Peluang Usaha Kecil Menengah di Desa, Si Kecil Yang Bisa Jadi Raksasa

0
1481
Peluang Usaha Kecil Menengah di Desa, Si Kecil Yang Bisa Jadi Raksasa

Peluang usaha kecil menengah di desa adalah pilihan terbaik untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga. Pilihan ini hadir karena di desa tidak tersedia banyak pekerjaan formal atau kantoran sebagaimana di kota.

Karenanya sebagian besar orang yang tinggal di desa dituntut harus memiliki jiwa kewirausahaan yang kuat dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di desa. Jangan kawatir, sesungguhnya ada sangat banyak yang bisa dikembangkan di desa dalam skala usaha kecil menengah.

Pertimbangan penting untuk memulai usaha ini adalah Anda harus lebih dahulu melakukan survey pasar untuk membaca kebutuhan pasar yang Anda bidik. Tentukan pula cakupan pasar yang Anda sasar untuk menjual produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Ada dua pilihan yang harus Anda tentukan untuk memulai usaha ini:

Memanfaatkan pasar domestik alias desa Anda sendiri. Biasanya pilihan ini diambil jika desa Anda memiliki banyak jumlah penduduk. Desa seperti itu biasannya adalah desa yang berada di dekat kota. Kedua, menyasar warga kota sebagai sasaran pasarnya.

Beberapa peluang yang bisa Anda jalankan adalah sebagai berikut:

  1. Toko Kelontong

Membuka toko adalah peluang usaha kecil menengah di desa yang tidak ada matinya. Sifatnya yang melayani kebutuhan sehari-hari semua orang membuat jenis usaha yang satu ini memiliki daya tahan yang kuat menahan gempuran krisis.

Anda harus memiliki tempat yang strategis untuk menjalankannya. Tetapi jika rumah Anda berada di pinggir jalan utama desa, perempatan atau dekat dengan instansi pemerintah seperti balai desa, sekolah dan sebagainya.

Perkembanga toko seperti ini akan sangat tergantung dari kemampuan Anda membaca kebutuhan pasar. Jangan sampai Anda menjual produk-produk yang tidak dibutuhkan pasar. Anda juga harus memiliki jaringan distributor yang bisa menawarkan harga miring.

Baca Juga  Peluang Usaha Minuman Kemasan yang Gampang Dikembangkan

Di desa, selisih harga Rp. 200,- saja akan membuat orang enggan menjadi pelanggan Anda. Ikatan sosial yang kuat antarwarga membuat Anda harus memberikan pelayaan yang baik dan terutama harga yang bersaing untuk produk-produk Anda.

  1. Membuka Toko Bangunan

Kebutuhan memperbaiki, merubah bangunan dan atau membangun sesuatu yang baru di desa sangat besar kini. Paku, amplas, cat adalah beberapa jenis produk yang selalu dibutuhkan warga desa.

Lagi-lagi, tempat yang strategis juga menjadi faktor penunjang keberhasilan toko bagunan Anda memincut hati orang untuk datang dan membeli.

Fleksibilitas adalah salahsatu karakter usaha yang harus Anda bangun. Maksudnya? Di desa kadang-kadang orang tidak siap dengan uang cash dan bayar di dpan untuk berbagai kebutuhan besar misalnya membangu rumah.

Nah, untuk situasi yang demikian Anda harus memiliki kebijakan manajemen yang membuat warga tetap mendapatkan pasir, semen dan berbagai kebutuhannya meski butuh beberapa hari atau minggu untuk membayarnya.

  1. Kedai Kopi

Bercengkerama dengan para tetangga adalah kebutuhan setiap orang. Anda bisa memindahkan ‘forum diskusi’ warga ke warung kopi Anda. Buatlah tempat yang membuat orang-orang bisa duduk dengan santai dan melangsungkan obrolan mereka.

Sajikan kopi yang ‘ces-pleng’ untuk para pengunjung setia ini dan tentu saja, jangan sampai harga kopi Anda membuat kantung mereka mengempis. Sangat penting bagi sebuah kedai atau rumah makan mendapatkan pengunjung setia.

Anda bisa membuka meja untuk menerima makanan buatan tetangga dan menyiapkan beberapa jenis sayur khas desa Anda sebagai pelengkap bagi pengunjung melunaskan laparnya.

Warung ini bakal ramai jika Anda membukanya pada tempat yang gampang didatangi orang. Di beberapa daerah seperti Aceh dan sebagian desa-desa di Sumatra, mengobrol dengan tetangga sembari menikmati kopi kental hitam adalah wajib hukumnya bagi kaum lelaki.

  1. Jasa Transportasi Angkutan
Baca Juga  Mina Padi: Melipatgandakan Keuntungan Petani

Sebagian besar produk yang diciptakan warga desa menyasar orang-orang kota atau daerah lain sebagai pasarnya. Misalnya desa penghasil kerajinan kayu, karet, kelapa, sayur-mayur dan sebagainya.

Sementra itu keterbatasan lahan pada petani membuat mereka tidak mampu memiliki armada sendiri untuk mengangkut produk yang dibuatnya. Inilah peluang usaha kecil menengah di desa yang harus anda ambil. Caranya?

Anda menyediakan kendaraan angkutan bak terbuka atau truk yang siap membantu warga membawa produk mereka ke kota, ke pasar atau ke daerah lain yang telah dituju. Truk Anda juga menerima job mengangkut material dan sebagainya.

Pada beberapa daerah pertanian, para pemiik truk bahkan sudah memiliki semacam kontrak kerjasama dengan para petani. Petani harus membawa hasil pertaniannya ke pasar setiap hari maka Anda orang yang akan melakukan itu.

Kecepatan kerja dan ketepatan waktu adalah kunci sukses usaha ini. Soalnya, sayur dan buah yang Anda angkut harus segera sampai ke pasar sebelum sayur layu dan sebelum buah mengalami kebusukan.

  1. Pertanian Organik

Produk hasil pertanian organik memiliki pasar yang prospektif dari hari ke hari. Tetapi tak mudah pula untuk menjalankan pola pertanian organik seperti ini soalnya butuh perlakuan khusus pada tanah dan tanaman.

Yang pasti, pertanian organik adalah pertanian yang seluruh prosesnya tidak menggunakan bahan kimia sehingga dijamin kualitas kesehatannya.

Dikenal sebagai produk dengan harga yang lebih mahal ketimbang bahan makanan non-organik tetapi penggemar beras dan sayur-mayur organik makin hari makin meraksasa. Mereka bahkan membentuk komunitas-komunitas di perkotaan.

Nah, ada banyaknya komunitas yang bertumbuhan inilah yang harus Anda sasar sebagai pasar. Memanfatkan media sosial untuk memasarkan produk ini bakal saga mendukung peluang usaha kecil menengah di desa yang satu ini.

  1. Jasa perbaikan rumah
Baca Juga  Peluang Usaha Untuk Mahasiswa Ini Efektif Menebalkan Uang Saku

Anda tidak mungkin memperbaiki semua bagian dari rumah Anda sendiri. Seperti mengganti plafon, membuat sekat baru, mengganti kayu penyangga genting dan sebagainya. Maka kebutuhan seperti  hars dikerjakan orang lain yang sudah piawai.

Soalnya, memasang atau menambah ruangan baru di rumah juga melibatkan estetika alias rancang bangun yang tetap indah dipandang mata. Nah, manfaatkanlah peluang ini degan membuat layaan jasa perbaikan rumah.

Tim ini akan bekerja seperti Tim Bedah Rumah, salahsatu program reality show di televise itu. Serombongan orang dengan keahlian yang berbeda-beda seperti membuat tembok yang cepat dan rapi dan keahlian bertukang kayu yang baik harus selalu siaga untuk melakukannya.

Tugas Anda adalah melakukan pemasaran dan promosi utuk mendapatkan klien. Pekerjaan marketing ini bakal semakin mudah dengan menggunakan jaringan media sosial dan bis Anda jalankan dengan hanya melalui Handphone Anda.

Beberapa contoh usaha di atas hanyalah sebagian ide usaha  yang bisa Anda kembangkan terutama di pedesaan. Meski aktivitas pusatnya di desa tetapi beberapa usaha ini memiliki pasar di wilayah perkotaan.

Bagian penting dalam usaha seperti ini adalah Anda harus menentukan lebih dahulu jenis usaha yang akan jalankan. Bakal sangat membantu jika kemudian usaha yang Anda jalankan adalah jenis usaha yang Anda sudah menguasainya.

Peluang usaha kecil menengah di desa memiliki keuntungan biaya operasional pembuatan produk yang jah lebih murah ketimbang di kota. Ini akan menciptakan efisiensi bagi Anda. Pemasaran ke wilayah kota juga jauh lebih mudah karena tingkat kepadatan penduduk yang tinggi di daerah perkotaan. Selamat mencoba! {adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here