Peluang Usaha Makanan di Desa Nan Menggiurkan

0
1196
Peluang Usaha Makanan di Desa Nan Menggiurkan

Peluang usaha makanan di desa juga terbuka bagi siapa saja. Umumnya jenis makanan yang dihasilkan para produsen makanan di desa adalah jenis yang khas desa dengan bahan baku yang mudah ditemukan di desa itu.

Ada beberapa pilihan untuk mengambil peluang usaha makanan di desa ini yakni jenis makanan mentah yang masih harus dimasak. Biasanya jenis ini dikemas dengan kondisi siap masak dengan teknik yang sederhana. Kedua, jenis makanan matang yang siap santap tetapi memiliki cita rasa khas dan daya tahan cukup lama.

Beberapa jenis makanan yang bisa Anda buat pada jenis usaha ini antara lain:

Jenis bahan makanan mentah siap masak

Umumnya dibuat dengan lebih dahulu mengolah bahan baku lebih dahulu. Bahan makanan seperti ini disajikan lengkap dengan bumbu dan segala kelengkapannya untuk menghasilkan cita rasa juara. Beberapa contohnya seperti:

  1. Cireng

Meski berbahan utama aci digoreg tetapi Cireng memiliki penggemar yang besar dari berbagai kalangan. Berbahan tepung tapioka yang diolah dari jenis umbi. Anda harus sangat selektif memilih bahan pembuatan aci sehingga menghasilkan cita rasa dan day atahan yang baik terhadap bahan Cireng.

Anda bisa membuat bahan Cireng lengkap dengan bumbu yang sudah merasuk di dalamnya atau dalam bungkus satu paket dan menjualnya dalam bentuk mentah. Buatlah kemasan plastic yang kuat, kedap udara dan harus berdisain ciamik untuk memikat hati pembeli.

  1. Seblak

Nama makanan yang satu ini sedang booming sekarang. Berbahan kerupuk yang berbahan aci yang dimasak setengah matang sehingga menggelembung menjadi besar. Anda bisa menyiapkan kerupuk mentah erikut bumbu yang sudah di ekstrak sehingga pembeli tinggal memasankannya.

  1. Sayur siap masak
Baca Juga  Empuknya Peluang Usaha Penginapan di Desa Wisata

Peluang usaha makanan di desa yang satu ini juga sedang mendapatkan pasar yang bagus. Anda hanya harus menyiapkan aneka jenis sayur untuk berbagai jenis masakan misalnya sayur lodeh, sayur asem dan sebagainya.

Bentuknya, Anda menyiapkan ssayur-mayur sekaligus bumbu dalam bungkus plastic yang bersih. Si pembeli tinggal menyesuaikan dengan jumlah anggota keluarganya. Umumnya model sayur siap masak ini diperuntukkan bagi 4-5 orang dalam satu keluarga.

Para ibu yang sibu bekerja sangat terbantu dengan model sayur seperti ini di kota-kota. Anda bisa memanfaatkan kebun sayur di pedesaan sebagai penghasil bahan sayur untuk menyabet peluang manis ini.

  1. Aneka Cemilan Mentah

Ada banyak jenis kerupuk yang bisa Anda jadikan produk dengan memanfaatkan potensi bahan yang ada di desa Anda. Menggunakan bahan seperti tepung tapioka Anda bisa memprduksi berbagai jenis kerupuk dengan beragam varian rasa termasuk pedas.

Rengginang adalah salahsatu jenis cemilan kriuk yang bisa dijual dalam bentuk mentah siap goreng. Bahan makanan seperti ini bagi ibu rumah tangga sangat wajib hukumnya untuk dibeli. Soalnya mereka bisa memasaknya sewaktu-waktu.

Jenis makanan matang siap santap

Adalah produksi makanan yang tinggal menyantapnya saja. Jenis makanan yang satu ini memiliki sangat banyak pilihan. Tergantung kemudahan Anda menemukan bahan, kemudahan mengolahnya dan segmen pasar yang Anda bidik. Beberapa pilihan seperti:

  1. Makanan ringan berbahan buah

Hebatnya buah-buhan adalah bisa dikonsumsi dalam kondisi alami maupun diolah menjadi beragam produk turunan. Seperti Salak di pedesaan daerah Sleman, Yogyakarta. Banyak kelompok ibu rumah tangga menyulap salak menjadi aneka jenis makanan enak.

Buah salak bisa disuap menjadi dodol salak, sirup salak, kopi salak atau manisan salak yang memiliki penggemar cukup besar terutama kaum perempuan. Dengan kemasan yang cantik dan kuat, makanan seperti ini selalu laris untuk dijual di toko-toko makanan di kota.

  1. Kue
Baca Juga  Pemanfaatan Hutan Mangrove Untuk Pengembangan Desa Pesisir

Ada bermacam kue kering yang memiliki daya tahan berhari-hari sehingga Anda cukup waktu untuk memasarkannya di berbagai daerah termasuk kota. Keunggulan desa adalah mudah mendapatkan bahan utama dengan harga yang juga relative murah.

Peluang usaha makanan di desa jenis roti ini bahkan memiliki pasar yang cukup luas di daerah pedesaan karena sangat praktis disajikan sehari-hari ketika sedang bercengkerama dengan keluarga.

Anda juga bisa menerima pesanan untuk berbagai acara yang digelar warga desa mlai dari pernikahan, ulang tahun atau pengajian.

  1. Gorengan

Tidak ada yang tidak suka pada jenis makanan satu ini. Berjualan gorengan adalah salahsatu jenis usaha yang tak pernah sepi peminat. Anda hanya membutuhkan meja kursi atau gerobak dan memilih tempat yang strategis di desa Anda.

Jangan salah, di Jakarta para penjual gorengan bisa meraup jutaan rupiah dalam semalam saking banyaknya penggemar gorengan di sana. Di desapun demikian, Anda bisa memanfaatkan murahnya bahan baku di desa untuk menghasilkan gorengan yang disukai warga desa.

  1. Warung Bakso

Tak perlu diragukan penggemar jenis makanan yang satu ini. Sehingga warung bakso menempati urutan atas orang-orang yang ingin membuka usaha makanan di desa. Kunci keberhasilan warung bakso adalah pada kualitas bakso yang Anda buat.

Selain itu juga rasa kuah yang hebat. Uniknya, para penggemar bakso umumnya memiliki fanatisme tinggi untuk terus datang dan membeli bakso di warung yang sama. Maka, Anda tidak akan pernah kehilangan pembeli.

  1. Warung Soto

Makanan satu ini juga sudah akrab dengan lidah siapa saja. Soto sangat juara untuk disantap pagi dan siang hari. Kuahnya yang berlimpah menciptakan kesegaran dan nasi di dalamnya membuat perut tak perlu kelaparan lagi.

Baca Juga  Usaha Kreatif Daur Ulang Sampah

Soto memiliki banyak kekhasan sesuai daerahnya. Mulai dari Soto Betawi, soto ayam, soto daging sapid an sebagainya. Tapi membuka usaha satu ini harus punya kemampuan mercik bumbu yang hebat agar menghasilkan cita rasa jawara.

  1. Warung Sate

Kaum laki-laki disebut sebagai penggemar fanatik makanan satu ini. Itu karena sate berbahan dasar daging terutama daging kambing. Meski dianggap makanan yang bisa memicu tekanan darah tapi sate terlalu hebat untuk dihindari.

Butuh modal yang cukup besar untuk membuka usaha ini karena membutuhkan bangunan warung dan terutama belanja persediaan daging. Bukan apa-apa, harga daging tidak bisa disebut murah soalnya.

Salahsatu kunci pentingnya adalah, Anda harus memiliki kemampuan memilih daging berkualitas baik untuk menghasilkan cita rasa yang menghanyutkan para pengunjung warung Anda.

Itulah beberapa peluang usaha makanan di desa yang bisa Anda pilih untuk dijalankan. Keuntungan memiliki usaha warung makan adalahmenjadi tidak perlu kawatir mengenai gizi keluarga karena Anda bisa menyisihkan porsi khusus untuk keluarga.

Kunci penting lainnya adalah kemampuan meracik bumbu dan menghasilkan cita rasa yang memincut hati semua orang. Akan sangat berguna jika Anda sendiri yang memiliki kemampuan meracik bumbu yang hebat ini sehingga resep rahsia warung Anda akan selalu terjaga dan tidak diduplikasi orang lain.

Jangan lupa pula, usaha seperi ini bakal butuh waktu untuk membiasakancalon konsumen mengenali dan menyukai makanan yang Anda buat. Jadi, jangan gampang menyerah begitu memasuki usaha pembutan makanan. (aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here