Peluang Usaha Kecil-Kecilan Di Desa Yang Mudah Anda Kerjakan

0
906
Peluang Usaha Kecil-Kecilan Di Desa Yang Mudah Anda Kerjakan

Peluang usaha kecil-kecilan di desa adalah salahsatu jenis kegiatan usaha yang paling banyak menopang kehidupan warga desa. Mobilitas yang terbatas, maslah modal dan kemampuan SDM yang terbatas membuat sebagian warga desa hanya mampu menjalankan usaha kecil-kecilan.

Tetapi situasi itu berangsur mulai berubah karena saat ini dana desa telah membuka banyak peluang baru bagi warga desa mengembangkan peluang yang ada di desanya. Berbagai infrastruktur yang terbangun di desa seperti jalan raya telah membuat urusan mobilitas warga semakin tinggi.

Maka berbagai peluang usaha kecil-kecilan di desa semakin banyak yang bisa dilakukan dengan pola yang jauh lebih efisien dan keuntunga yang semakin besar. Ada dua jenis usaha kecil yang bisa dilakukan yakni:

A. Berhubungan dengan produk

Usaha jenis ini bisa berupa usaha dagang dengan menjual produk orang lain dan memperoleh keuntungan dari hasil penjualan dan menciptakan produk yang bisa dijual di pasar lokal desa atau keluar dari desa dengan skala modal kecil dan bisa dijalankan sendiri atau dengan satu dua orang dalam usahanya.

Menciptakan produk sendiri biasanya dengan menggunakan potensi sumber daya alam yang ada dengan memberikan nilai tambah pada konoditas itu. Beberapa contoh jenis usaha sepert ini misalnya:

  1. Mengolah tepung mocaf

Di beberapa daerah yang memiliki tanaman ketela cukup banyak, menghasilkan tepung mocaf bisa menjadi usaha kecil yang menguntungkan. Beberapa desa di Pacitan, Jaw Timur, melakukan ini.

Para ibu rumah tangga membentuk kelompok untuk mengolah ketela menjadi mocaf lalu dipasarkan pada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan produk ini. Seperti perusahaan pembuat roti.

2. Menjual Rempon

Di Pacitan juga ada beberapa kelompok ibu-ibu yang mengolah berbagai tanaman seperti jahe, kunyit, kencur laos dan sebagainya menjadi rempon-rempon siap pakai untuk berbagai keperluan.

Sekarang ini bahkan warga beberapa desa di Pacitan mendapatkan permintaan bahan rempon untuk skala industri. Sesungguhnya ini adalah jenis usaha kecil yang dilakukan pada ibu rumah tangga. Mereka lalu membentuk kelompok kerja sehingga menjadi besar.

Baca Juga  Indonesia Pangkas Impor Ikan 70 Persen

Rempon juga menjadi kebutuhan penting pada skala rumah tangga karena menjadi kebutuhan sehari-hari. Utamanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga yang behubungan dengan kebutuhan dapur.

3. Beternak ayam kampung

Tak butuh lahan luas untuk melakukan ini. Ayam kampung memiliki harga yang stabil di pasar sehingga menjadi jenis usaha yang menguntungkan menjalankan ini.

Peluang usaha kecil-kecilan di desa seperti ini bahkan tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk mengelolanya. Artinya, beternak ayam kampung bisa menjadi alternative kegiatan ekonomi untuk menambah income keluarga tanpa perlu modal besar.

4. Memproduksi souvenir dan aksesoris

Industri kreatif slalu menawarkan banyak peluang. Salahsatunya menjalankan usaha yang berhubungan dengan pleasure atau kesenangan. Memproduksi souvenir adalah salahsatunya. Ada aneka pilihan souvenir yang bisa diproduksi dan dijual.

Produk seperti ini umumnya bakal laku di daerah-daerah yang memiliki obyek wisata yang ramai. Uniknya, produk bisa dibuat denga berbagai materi bahan yang murah meriah. Mulai dari mutu manikam yang rupawan di Kalimantan atau tas anyaman dari papua.

Yogyakarta dan Bali adalah dua tempat yang memiliki beragam-ragam souvenir dan aksesoris murah meriah di berbagai pusat wisata. Pernak-pernik itu dibuat ibu-ibu rumah di kampung-kampung dari berbagai tempat di Yogyakarta.

Bahan yang digunakan pada industri ini umumnya murah dan berdasar yang ada di daerahnya. Bahkan sebagian besar aksesoris dibuat dari bahan-bahan bekas saja misalnya gelang kulit dari sisa konvensi tas kulit, tas dari serpihan kain yang dijadikan satu dan sebagainya.

5. Produksi tempe

Peluang usaha kecil-kecilan di desa yang memiliki pasar yang bagus adalah makanan. Usaha pembuatan tempe adalah salahsatu yang memiliki pasar. Soalnya tempe adalah jenis makanan yang sudah menjadi bagian dari hidup warga negeri ini.

Baca Juga  Mulai 2018 Kontraktor Tak Boleh Kerjakan Proyek Dana Desa

Uniknya tempe, bisa dijual sejak belum menjadi tempe, menjadi tempe hingga aneka masakan olahan yang menggunakan tempe. Di Banyumas, tempe mendoan menjadi ikon lgendaris sepanjang masa karena bentuknya yang khas dan rasanya yang tak bisa disamai oleh tempe prduksi manapun.

Begitu terkenalnya mendoan sehingga Purwokerto, pusat keramaian Banyumas sering disebut sebagai kota mendoan. Di Kota Mendoan, tempe dengan selimut tepung yang basah oleh minyak dan lembek bakal menjadi sajian istimewa jika disantap dalam kondisi panas.

Kota ini juga memiliki makanan khas Getuk Goreng Sokaraja, makanan manis berbahan tepung ketela dan gula Jawa. Di belakang deretan toko oleh-oleh Sokaraja, pusat penjualan makanan khas ini, ribuan orang hidup dari usaha kecil mulai dari penyedia bahan baku, pengolah tepung hingga bekerja sebagai pramuniaga di puuhan toko oleh-oleh di sana.

B. Usaha Jasa

Peluang usaha kecil-kecilan di desa juga banyak disumbang oleh usah jasa. Sekarang ini semakin banyak peluang usaha jasa yang bisa dibuka warga di desa. Hal ini terjadi karena perikehidupan warga desa yang semakin kompleks. Beberapa jasa itu seperti:

  1. Usaha jasa pembayaran pulsa listrik

Kecanggihan teknologi masa kini memungkinkan pembayaran listrik, pulsa telepon dan lain-lain bisa dilakukan di rumah tetangga. Ya, Anda bisa membuka loket pembayaran berbagai tagihan keluarga mulai dari listrik, telepon hingga pembayaran angsuran motor.

Modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa ini tidakah terlalu banyak. Anda juga tidak perlu memiliki bangunan megah mirip loket untuk menjalankan ini. Sebaliknya, Anda hanya butuh satu bah meja di teras rumah dan sebuah banner atau spanduk kecil saja.

2. Jasa Menjahit

Tak perlu diragukan, peluang usaha kecil-kecilan di desa yang satu ini memiliki pendaptan yang menggiurkan. Keahlian seorang tukang jahit sangat istimewa, hanya dengan satu mesin jahit saja bisa menghasilkan income yang besar nilainya.

Baca Juga  Kemendes: Tiga Tahun Mendatang Tak Ada Lagi Desa Tertinggal

3. Jasa reparasi elektrik

Di jaman yang serba eletrik seperti sekarang ini jasa reparasi sangat dibutuhka dimanapu termasuk di desa. Soalnya, setiap orang menggenggam HP, setiap rumah memiliki setidaknya satu televisi, magic jar, kulkas, computer dan berbagai alat elektronik yang rawan rusak.

4. Bengkel sepeda motor

Siapa yang tidak memiliki sepeda motor di jaman ini. Jika bertahun lalu satu keluarga hanya memiliki satu sepeda motor dan digunakan bergantian, kini hampir setiap orang yang punya KTP sudah memiliki tumpakannya sendiri.

Di jaman ini pula setiap orang akan segera membawa sepeda motornya ke bengkel begitu merasa tidak nyaman dikendarai.

Jumlah populasi sepeda motor yang begitu besar termasuk di desa-desa itulah pangsa bengkel Anda. Besarnya populasi sepeda motor berarti besarnya ceruk pasar yang Anda miliki, itulah nikmatnya kue bengkel motor.

C. Berjualan Online

Bagi anak-anak muda inilah jenis usaha kecil untuk Anda. Disebut kecil karena modal yang dibutuhkan sangat kecil bahkan cukup hanya dengan bermodal HP saja. Padahal, hasil yang didapatkan bisa tidak terbatas.

Yang harus Anda lakukan hanyalah mencari perusahaan dropship penyedia aneka produk. Anda tinggal memilih produk yang paling menarik bagi Anda untuk menjual. Ukuran menarik dan tidaknya ditentukan oleh segmen yang Anda ingin bidik.

Segmen yang dimaksud adalah produk-produk yang kir-kira dibutuhkan oleh kalangan teman Anda di media sosial. Dengan cara itu Anda akan lebih asyik menawarkan dan mempromosikan produk-produk Anda melalui online.

Itulah beberapa peuang usaha kecil-kecilan di desa yang bisa Anda jalankan. Selain sederhana dan bisa dilakukan sendiri, peluang-peluang ini tidak butuh modal terlalu besar dan unit usahanya bisa dibangun di desa tempat tinggal Anda. Jadi, tunggu apa lagi? (adji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here