Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar di Desa Terpencil

1
135852
Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar di Desa Terpencil

Peluang usaha modal kecil untung besar di desa terpencil adalah jenis usaha yang sedang didorong pemerintah. Usaha jenis ini biasanya justru berkait dengan potensi unik desa terpencil itu. Misalnya, potensi alam yang jarang dimiliki desa-desa di wilayah lain.

Seperti yang terjadi pada Wae Rebo. Wae Rebo adalah desa adat kecil nan unik di atas pegunungan di Kecamatan Satarmese Barat, Kabupaten Manggarai. Anda harus mendaki selama beberapa jam untuk bisa sampai di tempat ini.

Tapi anehnya, meski memiliki jarak tempuh yang begitu jauh lagi berat, Wae Rebo adalah salah satu desa adat yang sangat dikenal diseluruh dunia dan menjadi salahsatu tujuan wisata yang paling disukai turis dunia.

Itu terjadi karena Wae Rebo memiliki pesona nan unik yang tidak dimiliki desa manapun yakni adanya tujuh rumah adat bernama Mbaru Niang. Ini adalah rumah tempat warga desa ini tinggal. Berbentuk kerucut dan memiliki empat lantai, rumah ini ditinggali beberapa keluarga.

Uniknya, jumlah Mboru Niang tidak akan pernah lebih dari tujuh. Jika jumlah warga dianggap terlalu banyak, maka aka nada keluarga yang harus meninggalkan kampung itu dan tinggal di bagian desa yang lain. Inilah keunikan Wae Rebo yang membuatnya mendunia, selain karena pemandangan alam nan elok.

Usaha modal kecil untung besar di desa terpencil bisa ditelusuri dari keunikan seperti ini. Desa wisata yang menyedot wisatawan karena keunikannya adalah jenis usaha yang tidak memerlukan modal besar dalam bentuk uang karena modalnya lebih berupa modal sosial.

Maka peluang usaha modal kecil untung besar di desa terpencil bisa dibagi dalam dua hal:

A. Usaha yang dilakukan secara personal atau sekelompok kecil warga

Yaitu usaha yang modalnya memanfaatkan kekayaan alam yang ada di desanya dengan menciptakan produk-produk kreatif. Jenis usaha seperti ini juga bisa dilakukan dalam hal jasa.

Baca Juga  Peluang Usaha Jasa Menguntungkan Yang Layak Anda Lirik

Beberapa jenis peluang usaha ini seperti:

  1. Usaha pembuatan makanan kecil

Di Kabupaten Lombok Utara banyak kelompok ibu-ibu berkumpul untuk memproduksi makanan dari berbagai jenis tumbuhan yang mereka tanam di kebun. Misalnya, memprodksi ceriping pisang manis dan aneka makanan kecil turunan dari pisang.

Pisang dipilih karena desa mereka banyak sekali pohon pisang sehingga pisang-pisang yang telah masak serungkali terbuang percuma.

Berkat keahlian para ibu kini pisang-pisang itu menjelma menjadi makanan kecil dalam kemasan cantik di berbagai toko dengan cita rasa yang memanjakan lidah.

Ada beragam jenis makanan yang bisa dibuat dengan berbahan potensi lokal. Misalnya olahan makanan berbahan dasar salah di Sleman, Yogyakarta. Banyak ibu mengolah sala menjadi aneka jenis makanan seperti dodol hingga sirup.

Para pengolah salak ini mendapatkan keuntungan besar karena mengubah buah salak menjadi jenis makanan yang memiliki cita rasa khusus dan mengandung gizi yang tinggi.

  1. Membuat Aksesori

Aksesori adalah produk kreatif yang mudah membuat orang jatih cinta karena keindahannya yang unik dan khas. Hampir setiap daerah memiliki kemamuan menciptakan aksesoris unik dengan berbagai bahan yang ada di daerah mereka.

Ini yang dilakukan kelompok ibu-ibu di Dayak dengan menciptakan aneka aksesori berbahan manik-manik khas Kalimantan. Kekhasan manik-manik yang disebut mutu manikam itu kini banyak menjadi bagian dari berbagai pagelaran fashion dunia.

Hal yang sama bisa dilakukan dengan bahan kayu, kulit, kertas dan kain serta bahan lainnya. Di Bantul, banyak ibu rumah tangga menyulap kulit-kulit sisa pabrik tas menjadi gelang-gelang cantik yang dijual di ratusan obyek wisata dan sepanjang Malioboro.

Di kampung-kampung Bantul warga menggunakan sisa kain dari perusahaan konveksi disulap menjadi tas belanja. Aneka kerajinan lampion dan souvenir juga dibuat dari limbah kertas, kau, kain dan sebagainya.

Baca Juga  Contoh Usaha Potensial Di Desa

Aneka kerajinan seperti ini bisa menjadi salahsatu jenis usaha modal kecil untung besar di desa terpencil dengan menjual produknya ke kota.

  1. Jual Beli Online

Hidup desa terpencil tidak berarti tidak bisa menciptakan rejeki. Sepanjang ada jaringan internet, Anda tetap bisa menjalankan bisnis sebagaimana dilakukan orang-orang di kota. Salahsatunya jual beli online melalui smartphone.

Kegiatan usaha ini tidak perlu tempat khusus untuk memajang produk karena Anda hanya menjualkan produk orang lain. Produk yang Anda jual juga Anda erolah melaui online dengan cara melihat toko orang lain (dropship) dan memilih produk-produk yang menarik untuk dijual.

Hebatnya usaha ini, Anda bahkan tidak perlu mengeluarkan modal untuk kulakan karena yang terpenting Anda hanya harus mendapatkan pembeli saja. Pengemasan dan pengiriman bakal diurus toko tempat Anda mendapatkan barang. Anda tinggal menikmati selisih harga dari yang ditetapkan toko dan harga yang Anda bandrol.

B. Usaha yang dilakukan bersama kelompok besar warga

Salah satu cara membangun usaha modal kecil untung besar di desa terpencil adalah dengan melakukannya bersama orang banyak alias banyak warga. Apa saja yang bisa dilakukan dengan cara ini:

  1. Mengelola Desa Wisata

Desa wisata mensyaratkan banyak orang terlibat di dalamnya. Hal itu dikarenakan desa wisata melibatkan banyak aspek sekaligus. Pertama, aspek alam terutama desa wisata yang

menjual potensi wisata alam seperti Wisata Gunung Api Purba Nglanggaran, Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta.

Desa wisata bakal lebih terorganisir jika warga membentuk Kelompok Sadar Wisata alias Pokdarwis. Pokdarwis inilah yang kemudian menangani berbagai kegiatan pengelolaan dan pengembangan wisata.

Ini adalah jenis kegiatan usaha moda kecil untung besar di desa terpencil yang sangat layak dijalankan bagi desa-desa yang memiliki pesona wisata nan indah. Banyak kampung di Pulau Bali mengalami peningkatan ekonomi dengan mengelola obyek wisata di desa.

Baca Juga  Peluang Usaha Tanpa Modal di Desa yang Bisa Menarik Anda Jalankan

Hal yang sama juga banyak dilakukan warga di desa-desa di Yogyakarta. Dengan bahu-membahu dan mengedepankan kerjasama antar-warga, banyak obyek wisata desa akhirnya menjadi tujuan wisata ternama dan menjadi roda ekonomi baru yang meningkatkan kesejahteraan hidup warga desa.

  1. Membangun unit usaha bersama

Usaha modal kecil untung besar di desa terpencil bisa dilakukan dengan bersama-sama warga yang lain membangun suatu unit usaha. Cara ini memiliki keunggulan yakni bisa mengumpulkan modal yang besar dengan cara iuran seluruh anggota komunitas.

Namun karena melibatkan banyak orang maka jenis usaha seperti ini harus diwadahi dengan organisasi atau perkumpulan. Perkumpulan ini harus memiliki aturan main yang jelas. Salahsatu lembaga ekonomi yang bisa digunakan adalah koperasi.

Proses melahirkan lembaga seperti ini butuh waktu dan tidak bisa dipaksakan. Melainkan harus melalui proses curah pendapat dan musyawarah yang mewakili suara para anggota komunitas usaha itu.

Soalnya jika proses dipaksakan maka sangat mungkin bakal terjadi konflik antar-anggota ketika proses usaha sedang berlangsung. Jika konflik terjadi, bukannya laba yang didapat melainkan malah masalah sosial yang datang.

Contoh Usaha seperti ini dilakukan desa yang sebagian warganya memiliki mata pencaharian yang sama misalnya petani sawit. Agar para petani bisa tetap mendapat bibit, pembiayaan pupuk dan sebagainya, para petani membentuk koperasi yang berfungsi menyediakan bibit, pupuk dan melakukan pembelian hasil panen.

Itulah berbagai usaha modal kecil untung besar di desa terpencil yang bisa memiliki prospek cerah di masa depan. Alhasil, sesungguhnya letak desa yang terpencil tak perlu lagi jadi hambatan mengembangkan ekonomi warga. Bravo Desa!(adji/berdesa)

1 KOMENTAR

  1. Yang paling aku suka adalah yang Mengelola Desa Wisata ini min, banyak juga yang memanfaatkannya di desa saya, apalagi ada pantai yg tergolong bersih dan enak dipandang, akhirnya menjadi tujuan wisata juga setiap harinya. Alhasil, ini menjadi kesempatan bagi warga untuk memanfaatkannya sebagai income utama maupun sampingan..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here