Peluang Usaha Makanan Ringan di Desa

0
4100
Bisinis Makanan Ringan-01

Bisnis makanan ringan adalah bisnis yang akan selalu bisa dikembangkan baik di perkotaan maupun di pedesaan. Bisnis ini termasuk bisnis yang menggiurkan, karena paling gampang untuk mencapai laba yang cukup besar, apabila dapat dikemas dengan menarik atau diolah dengan citra rasa yang dapat membuat konsumennya ketagihan.

Sebut saja dahulu sempat booming beberapa nama keripik pedas yang sempat beredar di Bandung, dengan citra rasa pedasnya yang khas membuat beberapa merek keripik ini tidak hanya disukai di kalangan warga Bandung saja, namun juga hingga ke luar Bandung, ditambah pula dengan kemasannya yang menarik.

Pangsa pasar makanan ringan sendiri sangat besar sekali, setiap orang pasti menyukai makanan ringan sebagai pendamping saat santai atau bersantap, mulai dari anak-anak hingga orang tua pasti sangat menyukai makanan ringan ini. Dengan luasnya pangsa pasar makanan ringan, maka peluang besar bagi pelaku bisnisnya, terutama bagi pelaku bisnis makanan ringan di desa.

Ada beberapa kelebihan kenapa bisnis makanan ringan di desa sangat menguntungkan dibandingkan di kota, pertama adalah potensi untuk mengembangkan usaha di pedesaan sangat besar karena persaingan masih tidak terlalu ketat dibandingkan di perkotaan, kedua adalah biasanya bahan baku untuk olahan makanan ringan sendiri relatif lebih murah karena biasanya lokasinya di desa itu sendiri atau dekat dengan desa, sehingga bisa dibilang biaya untuk mendapatkan bahan baku makanan ringan itu bisa ditekan.

Baca Juga  Tinggal di Desa, Bingung Mau Usaha Apa? Coba Cek Usaha Satu Ini!

Yang ketiga adalah biaya pekerja untuk mengolah makanan ringan tersebut juga terbilang murah, karena gaji pegawai di pedesaan relatif lebih murah dibandingkan di perkotaan namun dengan kemampuan yang bisa tidak kalah dengan pegawai dari perkotaan.

Bagi pelaku bisnis makanan ringan di pedesaan dapat memulai dengan bisnisnya dengan modal yang relatif lebih kecil, tentunya skala bisnisnya kecil juga. Pelaku bisnis ini dapat mencoba menjual produknya untuk area pedesaan dahulu, sebagai uji coba respon pasar sebelum mencoba untuk menembus pasar yang lebih luas lagi.

Dalam membuat olahan makanan ringan, pastikan dahulu pasar yang akan menjadi target sasaran, misalkan apabila target pasar adalah orang-orang atau wilayah yang sangat menyukai makanan manis maka buatlah makanan ringan yang memang berasa manis, dengan beberapa inovasi rasa tentunya agar lebih menarik calon konsumen. Berikut ada beberapa jenis makanan ringan yang cukup populer dan bisa dikembangkan di pedesaan :

1. Kerupuk

Makanan ringan yang satu ini merupakan makanan yang sudah banyak dikenal seluruh masayarakat di perkotaan dan pedesaan, ada banyak bentuknya di tiap daerah dengan keunikan citra rasanya masing-masing. Rata-rata kerupuk ini dijual dengan harga yang relatif murah sehingga bisa dimulai dengan modal yang minim. Untuk memulai usaha ini di pedesaan, dapat dijalankan dengan membuat warung kecil atau dijajakan keliling pedesaan. Agar makin menarik minat pembeli, jangan lupa untuk membuat kemasan yang menarik.

Baca Juga  Keuntungan Adanya Undang-Undang Desa Untuk Masyarakat

2. Rempeyek

Makanan ini sudah banyak dikenal dan disukai oleh banyak kalangan, karena selain enak dinikmati sebagai makanan ringan, tapi juga dapat dinikmati sebagai lauk nasi. Bisnis rempeyek di pedesaan berpotensi untuk berkembang, karena sumber bahan bakunya sendiri rata-rata berada di sekitar pedesaan, sehingga biaya bahan baku bisa diminimalisir sedemikian mungkin. Untuk menjual makanan ringan ini dapat dijajakan di warung-warung atau toko oleh-oleh agar dapat dilihat oleh wisatawan yang datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here