Peluang Usaha Kripik Singkong Dan Cara Membuatnya

0
1599

Pada akhir-akhir ini banyak orang yang mencoba peruntungan dalam dunia bisnis/usaha, bahkan tak sedikit para pegawai atau karyawan kantoran yang mengundurkan diri atau pun pensiun dini demi membangun usaha.

Kini menjadi seorang pengusaha tak lagi bisa dipandang sebelah mata, karena jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, sabar dan telaten kemungkinan besar usaha tersebut bisa berkembang dan menghasilkan keuntungan yang berkali lipat.

Bahkan bisa membuat pemasukan yang jauh lebih besar dari pada gaji saat bekerja menjadi pegawai/karyawan. Saat ini banyak pengusaha-pengusaha yang sukses dalam mendirikan dan membangun usahanya.

Dalam mendirikan sebuah usaha sebetulnya anda bisa membuatnya dimana saja, tidak hanya di kota-kota besar saja di desa pun kita masih bisa mendirikan dan menjalankan usaha.

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa jika menjalankan usaha di kota-kota besar pastinya akan jauh lebih menguntungkan dan dapat secara cepat usaha itu berkembang. Padahal pada kenyataanya tidak seperti yang dibayangkan tersebut.

Jika kita membuka usaha di kota-kota besar maka di sana kita juga akan mendapatkan banyak pesaing usaha lainnya. Apabila usaha kita tidak memiliki keunggulan dan inovasi maka usaha yang kita dirikan tidak mampu bersaing dengan pengusaha-pengusaha lainnya.

Baca Juga  Peluang Usaha Di Desa, Salah Satunya Menggali Hasil Alam Desa yang Masih Berlimpah     

Banyak terjadi usaha-usaha di kota yang gulung tikar alias bangkrut karena tidak bisa bersaing dan tergilas oleh usaha-usaha yang mampu bertahan dalam persaingan. Nah, jadi bagi Anda yang tinggal di desa tidak perlu berkecil hati atau pesimis ketika ingin mendirikan dan menjalankan sebuah usaha.

Jika Anda mampu melihat peluang usaha desa yang ada maka Anda bisa mengambil dan memanfaatkan peluang usaha tersebut. Biasanya peluang usaha di desa itu meliputi usaha dibidang pertanian, perkebunan, usaha warung sembako, angkringan dan masih banyak lagi lainnya.

Pada kesempatan kali ini, kita akan melihat peluang usaha desa dari singkong. Biasanya banyak warga desa yang menanam pohon singkong di kebunnya, jika Anda adalah salah satunya maka Anda bisa mencoba peluang usaha ini.

Kebanyakan singkong yang di panen langsung dijual dalam wujud masih berbentuk singkong mentah dan harganya pun tergolong murah. Untuk menaikan nilai ekonomi atau nilai harga dari singkong itu Anda bisa mengubahnya dengan membuat singkong itu menjadi kripik singkong.

Baca Juga  Usaha Pemotongan Ayam

Kripik singkong merupakan makan camilan yang banyak digemari, selain karena renyah dan harganya yang murah kini kripik singkong juga memiliki varian rasa. Banyaknya varian rasa kini membuat semakin banyak dan meningkatnya permintaan konsumen akan kripik singkong.

Melihat peluang usaha yang menjanjikan ini Anda dapat mencobanya untuk usaha jualan kripik singkong. Anda dapat memanfaatkan kebun Anda dengan menanam singkong atau dapat pula Anda membeli singkong dari tetangga atau di pasar bila Anda tak punya kebun singkong.

Anda dapat membuat kripik singkong dengan inovasi rasa, baik itu level kepedasan dari yang original hingga level pedas tertinggi atau dapat juga dengan membuat kripik singkong dengan diberi bumbu tabur seperti balado, jagung manis, keju dan lain-lainnya.

Namun yang terpenting dalam usaha jualan kripik singkong adalah kualitas singkong, pengemasan yang higenis, label harga yang cocok, dan pemasarannya. Ketika hal-hal penting ini terpenuhi maka besar kemungkinan usaha jualan kripik singkong Anda dapat berkembang.

Nah, di bawah ini adalah cara membuat kripik singkong

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 Kg singkong diiris bulat tipis
  • 1 sdt kapur sirih
Baca Juga  Peluang Usaha Minuman di Desa Yang Menjanjikan

Bahan Bumbu:

  • 5 butir bawang merah
  • 1 sdm cuka
  • 4 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng.

Langkah-langkah:

  1. Kupas kulit singkong dan cuci hingga bersih, kemudia iris tipis-tipis singkong tersebut dan rendam dalam air kapur sirih selama 30 menit.
  2. Haluskan bahan bumbu dan tumis menggunakan api kecil hingga bumbu merata dan kental.
  3. Ketika bumbu matang masukkan cuka secukupnya dan dinginkan.
  4. Tiriskan irisan singkong tadi hingga kering
  5. Goreng irisan singkong di dalam minyak panas dan terendam. Usahakan jangan sampai irisan singkong saling melekat satu sama lain.
  6. Angkat singkong ketika busa minyak udah hilang dan tiriskan.
  7. Setelah kering beri taburan bumbu seperti balado, keju, jagung manis, pedas, dan lain-lain.

Demikianlah tadi peluang usaha kripik singkong dan cara membuatnya, Anda dapat mencoba menjalankan usaha ini. Selama Anda bersungguh-sungguh dalam berusaha maka kesuksesan akan terbuka lebar. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here