Peluang Usaha Menjanjikan di Desa Yang Bisa Anda Kembangkan

0
4394
Peluang Usaha Menjanjikan di Desa Yang Bisa Anda Kembangkan

Peluang usaha menjanjikan di desa terbuka lebar kini. Ini terjadi berkat kehadiran internet dan berbagai media sosial yang mengalirkan banyak informasi baru ke desa. Tak hanya pengetahuan warga desa yang kemudian bertambah melainkan juga gaya hidup.

Hasilnya, berbagai hal yang selama ini hanya dilakukan orang-orang kota kini sudah sudah ada di desa. Perubahan ini pula yang kemudian membuka peluang usaha menjanjikan di desa sekarang. Namun, tak berarti setiap usaha bisa dikembangkan, tergantung situasi sosial masyarakatnya.

Untuk memastikan peluang usaha menjanjikan di desa menjadi ladang rejeki Anda, ada beberapa proses yang harus dilakukan untuk menemukan peluang paling jitu:

  1. Survei

Sebelum memutuska membuka usaha, lakukan pengamatan secara detail pada kegiatan warga desa Anda. Lalu temukan apa saja yang dibutuhkan warga alam kehidupan sehari-hari di desa dan belum bisa didapatkan warga.

Misalnya, warga masih kesulitan mendapatkan berbagai kebutuhan konstruksi. Maka buatlah toko bangunan. Dari situlah kemudian bisa dikembangkan berbaga usaha termasuk jasa konstruksi.

2. Sesuai bakat minat bakal lebih baik

Anda juga bisa menggali peluang dari bakat minat Anda sendiri. Adakah bakat minat yang bisa Anda kembangkan menjadi usaha baik produk atau jasa yang dibutuhkan banyak orang. Soalnya bekerja berdasar bakat minat bakal jauh lebih nikmat bagi Anda.

3. Amati, Tiru dan Modifikasi

Cara paling sederhana adalah carilah jenis usaha yang sesuai dengan peluang yang ada di desa Anda, tit apa yang sudah berjalan itu dan modifikasi sesuai kebutuhan dan kebutuhan konsumen. Bukan hanya agar berbeda dengan apa yang Anda tiru melainkan juga untuk menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen di desa Anda.

Dengan bekat tiga hal di atas, maka Anda bisa mulai melangkah untuk menemukan berbagai prospek yang bisa Anda kembangkan. Apa saja peluang usaha menjanjikan di desa, berikut ini beberapa pilihannya:

  1. Usaha Jasa Pencucian Pakaian

Orang-orang di desa juga sudah mulai berpikir untuk hidup lebih praktis sekarang. Jika dahulu kala gadis-gadis desa beriringan pergi ke sungai untuk mencuci, lupakan cerita itu, kini mereka lebih suka mengusung pakaian kotornya ke laundry alias tempat penyedia jasa mencuci dan seterika pakaian.

Baca Juga  Standar Pengelolaan Homestay

Soalnya, mencuci sendiri pakaian membutuhkan banyak tenaga, biaya dan terutama menyeterika yang menghabiskan waktu berjam-jam itu. Daripada habis waktu dan masih harus membeli deterjen, tagihan air yang menanjak dan menyedt listrik untuk menyeterika, mereka memilih jasa penucian sebagai gantinya.

Usaha ini tak butuh banyak moda bahkan bisa dijalankan hanya dengan bermodal dua mesin cuci saja dan seterika. Modal lain adalah timbangan dan halaman rumah untuk menjemur pakaian.

Usaha ini bahkan bisa dijalankan dengan satu tenaga saja karena pekerjaannya adalah menimbang pakaian kotor, mengelompokannya dengan tempelan kertas minyak anti air lalu mesin cuci akan menyelesaikan sendiri urusan kucek-mengucek.

Setelah kering, Anda tinggal menyeterika lalu membungkusnya. Pastikan pakaian tidak tertukar dengan pakaian orang lain. Ini tidak perlu terjadi karena sudah ada kode khusus yang akan memisahkan rombongan pakaian dari tumpukan pakaian orang lain. Mudah bukan?

  1. Usaha di bidang kuliner

Usaha di bidang makanan adalah peluang usaha menjanjikan di desa. Jangan salah, warga desa sekarang ini sudah sangat sadar pentingnya menikmati hidup seperti halnya warga kota. Salahsatunya, menikmati aneka jenis makanan untuk memanjakan lidah mereka.

Peluang usaha menjanjikan di desa yang satu ini juga bisa dilakukan Anda sendiri. Caranya, Anda harus memiliki kemampuan mengolah jenis masakan khusus misalnya jenis-jenis roti. Anda tidak harus memiliki toko atau gerai khusus untuk menjualnya karena Anda bisa menitipkan ke toko orang lain.

Dengan kemasan yang cantik dan cita rasa yang unggul, sudah pasti roti buatan Anda bakal cocok bagi lidah banyak orang. Untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak, sebaiknya Anda aktif menawarkan dagangan melalui media sosial dan sharing pada nomor-nomor HP warga kampung Anda sebanyak mungkin. Cara ini sangat efektif mengundang mereka untuk membeli.

Baca Juga  Mau Buka Salon di Desa? Berapa Modalnya?

Agar lebih menarik, Anda harus bisa menyajikan foto yang cantik untuk diperlihatkan pada para calon konsumen melalui media sosial. Jangan lupa menawarkan pembuatan roti untuk kebutuhan partai besar seperti hajatan atau rapat desa dan berbagai acara pertemuan lainnya.

  1. Usaha Bidang Pertanian Organik

Pangan adalah kebutuhan yang tidak ada matinya. Sekarang ini orang-orang kota mulai getol membangun gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi jenis makanan organik. Terutama beras dan sayur organik.

Kebutuhan ini membuat pertanian organik menjadi salahsatu peluang usaha yang menjanjikan di desa karena kebutuhan akan pangan organik bakal terus-menerus meningkat. Pemasaran produk ini terutama di daerah perkotaan.

Modal paling besar yang Anda miliki adalah lahan persawahan yang luas yang mana tidak dimiliki orang-orang di kota.

Tetapi butuh proses khusus untuk jenis bisnis yang satu ini karena produk organik memang hanya bisa dihasilkan dengan perlakuan khusus. Artinya, Anda harus merubah cara bertanam sayur Anda menjadi organik, salahsatunya dengan tidak menggunakan pupuk kimia dan mengupayakan penggunaan air yang tidak terkontaminasi oleh bahan kimia apapun.

  1. Menjual Menu Makanan Khas Desa Melalui Online

Tahukah Anda, sekarang ini semua orang memburu hal-hal yang sangat khusus. Salahsatunya, menu makanan yang hanya ada di daerah pedesaan. Salahsatunya adalah belalang. Ya, berkat adanya internet sekarang ini ada banyak warga desa di Bantul dan Gunungkidul mengeruk banyak keuntungan dengan menjual belalang goreng.

Belalang didapatkan secara manual oleh warga lalu digoreng dan dipasarkan secara online. Eksotisme belalang yang kriuk-kriuk terbukti mujarab membuat banyak orang kepincut untuk mencicipinya. Karena didapatkan dengan cara manual maka harga belalang tidak bisa dibeli murah.

Nah, inilah uniknya makanan khusus yang cenderung ekstrim: bisa dijual dengan harga tinggi karena tidak mudah mendapatkannya dan tidak gampang pula mencari tempat untuk mengumpulkannya.

  1. Jualan Produk Desa Melalui Online
Baca Juga  Inilah Peluang Usaha di Desa dengan Keuntungan yang Menjanjikan dan Modal Relatif Kecil     

Keahlian khusus yang dimiliki orang desa dalam menciptakan produk tertentu adalah pelang usaha menjanjikan di desa yang wajib dikembangkan. Hal itu sudah terbukti ampuh mensejahterakan warga Jepara karena kemampuan mengukir kayu yang legendaris itu.

Setiap desa pasti memiliki kelompok warga yang mempunyai keahlian tertentu. Nah, lakukan kurasi pada produk itu, apakah memiliki nilai jual yang tinggi.

Seperti yang dilakukan warga Desa Tammangalle, Balanipa, Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Sarung hasil tenunan para perempuan desa ini kini laris manis di berbagai daerah setelah dijual melalui media sosial.

  1. Membuka Jasa Pengiriman Paket

Sekarang ini ada banyak orang yang melakukan jual beli online. Pengiriman paket menjelma menjadi salahsatu peluang usaha menjanjikan di desa berkat tingginya transaksi jual beli online.

Nah, agar warga desamu tidak perlu ke kota untuk mengirimkan paket dan sebaliknya, agar warga desamu bisa mendapatkan barang yang dikirimkan melalui paket dengan lebih mudah, maka mendirikan jasa pengiriman paket sungguh layak Anda pilih menjadi usaha.

Agar mendapatkan kemudahan lebih tinggi lagi, Anda bisa meluncurkan layanan antar-jemput barang. Jadi, perusahaan Anda akan menjual beberapa layanan sekaligus yakni Pertama, menerima pengiriman paket barang melalui berbagai perusahaan pengiriman. Loh kok?

Ya, jadi usaha layanan Anda bisa menyalurkan barang yang ingin dikirimkan warga desa melalui berbagai jasa perusahaan yang sudah mapan. Misalnya, ada warga yang ingin mengirim melalui layanan jasa perusahaan A, Anda layani, melalui perusahaan jasa B, dan berbagai perusahaan yang lain. Jadi, Anda berposisi sebagai pengepul produk yang akan dikirimkan melalui paket.

Itulah beberapa peluang usaha menjanjian di desa yang bahkan bisa Anda lakukan sendirian. Anda baru akan membutuhkan tenaga kerja tambahan jika volume usaha Anda mulai mengembang. Di luar semua itu, ketekunan dan kerja keras adalah salahsatu kunci keberhasilan Anda. Selamat mencoba. (adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here