Peluang Usaha Ternak di Desa Modal Kecil Untung Besar

0
68180
peluang-usaha-ternak-di-desa-web

Peluang usaha ternak di desa selalu terbuka lebar. Usaha ternak memang sangat tepat dikembangkan di pedesaan karena desa bia menjawab berbagai kebutuhan untuk usaha ini seperti lahan yang luas, bahan bangunan yang lebih gampang di dapatkan dan juga mudah menemukan pakan.

Usaha ternak memiliki banyak sekali pilihan dan hampir semuanya menguntungkan. Anda bisa memilih beberapa model dari bisnis ini. Seperti:

A. Pembibitan atau Benih

Adalah usaha penyediaan benih bagi berbagai jenis hewan ternak mulai dari lele, ikan hingga ayam. Butuh keterampilan khusus yang harus dimiliki agar hewan piaraan memijah, berkembang biak dan melahirkan atau bertelur sebanyak mungkin.

Beberapa peluang usaha ternak di desa bidang ini seperti:

  1. Penyediaan Benih Lele

Anda harus memahami lebih dahulu karakter induk lele yang Anda harapkan bakal bertelur. Anda harus tahu kapan indukan lele siap untuk bertelur, kapan harus dipisahkan dan kapan harus ditempatkan kembali pada kolam bersama indukan yang lain.

Selain itu Anda harus menyedikan beberapa kolam kecil untuk proses –proses ini. Selain itu Anda harus memiliki sumber untuk mendapatkan cacing sutera yang menjadi makanan bibit lele. Kemana memasarkan?

Tidak sulit, carilah grup-grup peternak pembesaran lele. Begitu menjadi bagian dari komunitas peternak maka dengan sendirinya bakal datang para pembeli benih yang Anda biakkan.

  1. Bibit Ayam Kampung

Nikmatnya daging ayam kampung membuat peluang usaha ternak di desa semakin luas. Peternak ayam kampung yang baik akan memiliki kehati-hatian dalam memilih anakan ayam yang akan dibesarkannya. Penyediaan bibit ayam kampung menjadi salahsatu pilihan usaha.

Anda hanya butuh lahan kecil dan dibatasi dengan bambu mengeliling. Pastikan sejak kecil ayam bibit itu mendapatkan makanan yang baik dan kandang yang bersih. Para peternak pembesaran bakal datang ke rumah Anda untuk membeli bibit ayam yang Anda sediakan.

Baca Juga  Contoh Usaha Kecil Kecilan Yang Bisa Mendulang Rupiah Di Desa

B. Ternak Pembesaran

Bidang pembesara adalah peluang usaha ternak di desa yang paling banyak dilakukan. Apa pasal, soalnya desa memiliki lahan yang luas dan ketersediaan alam yang kaya untuk mendapatkan pakan dan alamnya masih sehat.

Anda tinggal memilih jenis hewan yang Anda cocok untuk dibesarkan mulai dari jenis ikan seperti lele, nila hingga ayam bahkan sapi. Sesuaikan dengan apa yang Anda miliki karena setiap hewan memiliki karakter unik dan kebutuhan yang berbeda-beda untuk bisa tumbuh dengan baik.

Membesarkan ayam kampung bakal berbeda dengan pola pembesaran kambing. Perbedaan mulai dari lahan yang dibutuhkan, kandang yang harus disediakan hingga pembiayaan untuk mendapatkan pakan yang baik untuk si hewan.

Beberapa pilihan menarik pada bidang ini adalah:

  1. Pembesaran lele dumbo

Beternak lele adalah peluang usaha ternak di desa yang mudah dikembangkan. Soalny lele memiliki kemampuan hidup yang luar biasa bahkan pada air yang sangat keruh sekalipun. Pakannya pun tidak sulit disediakan.

Selain itu lele adalah jenis kan tawar yang memiliki permintaan pasar yang tinggi. Maka, beternak lele bisa menjadi pilihan yang jitu.

  1. Ayam Kampung

Daging ayam kampung memiliki kelas tersendiri dalam trah kuliner. Bukan tanpa sebab itu terjadi. Ayam kampung memang memiliki kelezatan khas jika dimasak dan kadar gizinya sangat tinggi serta tidak membawa kandungan berbahaya bagi tubuh manusia.

Anda harus memiliki halaman dengan ukuran tertentu untuk Anda jadikan kandang. Sebaiknya kandang berupa halaman dengan pagar keliling dari bambu agar ayam tidak keluar tapi tetap memiliki ruang untuk mereka bergerak dan berlarian.

Selain itu Anda harus pula menghitung jumlah modal untuk pembelian pakan hingga ayam siap jual. Yang pasti, harga ayam kampung selalu erada pada angka yang bagus dan menguntungkan.

  1. Ternak Kambing
Baca Juga  Peluang Usaha Minuman Dingin, Menguntungkan dan Sehat

Lebaran haji adalah masa keemasan bagi para peternak ini. Soalnya, kambing adalah pilihan paling banyak diambil orang untuk berkurban. Soalnya harga kambing lebih terjangkau bagi sebagian besar orang dibanding harga seekor sapi yang puluhan juta itu.

Tetapi bukan hanya Idul Qurban saja yang membuat ternak kambing menjadi potensial. Daging kambing adalah salahsatu daging favorit bagi berbagai jenis masakan terutama sate. Daging apa yang bisa mengalahkan hebatnya sate kambing?

Untuk memelihara kambing Anda harus membangun kandang khusus yang rapat. Soalnya, kambing bukan jenis binatang yang gampang diatur sehingga jangan diberi celah keluar kandang.

  1. Ternak Sapi

Ternak sapi adalah peluang usaha ternak di desa yang luar biasa jaya pada saat lebaran haji. Sapi adalah jenis daging yang tingkat permintaanya sangat tinggi. Begitu tiggi sehingga seringkali pemerintah harus impor.

Tetapi ternak sapi bukan jenis usaha dengan modal kecil. Harga sapi sendiri sudah tergolong angka yang besar, belum lagi kandang dan pakan yang harus selalu tersedia. Namun usaha ini juga menjanjikan keuntungan besar jika dijalankan.

Daging sapi adalah dagin yang banyak dikonsumsi karena memiliki citarasa yang pas untuk dibuat menjadi beragam jenis makanan. Berbeda dengan daging kambing yang memiliki karakter khas, daging sapi jauh lebih fleksibel untuk diracik dengan beragam bumbu.

Selain menghasilkan uang dari dagingnya, kotoran sapi dengan perlakuan khusus bisa menjadi bahan mengembangkan bio reactor dan menghasilkan gas yang bisa berfungsi menggantikan gas untuk dapur.

Di Boyolali, beberapa kampung yang bergelut pada usaha ternak sapi dan sapi perah menggunakan kotoran sapi untuk menghasilkan gas ang mereka gunakan untuk memasak sehingga tidak perlu lagi membeli gas.

C. Ternak menghasilkan telur

Peluang usaha ternak di desa yang satu ini jenis ternak yang secara khusus diambil telurnya. Beberapa jenis hewan yang bisa diternakkan untuk ini adalah:

  1. Ayam petelur
Baca Juga  Meraup Untung dari Peluang Usaha Minuman Unik Khas Desa

Lahan yang luas di desa sangat potensial untuk membuka peluang ini. Tetapi ayam petelur butuh perlakuan khusus agar rajin bertelur seperti kadang yang bersih dan jauh dari pemukiman.

Perhitungan pakan untuk jenis ayam petelur juga sangat penting karena akan berpengaruh pada produktivitas telur yang dihasilkan si ayam.

  1. Bebek Petelur

Telur bebek bisa menghasilkan banyak rupiah. Di Brebes ratusan warga memproduksi telur asin hingga membuat Brebes menjadi kabupaten yang identik dengan penghasil telur asin dalam volume besar dan dipasarkan di berbagai korta.

Sama dengan ayam petelur, butuh pakan dengan kandungan khusus agar bebek rajin bertelur. Modal yang dibuthkan cukup banyak karena harus pula membangun kandang yang memadai. Tetapi pasar telur bebek tak pernah sepi.

  1. Puyuh

Hewan yang satu ini udah kondang sebagai penghasil telur yang baik. Telur puyuh yang berukuran kecil sangat fleksibel untuk diracik menjadi berbagai jenis masakan sehingga pasar telur puyuh selalu memiliki permintaan tinggi.

Butuh kandang yang memadai dengan perlakuan khusus juga. Tetapi beternak puyuh tidak memerlukan lahan yang terlalu luas. Anda bahkan bisa menggunakan halaman rumah berukuran 5×5 saja untuk menjalankannya.

Itulah beberapa peluang usaha ternak di desa yang sangat prospektif dan selalu memiliki permintaan tinggi di pasar. Satu hal yang penting adalah, peternakan selalu membutuhkan lahan dan harus berjarak cukup jauh dari pemukiman karena menyebabkan bebauan tak sedap yang bisa mengganggu lingkungan.

Selain memiliki hubungan yang baik dengan para pembeli, Anda juga harus memastikan tetangga Anda tidak terganggu dengan bau dari kandang ternak Anda. Untuk itu kotoran dari hewan-hewan ini harus selalu Anda bersihkan secara berkala. Selamat mencoba.(aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here