Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal Satu Juta Yang Menguntungkan

0
442
Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal Satu Juta Yang Menguntungkan

Peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal satu juta adalah pilihan memulai usaha yang jitu. Ini adalah jenis usaha yang bisa dikembangkan para ibu rumah tangga di desa dengan resiko yang tidak terlalu besar.

Ada banyak pilihan peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal satu juta di desa. Kenapa angka modal dipatok satu juta, karena angka rupiah ini sangat fleksibel, tidak terlalu besar untuk digunakan sebagai modal usaha. Beberapa keunggulan peluang Usaha untuk ibu rumah tangga modal satu juta adalah:

  1. Usaha bisa dilakukan sendiri

Dengan angka modal sejuta, usaha bisa dimulai dan dilakukan sendiri sehingga meminimalisir resiko kerugian. Menjalankan usaha sendiri juga meminimalisir pengeluaran karena tidak perlu membayar orang lain. Jadi, peningkatan pendapatan bakal terasa.

2. Memiliki modal alat

Sebagian modal itu bakal dibelikan alat dan perlengkapan, sehingga jika usaha tidak berjalan, tetap memiliki peralatan yang bisa digunakan pada waktu yang lain.

3. Skala usaha yang tidak terlalu merepotkan

Peluang Usaha untuk ibu rumah tangga modal satu juta berada pada skala yang tidak akan teralu merepotkan para ibu rumah tangga di desa. Jadi, si ibu tetap akan punya waktu untuk mengurus keluarga.

Dengan beberapa pertimbangan di atas, maka beberapa pilihan usaha yang bisa dijalankan para ibu dengan modal satu juta adalah:

  1. Menjual Gorengan

Membuka warung khusus gorengan adalah ide usaha yang sangat fleksibel dijalankan di manapun. Soalnya, semua orang menyukai jenis makanan yang satu ini. Biasanya warung gorengan buka sore sampai malam sehingga tidak mengganggu kegiatan utama ibu.

Peralatan penting yang harus ada adaah kompor gas, wajan besar dan beberapa perlengkapan memasak seperti tempat membuat adonan bahan makanan dan beberapa toples untuk tempt tepung, minyak goreng dan sebagainya.

Bisnis ini tidak harus menggunakan gerobak melainkan cukup dengan meja panjang dan rak kayu sederhana dua tingkat dengan penutup seperti gorden. Untuk menghindari debu. Selebihnya adalah belanja bahan setiap hari.

Baca Juga  Borneo Be, Keindahan Aksesori dan Budaya

Hebatnya berjualan gorengan adalah, Anda bisa menyimpan sebagian bahan makanan seperti tepung, inymak dan beberapa bahan lain untuk jangka waktu berhari-hari. Jadi, modal sehari-hari usaha ini bisa dibilang sangat kecil. Bahkan bisa dimulai dari angka Rp. 100 ribu saja.

Jangan kawatir, begitu dagangan habis, Anda bisa langsung menggoreng di tempat, jadi Anda tidak perlu kehilangan uang modal. Asyiknya lagi, usaha ini juga bisa menjadi salahsatu penyedia makanan dan gizi keluarga.

  1. Catering

Jika Anda memiliki cukup keahlian meracik bumbu dan menciptakan hidangan lezat, usaha catering bakal cocok Anda jalankan. Usaha ini tidak membutuhkan gerai atau kios. Cukup dengan membuat spanduk besar dan pamflet bahkan foto kopian.

Anda harus menyebarkannya ke seluruh penjuru kampung, desa dan beberapa kantor instansi di desa dan sekitar tempat tinggal Anda. Anda juga harus rajin menawarkan berbagai menu plus keunggulan dari produk makanan Anda.

Dengan uang sejuta, Anda bisa dapatkan beberapa tambahan peralatan di dapur Anda. Salahsatunya, panci besar untuk menanak nasi. Sebagian besar perlengkapan lainnya menggunakan yang sudah Anda miliki di dapur.

Jangan semua uang dibelanjakan, sisakan sebagian untuk anggaran belanja ketika Anda mendapat pesanan. Soalnya, pesanan catering awal bakal butuh modal Anda untuk memproduksinya.

  1. Produksi Makanan Kecil

Membuat makanan kecil adalah peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal satu juta yang sangat menggiurkan. Selain tidak memakan waktu terlalu banyak, peluang ini juga bisa Anda lakukan sendirian di sela waktu mengurus berbagai pekerjaan rumah tangga.

Sebelum memulai usaha ini, Anda harus menentukan lebih dahulu jenis makanan kecil apa yang Anda akan produksi, biasanya pilihan ini berhubungan dengan potensi bahan baku yang ada di desa.

Misalnya, Anda melihat banyaknya buah pisang yang tak banyak dikonsumsi di desa Anda karena lebih cocok untuk dijadikan jenis makanan lain seperti ceriping pisang, sale dan aneka makanan berbahan pisang.

Baca Juga  Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Ini Efektif Menebalkan Uang Saku

Pilihlah jenis olahan makanan yang belum banyak dilakukan dibuat orang. Misalnya ceriping pisang dengan berbagai varian rasa. Lalu ciptakan kemasan yang menarik. Cara ini akan membuat produk Anda memenangi persaingan dengan makanan lain.

Pemasaran makanan kecil relatif mudah. Anda bisa menitipkan di toko-toko di desa dan beberapa daerah sekitar Anda. Daerah sekolahan atau kampus bakal menjadi sasara yang menarik jenis dagangan satu ini.

  1. Membuat Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan adalah salahsatu peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal satu juta yang bisa Anda jalankan. Para ibu rumah tangga bakal sangat cocok dengan model usaha yang satu ini karena sarat akan nilai keindahan.

Pekerjaan ini bisa dijalankan dengan dua cara. Pertama, Anda mengerjakan kerajinan tangan dari rumah industry lain. Cara ini bahkan membuat Anda tidak perlu mengerluarkan uang sama sekali untuk menjalankannya.

Uang modal baru Anda butuhkan jika Anda menerima pekerjaan dari orang lain tetapi dengan menggunakan modal Anda sendiri dalam pembuatannya.

Tapi yang pasti, ada banyak kerajinan tangan yang bisa Anda lakukan. Mulai dari menjual sepatu rajut, tas rajut, gelang dan aneka produk kreatif yang unik lainnya. Di Yogyakarta ada banyak kaum ibu yang menjalankan usaha ini karena maraknya wisata di kota ini.

Kerajinan tangan yang unik, misalnya gelang kulit buatan tangan, memiliki banyak peminat di semua kota. Pasarnya adalah anak-anak muda yang sedang gandrung berdandan unik ala anak kekinian. Merekalah pemborong pernak-pernik paling utama di seluruh tempat.

Anda bahkan bisa menjual secara online baik dalam bentuk satuan atau model paket. Cara ini sudah banyak dibuktikan kaum ibu.Soalnya, semakin unik suatu produk semakin larislah dia.

  1. Jualan Online Dropship

Modal utama peluang usaha untuk ibu rumah tangga modal satu juta yang satu ini berupa HP dan kuota internet. Anda hanya perlu meggunakan media sosial saja untuk bisa berbisnis dengan cara ini.

Baca Juga  Peluang Usaha Kerjasama Tanpa Modal yang Wajib Anda Coba

Apa yang mau dijual dan bagaimana mendapatkan produknya? Anda akan menjualkan produk orang yang memang menyediakan berbagai produk sebagai tempat kulakan alias dropship. Anda sama sekali tidak perlu memiliki stok di rumah atau buka toko.

Toko Anda adalah akun media sosial seperti Facebook, Instagram. Anda tinggal up date berbagai gambar dan informasi mengenai produk yang Anda jual pada akun media sosial Anda. Lakukan promosi secara rutin dan konsisten. Tapi jangan terlalu terburu nafsu, terlalu sering posting bakal membuat orang menjadi gampang bosan.

Anda harus mempelajari pola transaksi online jika mantap memulai usaha ini. Soalnya, transaksi media sosial murni bermodal kepercayaan antara pembeli dan pemesan. Jangan lupa pula menyiapkan rekening bank untuk sarana transaksi Anda.

Uniknya jual beli online adalah, anda bisa melakukannya sembari tetap menjalankan tugas Anda sebagai ibu rumah tangga karena bisnis seperti ini tidak mensyaratkan tempat atau waktu khusus.

  1. Jualan Produk Desa Online

Ada banyak produk desa atau daerah yang unik dan sangat menarik di jual baik untuk pasar lokal maupun luar ngeri. Anda hanya perlu memasang akun di beberapa market place alias pasar online yang sudah marak di Indonesia.

Anda bisa berjualan beragam produk seperti kerajian khas hingga mebel unik khas desa. Jepara sangat sukses melakukan ini. Banyak pemuda Jepara sukses membangun toko online berjualan mebel ukir ke seluruh penjuru nusantara bahkan eksport.

Jangan salah, ada banyak ibu rumah tangga berhasil meraup jutaan rupiah per bulan dengan beberapa pekerjaan ini. Salahsatu peluang Usaha untuk ibu rumah tangga modal satu juta yang sedang ngetop adalah jual beli online. Banyak kisah sukses yang ditorehkan kaum ibu meski kegiatannya tidak meninggalkan tugas utama mengurus anak dan suami. Bagaimana dengan Anda? (aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here