Peluang Usaha Kuliner Pengumpul Rupiah Masa Kini

0
2702
Peuang Usaha Kuliner Pengumpul Rupiah Masa Kini

Peluang usaha kuliner bisa dikatakan tidak ada matinya. Karena semua orang butuh makan setiap hari, usaha ini menjadi sangat strategis dijalankan. Hanya saja Anda harus benar-benar memiliki rencana yang matang sebelum gunting pita memulai usaha. Apa pasal?

Peluang usaha kuliner memiliki cakupan sangat luas. Mulai dari kuliner berupa makanan kecil, makanan basah, rumah makan, toko roti bahkan angkringan. Pilihlah jenis usaha kuliner yang sesuai dengan pasar yang Anda bidik, tempat yang Anda yakini strategis dan tentu saja penguasaan Anda sendiri mengenai makanan.

Cita rasa adalah senjata pamungkas dalam usaha kuliner dalam bentuk apapun. Kalau cita rasa sudah cocok di lidah, tempat yang terpencil pun tetap akan didatangi orang. Apalagi jika Anda membuka tempat usaha kuliner di tempat yang strategis seperti jalan besar.

Dunia usaha kuliner memiliki persaingan yang ketat. Karena besarnya peluang usaha kuliner akhirnya berduyun-duyun orang membuka usaha ini. Persaingan terbuka terjadi, karena berbagai persoalan, banyak usaha kuliner berguguran. Bahkan meski didukung modal besar sekalipun.

Maka pastikan, ketika akan memasuki bisnis kuliner, Anda telah melakukan survei dengan lengkap mulai dari segmen pasar, kualitas produk termasuk pasokan bahan baku dan strategi pemasaran yang jitu.

Usaha ini akan lebih cepat berkembang jika dijalankan orang yang memiki passion alias gairah yang tinggi dalam dunia makanan. Soalnya, racikan bumbu dan bahan makanan bakal menciptakan cita rasa juara jika dilakukan dengan hati dan rasa senang.

Beberapa hal di atas harus menjadi perhatian penting bagi Anda sebelum memutuskan untuk menjajal peluang usaha kuliner. Setelah itu harus pula diputuskan mengenai model usaha kuliner yang Anda mau jalankan, apakah perlu membuka gerai, menggunakan gerobak unik, tenda, menyewa tempat modern butuh tempat yang unik atau memanfaatkan halaman rumah.

Berbagai pilihan itu disesuaikan dengan peluang pasar, modal dan kecakapann Anda sendiri. Juga tentu disesuaikan dengan jenis makanan yang Anda jual. Soa jenis makanan yang menarik dijual berikut ini pilihan-pilihan jenis makanan yang bisa Anda tawarkan.

  1. Makanan seperti tahu bulat
Baca Juga  Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar di Desa Terpencil

Ciri khas makanan ini adalah digoreng di tempat begitu pembeli memesannya. Tahu buat juga dijual secara keliling menggunakan mobil dengan seluruh peralatan masak di atas mobil. Ciri khas dijual dengan mobil ini telah melekat dengan tahu bulat dan menciptakan brand tersendiri.

  1. Makanan Khas Empek-empek

Empek-empek adalah jenis makanan khas Palembang yang sudah akrab di lidah siapa saja. Sudah tidak terhitung warung empek-empek kondang yang selalu ramai didatangi pengunjung. Cita rasanya yang unik membuat empek-empek menjadi salahsatu makanan yang selalu dirindukan banyak orang. Anda harus memiliki resep khusus dan khas untuk sukses menybet peluang usaha kuliner model makanan seperti ini.

  1. Makanan Jepang Takoyaki

Peluang usaha kuliner makanan Jepang adalah salahsatu yang bisa Anda jalankan. Takoyaki salahsatunya, ini adalah jenis makanan kekinian yang sedang digandrungi lidah banyak orang.

Uniknya, peluang usaha kuliner seperti Takoyaki bisa dijalankan dengan modal kecil saja bahkan dengan gerobak atau meja sederhana.

  1. Keripik Pedas, makanan jenis snack

Keripik adalah salahsatu jenis makanan kecil favorit semua orang. Rasanya yang unik dengan ciri khas kriuk ini tambah melejit setelah dilengkapi citarasa pedas dan aneka rasa yang lain. Keripik pedas tidak hanya jagoan ketika dijual dengan cara kiloan tetapi juga sudah banyak yang dikemas cantik dan dijual secara online.

Biasanya, jenis snack seperti ini sangat dipengaruhi tren. Mkaroni Pedas sempat menjadi buruan para penggemar kuliner ekstrim. Begitu kuatnya pesona Makaroni yang pedasnya membakar lidah hingga banyak orang rela antri untuk mendapatkan makanan ini.

  1. Berjualan Frozen Food

Kelebihan Frozen Food adalah bisa di distribusikan secara luas dan tahan lama. Frozen food adalah pilihan yang akan membuat Anda tak perlu pusing mendapatkan lauk karena ada aneka jenis makanan dengan cita rasa khusus.

Baca Juga  Peluang Usaha Desa Dengan Peluang Besar

Jenis makanan ini juga menjadi idaman anak-anak misalnya Nugget, sehingga para ibu bersemangat membeli jenis frozen food untuk anak-anak mereka dan merasa wajib memiliki simpanan Frozen Food di dalam kulkas mereka.

  1. Kuliner Masakan Tradisional

Peluang usaha kuliner yang satu ini selalu memiliki penggemar fanatik karena sudah terpatri pada lidah setiap orang. Modal yang dibutuhkan lebih besar karena untuk menciptakannya butuh bumbu-bumbu dan bahan khusus.

Misalnya, nasi gudeg yang banyak bertebaran di Jogja dan kota-kota yang memiliki banyak penghuni asal kota Jogja. Masakan Padang adalah salahsatu jenis cita rasa yang memincut lidah semua orang sehingga Rumah Makan Padang gampang ditemukan dimanapun.

  1. Peluang kuliner unik Cireng

Peluang usaha kuliner yang satu ini juga sangat dipengaruhi tren yang sedang berjalan. Meski hanya terbuat dari bahan utama tepung aci digoreng tetapi Cireng telah menjelma menjadi kudapan favorit anak muda masa kini.

Cireng yang asli Jawa Barat ini juga bisa menghasilkan uang dengan cara berjualan modern bahkan melalui online. Caranya, cireng mentah yang dibungkus dalam kemasan plastik kedap udara yang sanggup bertahan beberapa hari.

  1. Berjualan Aneka Jenis Jus

Kesadaran pentingnya hidup sehat membuat banyak orang kini pintar memilih jenis makanan dan minuman. Kesadaran itu membuat jus menjadi peluang usaha kuliner yang kini semakin moncer. Tidak ada yang bisa mengalahkan kesegaran jenis minuman yang satu ini.

Buah segar yang menjadi bahan minuman ini membuat jus buah menjadi minuman favorit setiap orang. Soalnya, selain memberikan kesegaran alami, minumm jus buah juga menyehatkan tubuh. Maraknya jus buah asli bahkan menggeser popularitas jus palsu yang dijual sachet-an.

  1. Kedai Kopi

Peluang usaha kuliner berupa kedai kopi juga dilirik banyak orang. Gampang ditebak, karena tidak ada yang bisa mengalahkan asyiknya mengobrol di warung kopi. Dimanapun warung kopi adalah salahsatu tempat yang paling dicari terutama anak-anak muda di malam hari.

Baca Juga  Memiliki Keterampilan di Bidang Bangunan? Buka Jasa Perbaikan dan Renovasi Rumah Yuk!

Soal modal, kedai kopi mensyaratkan tempat yang nyaman untuk duduk menikmati kopi dan obrolan. Yang paling utama dari usaha kuliner yang satu ini adalah musti memiliki beberaa jenis kopi unggul. Sama sekali bukan hanya menyajikan kopi sachet saja.

Di beberapa daerah seperti Aceh, warung kopi bukan sekedar tempat menikmati kopi hasil bumi asli Aceh yang memang luar biasa itu. Warung kopi telah tempat paling tepat untuk membicarakan segala hal penting dan berbagai keputusan menyangkut pekerjaan.

  1. Produk kuliner roti

Kue dan berbagai jenis roti adalah jenis makanan yang tak akan pernah bisa lepas dari lidah orang. Anda bahkan bisa menjalankan usaha berjualan roti tanpa perlu mendirikan toko atau menyewa ruko yang mahal.

Roti bisa dijual berdasar pesanan bahkan secara online. Ada sangat banyak acara yang membutuhkan roti sebagai salahsatu menu hidangan wajib yang harus ada. Roti juga hidangan yang tepat untu menjamu tamu. Satu lagi, roti yang umumya manis sangat disukai anak-anak.

Bukan hanya harga yang menarik yang membuat orang jatuh cinta pada roti buatan Anda. Tetapi juga tampilan yang cantik, warna menarik dan tentu saja cita rasa yang unggul menjadi kuncinya. Di Jogja ada beberapa toko roti yang mengharuskan pembeli mengantri mirip di bank.

Itulah beragam peluang usaha kuliner yang bisa Anda pilih berdasar karakter segmen yang bidik. Apakah makanan kecil unik, makanan tradisional atau membuka kedai kopi. Tentu saja sebelum menerjuni usaha ini Anda harus mematikan siapa calon konsumen Anda.

Satu lagi, karena berurusan dengan lidah, Anda haruslah seorang yang memiliki kecakapan seorang koki dalam menciptakan makanan lezat. Atau paling tidak Anda memiliki pegawai yang memiliki kemampuan meracik bahan makanan tingkat tinggi. Selamat memulai usaha kuliner.(Ary/berdesa).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here