Peluang Usaha Minuman Dingin, Menguntungkan dan Sehat

0
2756
Peluang usaha minuman dingin

Peluang usaha minuman dingin menjadi salah satu usaha yang tak pernah mati. Apalagi bagi negeri dengan cuaca yang hangat bahkan panas seperti Indonesia.  Apa yang lebih menyegarkan selain meneguk minuman dingin di tengah siang bolong?

Itulah yang membuat minuman dingin selalu dicari semua orang untuk menyejukkan tenggorokan. Begitu disukainya minuman dingin sehingga  membuatnya menjadi peluang usaha yang menarik untuk dicoba.

Begitu manisnya peluang usaha minuman dingin ini sehingga kini ada beragam-ragam jenis minuman dingin yang bisa Anda temukan di pinggir jalan dari mulai yang berjualan menggunakan gerobak dengan harga yang dibandrol murah-meriah hingga kafe dengan harga puluhan ribu untuk satu gelasnya.

Namun sebelum memulai untuk masuk pada peluang usaha minuman dingin ini ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan yakni:

Pelajari selera konsumen

Anda harus bisa membaca selera konsumen yang Anda bidik. Ini sangat tergantung dengan siapa saja yang Anda bidik untuk datang ke tempat Anda atau siapa yang kira-kira baka lewat depan warung Anda dan tertarik untuk mampir dan membeli.

Hal ini juga penting untuk menentkan harga produk minuman dingin yang Anda sajikan. Di daerah-daerah dekat kampus perguruan tinggi misalnya, kafe yang memasang harga ramah bagi kantung mahasiswa  yang laris. Soalnya, mahasiswa masih mengandalkan kiriman orangtuanya.

  1. Higienis

Mencari uang adalah adalah tujuannya tetapi jangan sampai mencelakai orang dengan produk apapun. Terutama jenis minuman yang langsung berurusan dengan tubuh orang. Maka pastikan semua bahan yang Anda gunakan telah dicuci bersih, bebas kuman dan penyakit.

Keuntungan sebesar apapun bakal tidak ada nilainya jika ternyata membuat orang lain celaka karena penyakit atau gangguan kesehatan yang datang akibat mengkonsumsi produk yang kita jual.

Higienis berarti harus pula ditunjukkan dengan tempat, peralatan dan alat yang bersih terawatt. Jangan sampai tetesan minuman berceceran. Selain tidak seap dpandang, itu juga mengundang lalat yang sekaligus membawa bibit penyakit.

Baca Juga  Usahadesa, E-Commerce Gerbang Produk Desa Menuju Dunia

2. Tampilan yang menarik

Untuk mengundang minat orang datang dan membeli, Anda harus membuat tampilan warung sederhana Anda dengan berbagai ornament yang menarik. Mulai dari spanduk kecil dengan huruf warna-warni dan gampang dibaca hingga penataan tempat dan alat yang rapi dan bersih.

Jika beberapa hal di atas telah Anda penuhi maka saatnya dagangan digelar. Tetapi, apa saja produk minuman dingin yang ayak disuguhkan untuk menarik minat para pembeli. Berikut ini beberapa pilihan jenis minuman yang layak Anda ciptakan sebagai dagangan Anda:

3. Capuccino cincau

Minuman cincau dingin dengan gula aren saja sudah menarik, apalagi jika ditambahi dengan cita rasa modern yang saat ini juga sedang boom. Beberapa pilihan rasa yang bisa Anda campurkan adalah rasa vanilla dan cappuccino late.

Bukan hanya rasanya yang bakal memincut lidah semua orang tetapi campuran vanilla dan cappuccino juga bakal memberikan efek warna yang unik dan menarik bagi minuman ini. Bakal tambah menarik jika Anda menyiapkan cup plastik yang bisa membuat minuman ini ditenteng untuk di minum di perjalanan.

4. Sari tebu asli

Peluang usaha minuman dingin lainnya adalah minuman dengan raa manis alami dan cita rasa klasik. Inilah sari tebu asli, minuman dingin dengan menggunakan air perasan tebu yang manisnya tak akan disamai jenis minumn apapun.

Untuk memulai bisnis ini hanya diperlukan alas pemeras tebu yang kini gampang didapatkan. Bahannya juga sederhana, batang tebu yang bisa disimpan beberapa hari. Lalu siapkan es batu kecil-kecil untuk menciptakan rasa dingin yang menyejukkan di siang yang terik.

Racikan sederhana ini terbukti ampuh membuat banyak orang jatuh cinta. Usaha kecil yang sederhana ini terbukti mampu menghasiilkan ratusan ribu dalam beberapa hari saja.

5. Es pisang ijo

Baca Juga  Beberapa Cara Membangun Gerakan Cinta Produk Indonesia

Jenis minuman ini berasal dari Makassar. Disajikan dengan bubur sumsum dan sirup manis dengan warna yang membuat liur bisa meleleh saking menggiurkannya. Karena rasanya yang disukai banyak orang, dengan cepat minuman ini menjadi salahsatu minuman idola anak muda di kota-kota seluruh Indonesia.

Begitu hebatnya pesona es pisang ijo sehingga seorang Riezka Rahmatia, ibu-ibu asal Lombok, berhasil membangun ratusan gerai di berbagai kota di Indonesia dan menghasilkan omset tak kurang dari Rp. 10 milyar sebulan.

Apa yang dicapai Riezka bukan tidak mungkin bakal juga diraih oleh Anda. Hebatnya usaha ini adalah, bisa dimulai dengan modal hanya Rp. 300 ribu saja. Kualitas pisang menjadi kunci dalam usaha ini.

6. Aneka Jus Buah Segar

Peluang usaha minuman dingin selanjutnya adalah depot jus buah segar. Usaha yang satu ini memiliki penggemar paling banyak.  Soalnya, kesegaran buah alami memang tidak bisa ditandingi kesegarannya.

Cita rasa buah asli yang segar dengan rasa dingin yang menyertainya adalah kombinasi yang akan membuat warung jus selalu memiliki penggemar. Tambah cantik lagi jika dikemas dalam wadah plastik yang cantik dan bisa ditenteng kemana-mana.

Anda hanya butuh meja dan perlengkapan untuk menciptakan tatanan yang cantik buah-buahan yang Anda siapkan, beberapa mixer dan es batu. Hra yang umum dipasag untuk segelas jus buah segar ini antara Rp. 7.000 – 12.000, tergantung jenis buah yang diinginkan pembeli.

Tak perlu diragukan, usaha seperti ini bakal bisa menghasilkan beberapa juta pendapatan dalam sebulan.

7. Minuman ringan es dawet

Jenis minuman yang satu ini termasuk peluang usaha minuman dingin yang paling memukau. Cita rasa tradisional yang eksotis membuatnya sulit ditandingi cita-rasa minuman modern.

Menggunakan berbagai campuran bahan lokal untuk membuat cendolnya bertemu dengan gula Jawa berwarna kecokelatan membuat tampang es dawet makin              mengundang selera.

Baca Juga  Melimpahnya Keuntungan Hidroponik Milik Sendiri

Dawet hitam Banjarnegara adalah salahsatu jenis dawet yang paling populer terutama di kota-kota di Jawa Tengah. Meski hanya memiliki beberapa unsur bahan tetapi dawet ini terbukti mampu menghipnotis banyak orang karena rasanay yang manis menyegarkan.

Peluang usaha minuman dingin jenis es dawet ini tidak butuh modal dan perkakas rumit. Anda bahkan bisa membukanya bahkan I pinggir jalan dengan modal hanya Rp. 20 ribu saja. Akan lebih baik lagi jika Anda membukanya dengan meletakkan ‘perangkat alat pemikul’ yang biasanya digunakan para penjual dawet di masa lalu di warung Anda.

Aksesoris ini sanat khas dan lekat dengan jenis minuman ini, maka aka menambah daya tarik orang untuk duduk berhenti menikmati segarnya dawet di siang hari.

Beberapa jenis minuman di atas adalah pilihan-pilihan usaha yang bisa dimulai dari modal Rp. 300 ribu saja. Peluang usaha minuman dingin seperti ini juga tidak butuh terlalu banyak tenaga untuk menjalankannya.

Bahkan bisa dilakukan sendirian dan dibuka di depan rumah jika rumah Anda terletak di jalan yang ramai dilalui orang lewat. Selain modal kecil, minuman dingin sangat tepat disajikan atau dijual siang hari ketika terik sedang panas-panasnya.

Jangan salah meski bisa dijalankan dengan modal kecil tapi usaha seperti ini bisa menghasilkan uang yang cukup mengagetkan. Hebatnya lagi, orang akan membeli minuman-minuman dingin menyegarkan ini dengan cash sehingga Anda akan selalu memiliki cash flow alias putaran uang yang aman.

Untuk menciptakan efisiensi, ada baiknya Anda memiliki freezer alias lemari pendingin untuk menyimpan berbagai bahan agar tidak gampang basi. Juga sebagai alat pembuat es batu yang efisien karena es bisa dibikin sendiri.

Selain efisien, pembuatan es batu sendiri juga memastikan es Anda terbuat dari air matang sehingga aman bagi kesehatan. Jadi, kenapa tidak segera dimulai? (aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here