Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Ini Efektif Menebalkan Uang Saku

0
2259
Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Ini Efektif Menebalkan Uang Saku

Peluang usaha untuk mahasiswa sekarang ini sungguh luar biasa banyaknya. Bisa dikatakan, inilah masa para mahasiswa yang notabene adalah anak-anak muda itu menjadi entrepreneur sukses. Teknologi internet yang mereka kuasai memberikan dukungan kuat bagi para muda mencapai titik itu.

Ada berbagai peluang usaha untuk mahasiswa yang dengan mudah bisa dikembangkan anak-anak muda ini. Pilihan usahanya juga luas, baik jasa maupun yang berhubungan dengan produk. Mau tahu apa saja peluang usaha untuk mahasiswa, berikut ini beberapa contoh yang bisa dipilih.

1. Peluang usaha Online Shop (Olshop)

Para mahasiswa sudah sangat akrab dengan bisnis yang satu ini. Soalnya, hampir semua mahasiswa adalah pengguna aktif internet dan HP. Nah, jika Anda adalah mahasiswa, Anda bisa menjual berbagai produk melalui Dropship alias perusahaan penyedia dagangan.

Biasanya yang dijual para mahasiswa melalui olshop adaah produk-produk fashion mulai dari tas, sepatu, gaun, hijab, asesoris dan berbagai produk kosmetik. Maklum, usia mereka memang sedang masuk usia berdandan dan penampilan.

Tapi jangan remehkan usaha jenis satu ini. Meski hanya modal HP, edia sosial dan foto produk tetapi mereka bisa mencapai omzet tinggi dan berpenghasilan jutaan dalam sebulan, angka yang hebat untuk anak-anak muda yang masih menuntut ilmu.

2. Jualan Pulsa Elektronik

Siapa yang tidak butuh pulsa internet sekarang ini? Anak-anak mmuda khususnya para mahasiswa adalah golongan yang sangat doyan menghabiskan kuota internet dibanding golongan anak muda yang lain.

Bukan hanya untuk berteman melalui media sosial saja, para mahasiswa juga membutuhkan internet untuk mengerjakan beragam tugas kuliah dan mendapatkan asupan pengetahuan melalui dunia digital.

Usaha yang satu ini butuh minimal satu meja di sebuah kios kecil pinggir jalan dekat kampus atau hunian mahasiswa. Anda bisa gunakan sela waktu kuliah untuk menunggui warung pulsa Anda. Tapi jika tidak punya cukup tenaga, mending membayar orang untuk melaksanakan transaksi dengan pembeli.

Baca Juga  Tas Lurik Jogja, Tren Baru Kawula Muda

Kalau mau irit modal, Anda bahkan bisa menjalankan usaha ini dengan hanya bermodal HP dan menggunakan jaringan pertemanan Anda di kampus sebagai captive market. Setiap ada teman butuh pulsa, tinggal kontak Anda dan Anda akan mengirimkannya.

Anda hanya butuh modal HP saja untuk model jualan pulsa seperti ini. Selanjutnya, membangun pertemanan seluas-luasnya.

3. Bisnis Les Private

Peluang usaha untuk mahasiswa yang satu ini sering disebut ‘mahasiswa banget’ yakni membuka jasa les private. Mencari beberapa murid SD, SMP atau SMU untuk diberi les tambahan sore hari, begitulah intinya.

Sudah tentu, Anda harus menguasai beberapa mata pelajaran si murid. Itu tak telalu sulit buat seorang mahasiswa, tinggal memelototi buku pelajaran yang digunakan si anak didik. Bagian yang cukup sulit adalah menjadikan diri Anda seorang tentor yang nyaman bagi si anak.

Anda punya pilihan untuk membuka sendiri jasa les ini dan mendatangi dari rumah ke rumah untuk mengajar anak. Yang model begini bisa menjadi tambang uang ketika cara Anda mengajar disukai anak dan membuatnya tambah pintar.

Keberhasilan didikan Anda bisa terlihat dari nilai tes semesteran. Jika nilai tes bagus, niscaya Anda bakal segera mendapat banyak permintaan mengajar dari para orangtua untuk memberi les anak-anak mereka.

4. Peluang Usaha Makanan Kecil

Bagi mahasiswa, tiada hari tanpa makanan kecil menemani aktivitas mereka. Padahal para mahasiswa umumnya tinggal di rumah kos dalam area yang terlokalisir karena berdekatan dengan kampusnya.

Itulah sasaran produk Anda. Ada beragam jenis makanan kecil yang bisa Anda jual pada kelompok anak muda ini. Anda bisa mejual aneka camilan, caranya Anda belanja camilan dalam jumlah beberapa kilo lalu Anda kemas secara cantik lalu Anda tawarkan pada teman-teman Anda.

Baca Juga  Ingin Menjadi Suplier, Website Ini Buka Peluang Usaha Itu

Kalau ingin keuntungan lebih, Anda bisa membuka warung kecil dengan cara menyewa kios murah di tengah kampung tempat kos mahasiswa lalu bikin pusat jajanan berupa aneka jenis makanan kecil yang disukai anak muda.

Anda juga bisa menyuguhkan menu makanan tradisional misalnya seblak atau makaroni pedas yang saat ini lagi naik daun. Beberapa anak muda mahasiswa di Jogja berhasil menciptakan omzet Rp. 14 juta per bulan hanya dari berjualan seblak. Tertarik?

5. Peluang usaha pengetikan dan print

Tingginya kebutuhan dokumen membuat usaha pengetikan dan print menjadi peluang usaha
yang terbuka lebar. Kini, bisnis ini banyak dikombinasikan dengan usaha fotokopian sehingga menjadi satu paket layanan dokumen yang lengkap.

Pendapatan dari usaha ini bisa berasal dari tiga sumber sekaligus yakni fotokopi dan penjualan alat tulis seperti kertas dan sebagainya. Kedua, dari jasa pengetikan mulai dari dokumen surat-menyurat resmi berbagai institusi dan berbagai tugas mahasiswa yang butuh diketik. Pendapatan lainnya adalah pendapatan dari biaya print-nya.

Anda juga tak harus menerjuni sendiri pekerjaan ini melainkan membayar satu karyawan untuk berbagai pekerjaan dalam satu toko. Peluang ini sudah berjaya di banyak kota di Indonesia.

6. Web Designer

Lagi-lagi, mahasiswa adalah anak-anak muda yang paling gandrung dengan segala yang berbau program computer yang serba canggih. Menjadi disainer website adalah salahsatu peluang yang tiada batasnya.

Tetapi sebaiknya, bukan hanya membuat website saja yang Anda lakukan melainkan juga mengurus konten web itu sendiri. Jadi jasa yang Anda jual bakal mumpuni dan lengkap mulai dari pembuatan, optimasi website hingga menciptakan branding produk atau perusahaan menjadi bersinar.

Hebatnya bisnis ini adalah, Anda bisa membangun jaringan pemasaran tanpa batas. Meski Anda tinggal di desa terpencil sekalipun, jika ada sinyal internet maka Anda bisa mencari klien dari seluruh pejuru dunia.

Baca Juga  Lowongan Kerja di Desa Menjadi Desapreneur, Menjual Produk Desa dan UMKM

7. Peluang usaha Reseller

Menjualkan produk orang lain adalah bisnis yang simpel dan gampang menjalankannya. Tetapi yang terpenting adalah bisa dipercaya. Anda harus sangat menjaga kepercayaan klien ketika ada yang membeli produk Anda mulai dari transaksi, pengiriman barang hingga kualitas produk itu sendiri.

Peluang ini hampir tidak membutuhkan modal selain kemampuan membangun jaringan pemasaran melalui online dengan menggunakan HP Anda. Sedangkan produk yang Anda jual adalah produk orang lain yang memang disediakan untuk dijualkan orang lain.

Anak muda sangat banyak menjalankan usaha jenis ini karena tidak membutuhkan modal besar, bisa dilakukan di waktu senggang dan dijalankan dari mana saja. Anda bisa menemuka beragam jenis produk yang bisa Anda jual sesuai dengan segmen yang Anda bidik.

8. Peluang menjadi konten writer

Hampir semua mahasiswa memiliki laptop atau bisa mengoperasikan computer dan laptop dengan baik. Ah, keahlian dan kemampuan itu bisa dimanfaatkan untuk mendukung pekerjaan penulis konten untuk website.

Sekarang ini ada sangat banyak website yang butuh konten writer. Soalnya, tak semua orang yang memiliki website punya kemampuan menulis yang bisa mengundang ketertarikan banyak orang. Nah, manfaatkan peluang ini dengan menjual jasa penulisan.

Selain mendapatkan uang, pekerjaan ini akan membuat Anda selalu terasah intelektualnya karena setiap hari membaca dan mendapatkan banyak informasi baru dalam pikiran Anda hanya dengan modal laptop dan saluran internet saja.

Itulah beberapa peluang usaha untuk mahasiswa yang bisa Anda jalankan dengan modal kecil bahkan lebih bermodal niat dan konsistensi. Ada banyak anak muda yang berjaya kaya raya denganpeluang-peluang ini. Jadi, kenapa tidak Anda ikuti jejak sukses mereka? (adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here