Peluang Usaha Petanian di Desa, Bisa Jadi Bisnis Masa Depan

0
572
Peluang Usaha Petanian di Desa, Bisa Jadi Bisnis Masa Depan

Peluang usaha pertanian di desa adalah jenis usaha yang bakal selalu hidup dan dibutuhkan. Berbanding terbalik dengan berbagai usaha yang terus berubah dan ditinggalkan, peluang usaha pertanian justru bakal makin bersinar seiring perubahan jaman dan pertambahan penduduk. Kok bisa?

Usaha di bidang pertanian adalah usaha yang langsung menangani kebutuhan paling dasar umat manusia: memproduksi bahan pangan. Sudah jelas bukan, manusia butuh makan setiap hari dan merupakan kebutuhan dasar paling utama dibandingkan kebutuhan apapun.

Maka sesungguhnya, pertanian adalah bidang yang sangat menjanjikan di masa depan. Terutama bagi warga pedesaan. Usaha pertanian butuh lahan yang luas dan subur, makanya peluang ini sangat potensioal dikembangkan oleh warga di pedesaan.

Sayangnya, menjadi petani oleh sebagaian anak muda dianggap tidak menarik karena tidak menjanjikan putaran yang besar lagi cepat. Padahal kalau dikelola secara serius, pertanian bisa menjadi sektor yang sangat handal membangun Indonesia.

Itulah yang membuat sektor pertanian menjadi prioritas Kementerian Desa dalam program Dana Desa dengan menjadikan pembangunan embung bagi desa. Embung dimaksudkan sebagai penampung air untuk kebuuhan perngairan sawah di desa.

Pertanyaanya, apa saja peluang usaha pertanian di desa yang memiliki prospek dan pasar yang cerah di jaman seperti sekarang ini? Berikut ini beberapa pilihan yang bisa Anda jadikan usaha pertanian di desa:

  1. Pertanian Organik

Adalah sistem pertanian dengan pola alami, meniadakan bahan-bahan kimia dalam seluruh prosesnya termasuk menjaga air dan tanah sawah dalam kondisi alami alias tidak tercemar.

Pola organik mampu melahirkan produk pertanian yang sangat sehat untuk dikonsumsi karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh itu.

Peluang pasar terhadap organik saat ini terus membesar seiring kesadaran setiap orang untuk hidup dengan cara yang lebih sehat. Ya, hasil pertanian organik memang mampu melahirkan beragam jenis hasil pertanian yang sangat menyehatkan.

Baca Juga  Tiga Kunci Presentasi Hebat Bagi Perusahaan Rintisan untuk Memikat Investor

Di perkotaan, pola hidup sehat adalah gaya hidup yang terus berkembang. Makanan organik bahkan sudah mulai bertenggeran di rak-rak minimarket, utaanya beras dan sayur-mayur. Meski dipatok dengan harga tinggi, tapi bahan makanan organik bakal terus dicari.

Desa adalah satu-satunya tempat yang mampu menghasilkan produk organik untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup sehat ini. Karenanya, peluang usaha pertanian di desa memiliki prospek luar biasa di masa yang akan datang.

Karena belum semua orang menyadari kualitas sayur organik maka konsumen sayur ini umumnya memiliki komunitas-komunitas. Nah, Anda tinggal mendapatkan informasi tentang komunitas-komunitas itu lalu menjual melalui online dan membangun jaringan media sosial dengan para konsumen.

  1. Pertanian Hidroponik

Mengandalkan nutrisi melalui air, inilah sistem pertanian yang bisa mengatasi kelangkaan lahan. Hidroponik adalah sistem yang memungkinkan pengelolaan hasil pertanian dilakukan dalam lahan paling sempit sekalipun.

Selain menciptakan atmosfit udara yang sehat karena oksigen yang diikat tetumbuhan hidroponik, sistem pertanian unik ini juga bisa menghasilkan komoditas yang cukup untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

Hidroonik adaah peluang usaha pertanian yang bisa dikembangkan baik di desa maupun di kota karena tidak butuh lahan luas sebagaimana pertanian konvensional. Tetapi karena berbagai keterbatasan, sistem hidroponik juga tidak bisa menumbuhkan segala jenis tanaman.

Melainkan hanya jenis-jenis tumbuhan tertentu saja. Namun jika dikelola dengan serius, bagi Anda yang tinggal di kota, pertanian hidroponik bisa menjadi peluang yang menciptakan pendapatan yang tinggi karena mudah sekali menjual hasilnya. Juga terutama bisa memenuhi kebutuhan sayur mayur keluarga.

Model penjualan online dan media sosial juga harus dilakukan jika Anda sudah siap memasuki pasar. Cara itu lebih efisien dan berdaya jangkau luas.

  1. Budidaya tanaman rempah

Bahkan ratusan tahun lampu orang-orang Eropa rela menyeberang samudra demi mendapatkan rempah-rempah di negeri ini. Rempah adalah komoditi yang tak hanya juara dipasarkan di luar negeri tetapi juga laris-manis di pasar lokal.

Baca Juga  BUMDesa: Ruang Apresiasi Untuk Menggairahkan Ekonomi dan Mengentaskan Kemiskinan Desa

Jika Anda tinggal di desa dan memiliki lahan pertanian, membudidayakan rempah adalah salahsatu peluang usaha pertanian di desa yang bisa mendatangkan rejeki melimpah untuk Anda. Apa pasal?

Remah sangat dibutuhkan setiap daur ibu rumah tangga untuk menciptakan aneka ragam masakan lezat sekaligus ahan yang paling dicari perusahaan-perusahaan pengolah produk pangan mulai dari pabrik pembuat roti hingga restora-restoran.

Tanaman rempah tak hanya hebat dalam menyulap segla jenis makanan menjadi nikmat dilahap melainkan juga memiliki kandungan yang luar biasa dalam menyehatkan tubuh. Kandungan-kandungan zat yang ada dalam setiap tanaman rempah mengandung berbagai bahan yang bisa menyembuhkan beragam penyakit.

Yang termasuk alam jenis tanaman rempah seperti Adas, akar wangi, asam jawa, bawang putih, bunga lawing, cabai Jawa, cengkih, damar, Jahe, jeruk purut, jintan, jintan hitam, kapulaga, kecombrang, kemangi, kemiri, ketumbar dan berbagai tanaman yang lain.

Anda bisa menjual produk ini dalam bentuk hasil pertanian yang belum diolah atau sudah Anda bersihkan dan masukkan dalam wadah-wadah kemasan yang cantik. Penjualan rempah bisa dilakukan secara konvensional maupun dengan cara online.

  1. Menjual Alat Pertanian

Peluang usaha pertanian di desa yang tak kalah potensialnya adalah membuka toko alat pertanian. Apalagi jika desa tempat Anda tinggal mayoritas warganya hidup dari mengolah sawah mereka.

Toko alat pertanian menjual berbagai peralatan, perlengkapan da bakal lebih lengkap lagi jika Anda juga menyediakan aneka bibit tanaman yang dibutuhkan warga desa-desa sekitar Anda tinggal.

  1. Menjual Produk Hasil Pertanian

Salahsatu kesulitan para petani adalah mendapatkan harga yang menguntungkan bagi produk pertanian yang mereka hasilkan. Karenanya, menjadi penjual produk hasil pertanian adalah salahsatu potensi usaha yang tidak akan ada habisnya.

Baca Juga  Peluang Usaha Yang Bagus di Desa Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan

Ada bisa mengambil beberapa jenis produk hasil pertanian saja untuk dijual misalnya khusus beras. Bisa juga menyediakan beberapa produk sekaligus misalnya beras, kedelai dan jagung.

Pada skala bear produk seperti ini sangat dibutuhkan banyak perusahaan pengolah produk turunan seperti produk tepung, susu kedelai dan banyak lagi. JIka Anda bisa mendapatkan para pembeli dengan kualifikasi besar, maka usaha ini bisa sangat luar biasa.

Kenapa luar biasa, karena semua orang membutuhkan aneka produk pertanian untuk dikonsumsi setiap hari dan itu berarti pasar Anda akan selalu membutuhkan dan yang membutuhkan adalah semua orang.

Itulah beberapa peluang usaha pertanian di desa  yang bisa Anda pilih untuk dijadikan usaha penghasil rupiah. Jika dikelola secara baik, beberapa jenis produk pertanian saja bakal membawa Anda pada tingkat kesejahteraan yang sangat baik.

Ini adalah berbagai peluang yang seharusnya dilihat oleh anak-anak muda terutama yang tinggal di pedesaan. Desa sesungguhnya punya banyak potensi yang jika dikembangkan dengan baik bakal bisa menghasilkan pendapatan lebih besar dari orang-orang yang bekerja di kota.

Lagipula tinggal di desa tidak membutuhkan biaya setinggi orang kota. Maka, Anda bakal punya tingkat pendapatan seperti orang kota tetapi denga tingkat pengeluaran yang tetap saja mengikuti pola warga desa. Pola seperti apa?

Warga desa yang memiliki semangat tinggi mengembangkan potensi pertanian maka akan mendapatkan beberapa keutungan sekaligus. Pertama, memiliki ketahanan pangan dengan cara yang sangat efisien karena merupakan produk milik sendiri. Kedua, menghasilkan income yang bisa menghidupi keluarga.

Jadi, peluang usaha pertanian di desa adalah salah satu cara agar anak-anak muda mulai sadar betapa desa mereka sesungguhnya memendam tambang emas berupa lahan dan produk pertanian yang menunggu untuk dijalankan. (aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here