabannya.

Anda juga haru punya rekening bank untuk bisnis ini. Dan ingat, pelayanan terbaik akan memberikan kepercayaan paling besar terhadap Anda.

Sebagai pemula, sudah pasti bakal ada berbagai hall baru yang akan Anda hadapi. Jika Anda ingin maju, jangan sampai hal-hal baru yang peuh tantangan membuat Anda patah semangat. Karena letak keberhasilan adalah dibalik kemampuan mengatasi tantangan itu. Sehingga peluang usaha untuk pemula akan langsung membawa Anda pada kesuksesan. (adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here