Peluang Usaha Minuman di Desa Yang Menjanjikan

0
349
Peluang Usaha Minuman di Desa Yang Menjanjikan

Peluang usaha minuman di desa sangat besar tetapi belum banyak digarap orang. Soalnya, sebagian besar orang desa malah mengikuti gaya orang kota yang suka mengkonsumsi minuman instan. Padahal di desa ada banyak jenis minuman yang bakal menjadi bisnis besar jika digarap serius. Tidak percaya?

Pernahkah Anda berpikir bahwa semua bahan minuman yang beredar di dunia ini bahan utamanya adalah berbagai jenis tanaman. Dimana tanaman itu bertumbuhan, di desa atau bahkan di hutan. Mulai dari teh, kopi hingga madu hutan yang ada di hutan belantara.

Lalu orang-orang kota membuat perasa buatan untuk menyamai rasa alami aneka tumbuhan itu. Hasilnya, karena gencarnya propaganda, semua orang lalu jatuh cinta pada minuman instan. Padahal, minuman asli buatan orang desa sesungguhnya memiliki kandungan yang jauh lebih sehat bagi semua orang.

Ada dua keunggulan besar yang dimiliki minuman buatan desa sekaligus bisa menjadi promosi yang menguntungkan. Apa sajakah itu:

  1. Minuman buatan warga desa dibuat berdasar resep turun-menurun dengan cara alami dan bebas bahan kimia. Hal ini menjadikn minuman khas desa memiliki khasiat kesehatan yang tinggi dan tidak membahayakan konsumennya.
  2. Minuman khas desa memiliki rasa yang unik yang tak dimiliki minuman manapun. Soalnya menggunakan bahan-bahan alami yang hanya ada di desa. Cita rasa seperti itu tak bisa ditandingi oleh bahan buatan.
  3. Memanfaatkan peluang usaha minuman di desa berarti turut membantu ekonomi desa, memberdayakan alam dengan bijak dan menciptakan masyarakat sehat.

Lalu bagaimana caranya memanfatkan tiga keunggulan ini menjadi ide usaha yang bisa meraup keuntungan rupiah bagi pengelola usahanya. Seharusnya tidak perlu dianggap sulit. Bukankah ada banyak minuman yang digemari banyak orang karena cita rasa alami-nya.

Misalnya Kopi Gayo, Kopi Toraja, Wedang Uwuh dan beberapa nama yang lain adalah deretan jenis minuman yang menggunakan nama tempat komoditas itu tumbuh sebagai daya jualnya. Maka, beberapa jenis minuman yang bisa Anda jadikan usaha adalah:

  1. Kopi
Baca Juga  Mitra Swadesa, Toko Online-Offline Produk desa

Tidak menyukai kopi berarti orang yang hidupnya sangat merugi. Begitulah peribahasa untuk menggambarkan betapa hebatnya biji kopi menciptakan rasa minuman. Tak perlu diragukan pula kualitas kopi negeri ini. Indonesia adalah salahsatu negeri yang memiliki kopi terbaik di dunia setelah Brazil.

Jika Anda tinggal di daerah penghasil kopi, Anda bisa menciptakan produksi kopi racikan Anda sendiri. Peluang usaha minuman di desa seperti ini sudah banyak dilakukan warga di daerah produsen kopi seperti Gayo, Aceh dan sebagainya. Juga Toraja bahkan Magelang di Jawa Tengah.

Bukan itu saja, ada pula racikan kopi dengan dipertemukan dengan berbagai komoditas lain seperti Salak di Sleman, Yogyakarta dan sebagainya. Anda bisa meracik jenis kopi seperti ini dengan lebih dahulu menguji cita rasanya. Percayalah, konsumen kopi tak pernah sepi sepanjang masa.

  1. Memproduksi Teh

Teh adala jenis minuman yang juga memiliki penggemar di seluruh dunia. Hebatnya, teh memiliki ribuan macam jenis sesuai dengan karakter daerah penghasil the mulai dari teh klasik hingga teh dengan rasa tertentu seperti teh melati dan sebagainya.

Rahasia teh ada pada cara mengolahnya. Para petani teh di setiap daerah memiliki cara tersendiri memperlakukan daun teh hingga menjelma menjadi teh dengan cita rasa luar biasa. Begitu hebatnya teh sehingga jenis minuman ini telah menajdi ritual harian bagi semua orang.

Jika Anda memiliki kemampuan meracik teh, ada baiknya mulai berpikir menjalankan ide ini. Buat nama merek sendiri dengan meski Anda bahkan tidak punya kebun teh sendiri. Tidak harus memiliki kebun teh untuk bisa menjalankan usaha ini.

Anda tinggal berkerjasama dengan para petani teh lalu sehingga justru Anda menciptakan banyak peluang kerja karena melibatkan petani.

  1. Minuman Rempah
Baca Juga  Peluang Usaha Kuliner Pengumpul Rupiah Masa Kini

Kenapa minuman hanya identik dengan teh dan kopi, padahal di lingkungan tempat tinggal kita ada banyak bahan minuman yang luar biasa: minuman rempah. Seperti yang dilakukan warga Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Warga desa ini menciptakan Weang Uwuh yang kini sangat populer.

Wedan uwuh adalah campuran daun pala, cengkih, jahe, kayu manis, secang. Disebut uwuh alias sampah karana bahan-bahan ini dicampur begitu saja sehingga mirip sampah (uwuh).

Campuran berbagai bahan itu terbukti menciptakan rasa minuman yang unik karena mengandung beberapa rasa sekaligus seperti manis, kecut dan pedas jahe dalam satu gelas. Uniknya cita rasa Wedang Uwuh segera membawa nama minuman ini ke telinga semua orang.

Ditunjang Jogja sebagai Kota Wisata, nama Wedang Uwuh seger amenjadi ikon baru bagi wisata itu sendiri.

Beberapa ibu rumah tangga lalu mengembangkan wedang rempah ini menjadi sebuah usaha di Bantul. Mereka membeli jahe, mengiris lalu menjemur. Agar terhindar dari bakteri dari debu yang menempel, seluruh proses ini dilakukan dengan sangat higienis.

Memberi nama usahanya Desarasa, kelompok ibu ini menciptakan aneka minuman rempah hasil racikan mereka sendiri. Maka munculah nama Wedang Jancruk, kependekan dari Jahe Kencur Jeruk nipis dikeringkan. Ada pula Wedang Salam dengan bahan utama dan beberapa ramuan lain.

Beberapa racikan ini dibungkus dengan plastic ukuran sachet lengkap dengan stiker cantik sehingga memincut hati para wisatawan yang datang menikmati Yogyakarta. Para ibu ini lalu menjadikan pemasaran online untuk menjual minuman racikannya.

Penjualan online terbukti sangat tepat bagi produk ini. Kondangnya wisata Yogyakarta yang  identik dengan alam pedesaan nan asri membuat wedang rempah banyak menarik minat orang di berbagai kota seperti Jakarta, Surabaya dan berbagai kota besar lainnya.

Peluang usaha minuman di desa yang satu ini bukan hanya unik dari cita rasa melainkan juga memberikan khasiat yang unggul menjaga kesehatan orang yang meminumnya. Selain itu, minuman ini juga menciptakan banyak peluang pendapatan baru bagi warga desa karena komoditas rempat yang digunakan memang di tanam warga.

  1. Warung Jus Buah
Baca Juga  Borneo Be, Keindahan Aksesori dan Budaya

Membuka warung khusus jus buah adalah peluang usaha minuman di desa yang kini memiliki banyak penggemar. Warga masyarakat pedesaan kini juga sudah sadar betapa pentingnya mengasup makanan dan minuman sehat.

Jus buah punya dua kehebatan yang tidak dimiliki jenis minuman yang lain. Pertama, rasanya yang sangat khas karena berbahan buah asli. Rasa itulah yang membuat semua orang jatuh cita pada bakul jus dipinggir jalan.

Warung jus tidak butuh modal terlalu besar, Anda hanya harus menemukan tempat di pinggir jalan yang ramai untuk mengundang para pembeli mampir dan datang ke warung kecil Anda.

  1. Kedai Kopi

Tak di kota tidak di desa, kedai kopi adalah tempat yang selalu memiliki penggemar sendiri. Di pedesaan, membuka kedai kopi bisa dilakukan dilkukan di manapun meski pinggir jalan tetap lebih strategis.

Peluang usaha minuman di desa yang satu ini mengharuskan suasana yang sejuk tenteram dengan tata ruang yang nyaman. Tak harus mahal atau mewah, Anda bahkan bisa menggunakan lincak atau kursi bambu dan berbagai perkakas khas desa.

Belanja bahan minuman seperti kopi, teh, gula pasir dan beberapa kebutuhan lain bisa dibelanjakan dalam beberapa hari sekali sehingga tidak terlalu merepotkan. Untuk menciptakan omzet lebih besar, Anda bisa memasukkan berbagai menu makanan untuk para pegunjung.

Itulah beberapa pilihan peluang usaha minuman di desa.  Ada begitu banyak yang bisa dikembangkan menjadi komoditas minuman di desa. Soalnya, jenis penguasa pasar minuman sekarang ini adalah minuman kemasan sehingga minuman khas desa sangat berpeluang untuk menjadi besar. (dji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here