Peluang Usaha Kuliner Khas Daerah

0
374
Pelatihan Wirausaha Kuliner Di Desa

Setiap manusia pasti membutuhkan makanan untuk menambah stamina dan energi. Hal itulah yang membuat usaha kuliner tidak akan pernah ada habisnya. Dimanapun tempatnya, makanan akan selalu dicari oleh setiap orang. Meskipun di desa sekalipun, kuliner bisa menjadi peluang usaha desa yang sangat menguntungkan.

Banyak sekali target market yang bisa dibidik, sebab sektor industri kuliner ini memiliki jenis produk yang sangat bervariasi. Tak hanya produknya, industri ini juga memiliki teknik pemasaran yang bervariasi, seperti sistem pre order (pesan lalu kirim), memasarkan langsung, menggunakan media online, atau membuka dengan warung.

Usaha ini akan lebih menguntungkan lagi jika desa tempat tinggal Anda memiliki makanan khas setempat. Saat ada orang yang berkunjung ke sebuah daerah kurang lengkap rasanya apabila belum mencicipi makanan khas daerah tersebut atau untuk sekadar dijadikan oleh-oleh. Untuk itu, sayang jika Anda melewatkan salah satu usaha paling laku di desa ini.

Sebelum itu, salah satu hal yang perlu Anda persiapkan dengan matang adalah modal. Usaha Anda akan terhambat perkembangannya jika persiapan modal Anda kurang. Seperti contohnya, tidak sanggup untuk membeli alat produksi tambahan, menambah kapasitas dari produksi Anda dan sebagainya. Pastikan modal yang Anda miliki cukup untuk membangun usaha ini.

Baca Juga  Menikmati Keunikan Desa Banjar Banyuwangi

Anda dapat meminta bantuan dari lembaga jasa finansial seperti bank, investor lain, maupun meminjam koperasi apabila ternyata modal yang telah anda miliki masih kurang. Makanan yang Anda jual tidak cukup jika dijual hanya sebagai makanan khas daerah saja, Anda juga harus bisa memberikan sentuhan modern pada produk yang akan Anda jual.  Ini merupakan point penting.

Anda dapat mengaplikasikan sentuhan modern tersebut pada kemasan yang bergaya trendy, menambahkan varian rasa yang sedang populer, dan lain sebagainya. Sebab, jika Anda menggeluti usaha oleh-oleh makanan, bukan berarti Anda hanya akan menjual makanan tradisional tanpa ada inovasi sedikitpun.

Hal yang perlu Anda pastikan selanjutnya adalah strategi marketing. Salah satu strategi marketing yang dapat Anda terapkan adalah mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan tour & travel. Sebelumnya, Anda harus mencari tahu agen tour dan travel yang terbesar di daerah Anda.

Sebab lembaga ini mempunyai peran penting dalam mengarahkan para wisatawan yang menggunakan jasanya untuk menuju tempat wisata maupun menuju tempat pembelanjaan oleh-oleh khas daerah. Kemitraan yang Anda jalin dengan lembaga tour & travel, akan membuat outlet Anda semakin ramai didatangi oleh para pelancong.

Baca Juga  Peluang Usaha Minuman Dingin, Menguntungkan dan Sehat

Selain bekerja sama dengan lembaga tour & travel, alangkah baiknya Anda juga mencoba strategi pemasaran lainnya dengan meminta orang-orang yang berpengaruh atau terkenal di daerah Anda untuk memperkenalkan produk Anda. Biasanya, para artis atau influencer mencantumkan contact person untuk urusan endorse di sosial media yang mereka miliki.

Anda bisa menghubunginya dan meminta mereka untuk mempromosikan produk Anda di sosial media mereka. Anda perlu mengeluarkan budget untuk endorse ini nanti bisa berbeda untuk tiap-tiap orang.

Apabila Anda kurang mengetahui tentang strategi pemasaran dan hal lainnya tentang usaha oleh-oleh ini namun Anda benar-benar serius ingin menggeluti usaha ini, Anda bisa menggunakan jasa konsultan. Nantinya, konsultan akan memberikan Anda ide-ide serta solusi untuk usaha Anda. Konsultan tersebut juga akan membantu anda dalam hal branding produk, pemasaran, membuatkan logo produk, kemasan, dan lain sebagainya.

Lokasi tempat Anda mendirikan usaha merupakan hal penting lainnya yang wajib untuk Anda perhatikan. Sebaiknya, pilihlah lokasi yang strategis seperti dipinggir jalan raya, didekat tempat pariwisata, serta memiliki tempat parkir yang luas.

Baca Juga  Peluang Usaha Makanan Kecil di Desa yang Layak Dicoba

Biasanya, memilih lokasi yang strategis seperti ini jelas membutuhkan biaya sewa yang cukup mahal. Namun, Anda bisa menganggap bahwa ini merupakan modal awal yang harus Anda bayarkan demi kesuksesan Anda dalam berbisnis oleh-oleh khas daerah.

Salah satu poin yang tidak kalah pentingnya adalah pelayanan. Pelayanan yang dapat Anda berikan pada konsumen beraneka macam, seperti memberikan sapaan pada pelanggan dengan cara tersenyum serta melayaninya dengan baik, menawarkan bantuan apabila pelanggan tampak kebingungan atau memberikan informasi terkait produk yang Anda jual kepada mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here