Peluang Usaha Sampingan Di Desa Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

0
8222
http://www.berdesa.com/informasi-lengkap-tentang-bumdes-yang-harus-anda-ketahui/

Peluang usaha sampingan di desa yang menguntungkan banyak dilakukan oleh para pekerja yang ingin menambah penghasilan keluarga. Mereka adalah orang-orang yang sudah memiliki pekerjaan utama mulai dari PNS hingga pekerja swasta dengan jam kerja yang biasanya sudah pasti.

Di sela-sela waktu di rumahnya itulah mereka lalu menciptakan peluang usaha sampingan yang menguntungkan di desa tanpa perlu mengganggu pekerjaan utama. Jenis pekerjaan sampingan tentu haruslah pekerjaan yang tidak membutuhkan waktu khusus dan lama dalam mengelolanya.

Pekerjaan sampingan juga tidak terlalu menyita tenaga yang berlebihan karena orang sudah cukup lelah dengan pekerjaan utamanya dan biasanya memiliki berkaitan dengan hobi dan kesukaan orang pada suatu kegiatan.

Ada dua jenis peluang usaha sampingan yang menguntungkan di desa yang bisa Anda jalankan.

A. Pertama adalah kegiatan yang bersifat offline atau konvensional.

Usaha jenis ini mengharuskan Anda menangani sendiri secara teknis dengan meluangkan waktu tertentu di sela pekerjaan utama Anda. Biasanya dijalankan setelah pulang dari kantor atau setelah pekerjaan utama selesai. Beberapa jenis peluang usaha yang bisa Anda jalankan adalah:

  1. Beternak Lele

Lele memiliki daya hidup yang luar biasa bahkan di dalam air yang keruh dan ruang yang sempit sekalipun. Anda hanya perlu membuat kolam-kolam berukuran 2 x 2 meter untuk menjalankan usaha ini.

Setelah mengisi air dan memasukkan bibit lele, Anda tinggal memberiya makan selama beberapa puluh hari hingga ukuran tubuh lele siap untuk konsumsi. Biasanya bahkan bakal ada pembeli yang datang menjemput lele peliharaan Anda untuk membelinya.

Selain tidak butuh penanganan khusus, beternak lele juga berguna untuk memberi tambahan gizi keluarga.

  1. Ternak Ayam Kampung

Ternak ayam adalah hal wajib bagi warga di pedesaan. Selain mencukupi kebutuan gizi keluarga, ayam bisa menjadi cadangan pendapatan sewaktu-waktu warga membutuhkan uang.

Baca Juga  Olah Susu Segar Menjadi Bisnis Kefir yang Menjanjikan

Usaha jenis ini bisa Anda jalankan di halaman belakang rumah dengan membuat pagar keliling agar ayam Anda tidak berkeliaran. Selain bisa menjadi tambahan pendapatan, keberadaan ayam akan membuat sisa nasi dan berbagai jenis makanan menjadi berguna.

Tidak butuh keahlian khusus untuk menjalankan usaha ini. Yang terpenting adalah menjaa kebersihan kandag dan memberi makanan secara rutin dengan sesekali diberi makananya yang memiliki kadar gizi. Ayam sebaiknya dikurung agar terhindar dari penularan bibit penyakit yang dibawa ayam atau binatang lain di luar rumah.

  1. Usaha Toko Kelontong

Toko kelontong adalah jenis usaha yang tidak akan pernah mati. Soalnya, toko kelontong menjual kebutuhan orang setiap hari. Bagaimana mengelola toko kelontong jika Anda harus pergi ke tempat kerja dari pagi sampai sore?

Anda tidak harus membuka toko kelontong 24 jam. Cukup Anda buka sore hingga tengah malam misalnya. Soalnya, di pedesaan jarang ada toko yang buka hingga larut malam. Padahal tahukah Anda, ada banyak kaum ibu yang lebih suka belanja pada malam hari ketika anak-anaknya sudah tidur, terutama ibu-ibu yang memiliki anak Balita.

  1. Pembesaran Burung Kicauan

Peluang usaha sampingan di desa yang menguntungkan satu ini cukup unik dan menyenangkan. Biasanya dijalankan oleh para penggemar burung kicauan. Asal Anda tahu, burung jenis ini bisa mendatangkan rupiah yang sangat besar jika Anda telaten melatihnya.

Tidak butuh tempat terlalu banyak untuk para burung. Umumnya mereka bahkan cukup berada di dalam sangkar saja. Proses pemeliharaannyapun tidak terlampau rumit, yang terpenting memberi makan dan rajin memindahkan mereka untuk mendapatkan sinar matahari.

Para pembeli biasanya datang dari anggota komunitas penyuka burung juga. Hanya saja pekerjaan sampingan seperti ini harus dilakukan dengan ketulusan hati dan penuh kasih sayang karena Anda sedang berurusan dengan sesama mahkluk hidup.

Baca Juga  Peluang Usaha Unik: Layanan Perbaikan Rumah/Perkakas Online

A. Kedua adalah kegiatan yang bersifat online

Usaha berbasis online berarti menggunakan teknologi digital alias internet sebagai medianya. Jenis usaha ini memiliki berbagai jenis yang semuanya berbasis internet. Beberapa usaha yang bisa Anda kembangkan secara online antara lain:

  1. Jualan produk secara online sebagai Reseller

Anda bahkan tidak perlu beranjak dari tempat duduk untuk menjalankan usaha ini. Anda bisa memerankan diri Anda sebagai Reseller alias penjual produk-produk orang lain. Ada sangat banyak pilihan di dunia jual beli model ini.

Bersenjatakan media sosial utamanya Instagram dan Facebook, Anda tinggal memajang berbagai produk yang sudah siap jual itu dan menawarkannya melalui akun media sosial Anda.

Hebatnya, peluang usaha sampingan di desa yang menguntungkan satu ini hanya butuh modal HP dengan koneksi internet saja. Anda juga bisa menjalankannya di sela-sela kegiatan rumah tangga Anda.

Produk yang paling banyak dijual oleh para reseller adalah produk fashion terutama fashion untuk kaum perempuan mulai dari gaun, baju, sepatu, tas dan aneka aksesoris. Utamanya produk hijab.

  1. Menjual Produk Desa

Amati desa Anda dan temukanlah produk unik yang disukai banyak orang. Produk seperti itu sangat potensial di jual melalui jalur online.  Sudah banyak yang melakukan ini seperti menjual meel ukir di Jepara, hijb buatan konveksi para ibu, jualan kain tenun.

Para ibu di Dayak bahkan menjual manik-manik khas Dayak yang disebut Mutu Manikam melalui online dan berhasil menjadi produk aksesoris mendunia berama Borneo-B.

Peluang usaha sampingan di desa yang menguntungkan ini bisa dijalankan di sela pekerjaan utama Anda karena pekerjaan terpentingnya adalah mendapatkan pembeli saja. Selebihnya berbagai urusan teknis akan dilakukan oleh orang lain mulai dari packing dan pengiriman.

  1. Mengelola Website
Baca Juga  Produk Kerajinan Boneka Kaus Kaki Lia-Nurhadi

Banyak orang punya website tetapi tidak tahu bagaimana membuat website-nya dikunjungi banyak orang dan bisa mendorong penjualan produk. Anda bisa mengambil peluang ini dan mengerjakannya di sela waktu Anda.

Tentu saja Anda harus memiliki kemampuan yang berhubungan dengan optimasi website sehingga bisa menongkrongi halaman satu Google misalnya. Juga membuat website ini bisa menaikkan branding perusahaan yang Anda layani. Ada bisa menjalankan pekerjaan ini malam hari dan diluar jam kerja Anda.

  1. Content Writer

Peluang usaha sampingan di desa yang menguntungkan lainnya adalah menjadi penulis konten. Ini adalah pekerjaan yang bisa Anda lakukan dari mana saja dan Anda bisa dengan mudah mengatur waktu untuk menjalankannya.

Kewajiban Anda adalah membuat tulisan yang memiliki kekuatan Search Engine Optimize (SEO) yang kuat dengan tetap mengusung berbagai informasi menarik dan tentu saja harus tetap enak dibaca.

Ada banyak peluang kerja seperti ini, Anda bisa menawarkan diri sebagai orang yang memiliki kemampuan menulis dan siap menyediakan konten bagi website.

Itulah beberapa pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan tanpa perlu mengganggu pekerjaan utama Anda. Beberapa pekerjaan sampingan ini bahkan bakal memberikan berbagai pengetahuan baru bagi Anda, sekaligus kolega baru.

Ada baiknya Anda mulai melirik berbagai peluang usaha sampingan di desa yang menguntungkan berbasis digital karena memiliki cakupan yang luas dan prospek yang baik serta bisa mendatangkan pendapatan yang besar.

Yang terpenting, ketika Anda memutuskan menjalankan pekerjaan sampingan seperti di atas maka Anda harus konsisten memberikan pelayanan yang baik pada konsumen baik yang sudah bertransaksi maupun calon konsumen Anda. Soalnya, layanan yang baik akan membuat konsumen percaya pada kapasitas Anda. Selamat Memulai! (aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here