Peluang Usaha Unik: Layanan Perbaikan Rumah/Perkakas Online

Peluang Usaha Unik: Layanan Perbaikan Rumah/Perkakas Online

BERDESA.COM – Anda anak muda dan bingung mencari pekerjaan? Ini peluang unik yang gampang dijalankan. Membuka jasa layanan perbaikan rumah atau perkakas rumah, online. Ya, pemasarannya menggunakan jaringan online seperti Facebook, Instagram, twitter dan sebagainya. Bagaimana kalau Anda tidak memiliki keahlian sebagai tukang kayu atau tukang batu? Tidak persoalan.

Sebenarnya usaha seperti ini sudah banyak dilakukan di egara-negara maju seperti di Eropa dan Amerika. Di sana, tidak mudah mendapatkan tukang ayu atau tukang bangunan yang mau diundang ke rumah untuk memperbaiki genteng atau memasang pintu baru. Tetapi kini hal itu sudah bukan masalah karena mereka tinggal memesan melalui handphone mereka.

Membuka usaha seperti ini tidak harus memiliki kemampuan bertukang kayu. Soalnya, yang terpenting justru pemasarannya. Hanya saja Anda harus punya beberapa orang tukang kayu, tukang bangunan sekaligus semacam konsultan bangunan jika sewaktu-waktu muncul order untuk membangun sesuatu yang baru dan bukan sekedar memperbaiki bagian tertentu dari bangunan rumah.

Sebelum memasarkan secara luas, Anda harus tahu dulu tarif standar seorang tukang dalam sehari. Soalnya, akan ada perbedaan ongkos untuk membayar tukang kayu dan tukang ledeng. Anda juga harus menghitung jarak yang harus di tempuh menuju rumah si klien. Misalnya, jara lebih dari dua kilometer maka harus ada tambahan Rp. 10 ribu.

Sebelum mengurus seorang pekerja ke rumah klien, Anda harus pastikan kebutuhan pekerjaan itu. Pastikan juga jenis kegiatan yang harus dilakukan. Soalnya, kadang butuh lebih dari satu orang untuk melakukannya. Jangan pula salah mengutus orang yang kurang ahli dalam bidangnya. Misalnya, jangan mengirim seorang tukang bangunan yang lebih jago memasang batu bata untuk order perbaikan tangga dari kayu.

Buatlah kesepakatan dengan beberapa orang yang siap menjadi pekerja panggilan. Soalnya, kita tidak bisa memastikan berapa order yang bakal datang dalam sehari.  Misalnya, pada awal musim hujan pasti bakal banyak rumah yang harus diperbaiki atapnya. Nah, order pada masa ini bisa bertumpuk dalam satu hari. Siapkah jumlah pekerja Anda menangani order yang datang bersamaan?

Terpenting adalah mengenai honor atau upah. Karena sistem kerja ini bersifat on call alias sesuai panggilan yang masuk, maka perhitungan upah untuk mereka juga harus menyesuaikan kebutuhan. Apakah mereka akan dibayar sesuai waktu (jam) atau harian. Atau bisa jadi menggunakan sistem akumulasi, dalam sebulan baru kemudian dibayarkan sesuai proyek yang ditangani. Tambahan materi seperti semen, seng atau lem untuk menutup lubang yang bocor adalah tanggungan konsumen.

Layanan ini bakal lebih menarik lagi kalau dilengkapi layanan cleaning service alias membersihkan rumah dalam bentuk harian yang juga bisa berlangganan. Kenapa demikian, karena jaman sekarang ini tidak mudah mencari asisten rumah tangga yang cakap atau cocok. Cara ini bakal mengantikan kebutuhan kebersihan rumah secara menyeluruh dari membersihkan kotoran di atas genting hingga membuat mebel rumah menjadi mengkilap.

Peluang usaha seperti ini sudah banyak dijalankan di kota-kota besar tetapi tetap saja belum mampu melayani wilaya yang luas. Bahkan kini menjadi salahsatu yang incar oleg layanan ojek online selain layanan pembelian produk tertentu sistem antar. Jadi, peluangnya masih sangat terbuka.

Sistem pemasarannya terutama menggunakan media sosial. Lebih baik lagi jika memiliki website yang menjelaskan seluruh layanan yang tersedia. Para pemuda adalah orang-orang yang bakal bekerja utamanya sebagai pemasar. Soalnya, ha ini tidak bisa dilakukan orang-orang yang sudah sepuh di desa-desa. Permintaan atau order bisa dilakukan sehari sebelumnya sehingga ada cukup waktu bagi perusahaan ini mengatur siapa yang akan diberangkatkan memberi layanan.

Kenyamanan si pemilik rumah adalah hal yang penting. Maka semua pekerja harus memiliki kemampuan komunikasi yang bagus dan menyenangkan. Dengan begitu ketika ada masalah yang harus ditangani, klien kita akan kembali menggunakan jasa kita. Silakan mencoba. (aryadjihs/berdesa)

1 Komentar

  1. sekedar sharing aja mungkin bisa di buat artikel tentang peluang usah di antar jemput sekolah anak-anak, peluang usaha ini sangat menjanjikan dan bisa sebagai pondasi rumah tangga kita. btw terima kasih buat artikelnya sangat insperatif

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*