Peluang Usaha Makanan Kecil di Desa yang Layak Dicoba

0
10704
peluang-usaha-baru-yang-menjanjikan-web

Peluang usaha makanan kecil di desa bisa menjadi sumber pendapatan yang mumpuni jika dikelola dengan baik. Pangsa pasar produk yang satu ini meluas dari anak-anak hingga orang tua. Hebatnya, usaha ini bisa dilakukan dari skala yang kecil hingga menjadi perusahaan besar.

Memproduksi makanan kecil bisa menjadi usaha yang menarik di desa karena untuk skala yang lebih besar desa memiiliki beberapa daya dukung bagi usaha ini:

Pertama, bahan untuk membuat makanan kecil lebih murah di desa karena dihasilkan sumbr daya alam desa yang melimpah. Kedua, biaya produski di desa lebih murah karena menggunakan tenaga ibu-ibu desa disela waktu mereka mengurus keluarga.

Namun sebelum memilih jenis makanan yang akan Anda produksi, ada baiknya Anda pastikan lebih dahulu makanan yang akan Anda produksi adalah jenis makanan yang disukai warga sekitar Anda.

Misalnya warga Jogja dikenal sebagai masyarakat yang menyukai makanan manis. Maka jangan heran jika sebagian besar makanan yang ada di daerah ini berasa manis. Ini akan berbeda dengan daerah Jawa Barat atau daerah lain. Anda harus pastikan berbagai hal ini sebelum memutuskan untuk menyabet peluang usaha makanan kecil di desa ang satu ini.

Apa saja jenis peluang usaha makanan kecil yang mungkin dikembangkan:

  1. Produksi Cireng

Popularitas Cireng alias Aci Goreng sudah tak perlu diragukan lagi. Jenis makanan yang satu ini disukai anak kampung hingga kota terutama anak-anak. Memproduksi Cireng dalam bentuk siap goreng bisa dijadikan salahsatu jenis usaha makanan kecil yang jitu.

Cireng bisa dijual dalam bentuk siap makan. Tetapi model usaha yang siap makan bakal membutuhkan waktu dan tenaga khusus untuk menjalankannya. Para ibu di desa bakal lebih leluasa mengembangkan usaha dalam bentuk pembuatan cireng dalam bentuk siap goreng.

Baca Juga  Meraup Untung dari Peluang Usaha Minuman Unik Khas Desa

Biasanya dikemas dalam plastik khusus kedap udara dan telah diberi bumbu sehingga pembeli tinggal menjerang minyak dan menggorengnya saja.

  1. Menjual Salad Buah

Buah-buahan akan selalu menarik bagi setiap orang. Apalagi jika buah diolah menjadi jenis makanan sehat dengan tambahan bahan seperti sayur, tomat dan sebagainya. Salad buah adalah menu yang cocok Anda pilih untuk dijual.

Menu yang satu ini bisa dikemas dengan tata rupa nan cantik di dalam kemasan plastik. Sangat digemari kalangan muda perkotaan, Anda bisa menjual menu ini secar online. Kenapa online?

Karena lebih fleksibel. Anda bisa menawarka gambar-gambar cantik lebih dahulu, begitu peminat datang Anda baru akan membuatnya dan mengirimkan atau mengantarkan pada konsumen.

  1. Produksi Aneka Kerupuk

Kerupuk, Anda tahu, disukai semua orang. Meski terkesan murah, tapi jangan salah, kerupuk  adalah salahsatu jenis makanan yang paling digemari semua orang di seluruh dunia. Jadi, menjual aneka kerupuk akan menjadi usaha yang unik dan dicari semua orang.

Anda bisa membangun warung kecil yang unik dengan toples-toples kaca yang lucu untuk kerupuk. Pajang di sana kerupuk udang, kerupuk sambal dan sebagainya.

  1. Produksi makanan berbasis ketela

Peluang usaha makanan kecil di desa lainnya adalah mmproduksi makanan berbasis ketela. Ada banyak sekali jenis makanan yang bisa terlahir dengan bahan yang satu ini. Mulai dari cake hingsa stik.

Aneka jenis makanan berbahan ketela ini bakal menjadi menarik jika dikemas dengan cantik. Ini adalah usaha dengan bahan yang murah karena bisa didapatkan di tingkat lokal.

Toko makanan khusus berbahan ketela bukan hanya unik tapi juga bakal inovatif karena bahan ini sangat mudah ditemukan di desa. Ada banyak orang yang pasti tartarik karena bisa mengembangkan ketela di daerahnya untuk diulap aneka rupa makanan seperti yang Anda lakukan. Ini akan menjadi tren yang cepat menyebar.

  1. Aneka Kue Basah
Baca Juga  Meraup Untung Melalui Tepung Mocaf

Inilah tempat yang paling banyak dikunjungi para ibu untuk mendapatkan makanan untuk keluarganya. Anda bisa menyediaka beragam jenis kue basah di toko Anda. Bakal bisa mendatangkan keuntungan besar jika Anda membuat sendiri sebuah kue tetapi membuat aneka macam kue tentu bukan perara mudah.

Anda bisa menerma titipan kue buatan orang untuk sekalian dijual di toko kue Anda. Sediakan beberapa kue seperti dadar gulung, klepon, kue caramel, donat, bolu kukus, gethuk dan lain-lain.

  1. Ceriping Pisang

Tidak terlalu sulit menciptakan makanan yang satu ini. Bahannya menggunakan pisang yang tidak termasuk pisang yang disukai orang. Dengan diolah menjadi ceriping akan membuat pisang yang tadinya tidak dilirik orang bakal berubah menjadi makanan memincut hati.

Ceriping sangat familiar bagi semua orang, Anda bisa menitipkan ceriping buatan Anda d warung-warung di kampung Anda hingga toko-toko di pusat keramaian. Harganya yang tidak terlalu majal dan rasanya yang gurih adalah day apikat yang sulit ditolak orang untuk membelinya.

  1. Jamur Krispi

Jenis makanan kecil yang satu ini tak hanya nyam-nyam dijadikan camilan tetapi juga yahud menemani makan malam. Ituh yang membuat jamur krispi memiliki peluang usaha makanan kecil di desa yang menguntugkan.

Jamur tiram adalah makanan yang populer dengan cita rasa unik yang tak dimliki jenis makanan lain. Apalagi jika telah berubah menjadi jamur krispi.

Jamur krispi bisa dikategorikan sebagai jenis makanan ringan berkelas. Dengan kemasan yang menarik, jamur krispi buatan Anda bahkan bakal masuk ke rak toko oleh-oleh dan menemani para wisatawan yang datang ke kota Anda.

  1. Keripik Bayam
Baca Juga  Peluang Usaha di Desa yang Mudah Berkembang, Salah Satunya Membuka Rental Band       

Adalah jenis cemilan unik yang semakin membius banyak orang karena kerenyahannya yang unik. Keripik bayam dan beberapa jenis dedaunan lain selain bayam akan menarik hati banyak orang.

Pastikan keripik bayam Anda mendapat pengeringan yang baik karena jika basah minyak maka bakal tak bertahan lama. Minyak yang terlihat juga bakal menurunkan selera makan calon pembeli Anda.

  1. Makaroni Pedas

Ini adalah jenis makanan yang booming beberapa saat lalu.  Tetapi hingga saat ini kegemaran orang pada makanan yang satu ini tetap saja tinggi. Makaroni pedas tetap menarik hati.

Anda harus menciptakan kemasan yang menarik untuk membuat konsumen jatuh hati. Tetapi percayalah, rasa pedas yang Anda tawarkan bakal menjadi magnit utama orang melirik makanan satu ini.

Untuk membuat lebih afdol ketertarikan orang, Anda bisa menambahkan tingkatan pedas yang ditawarkan. Beberapa jenis makanan menawarkan tingkatan pedas dari level 1 hingga 10. Level ini juga membedakan harga yang harus dibayar orang untuk macaroni yang dibelinya.

Soalnya, semakin tingg level kepedasannya berarti semakin banyak cabe yang harus digunakan untuk membuatnya.

Beberapa pilihan makanan di atas hanyalah beberapa contoh saja jenis makanan yang Anda bisa produksi untuk dijual. Untuk memastikan apakah makanan yang Anda buat bakal diterima lidah atau tidak Anda harus melakukan ujicoba lebih dahulu.

Caranya, ujikan makanan yang Anda buat pada beberapa orang mewakili kelompok segmen misalnya anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua. Minta mereka mencicipi dan memberikan apresisasi pada makanan yang dicobanya.

Berikutnya adalah metode pemasaran. Anda tidak bisa hanya mengandalkan koneks personal saja. Gunakan jaringan media sosial untuk mendapatkan reseller lebih banyak dengan memberikan potongan harga untuk angka penjualan tertentu. Selamat mencoba!(aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here