Peluang Usaha Jual Bibit Tanaman Di Desa

0
351
Menyusuri Keindahan Puri Mataram di Desa Tridadi

Tak sedikit orang yang berpikiran bahwa tinggal di desa akan memiliki ekonomi yang sulit. Karena sedikitnya lapangan pekerjaan, sekalipun ada juga gajinya rendah. Selain itu jika ingin membuka usaha, mereka beranggapan apakah akan menguntungkan dan berhasil? Banyak orang yang menganggap hidup di desa itu susah sedangkan jika hidup hidup di kota itu lebih memiliki peluang untuk mendapatkan pekerjaan mapan dan gaji yang lebih banyak. Padahal pada kenyataanya, tidak selalu hidup di kota itu seperti yang diangan-angankan, apabila tidak mampu bersaing dengan yang lain pun juga akan hidup sengsara.

Untuk itu jika Anda adalah orang yang tinggal di desa, Anda dapat menciptakan sebuah lapangan pekerjaan atau membangun usaha sendiri. Dengan membuka usaha sendiri apabila dijalankan dan dikelola dengan tekun, disiplin dan baik maka usaha itu kemungkinan besar akan dapat berkembang. Ketika usaha yang Anda dirikan nanti berkembang maka Anda akan membutuhkan banyak bantuan tenaga untuk mengurusnya. Anda bisa membuka lowongan pekerjaan di desa Anda, dengan begitu Anda juga telah membantu orang untuk mendapatkan perkerjaan dan juga dapat mensejahterakan desa Anda.

Baca Juga  Contoh Peluang Usaha di Desa, Berikut Ulasan dan Penjelasan Masing-masing Caranya        

Ketika ingin membuka suatu usaha banyak pula orang yang berpikir dan bertanya-tanya akan membuka usaha seperti apa? mulai dari mana? berapa modal yang dibutuhkan? apakah mudah untuk memasarkannya? Dan apakah usaha tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang besar? Untuk menjawab itu semua, sebaiknya Anda mencoba melihat peluang di desa Anda. Anda dapat mensurvei sambil berpikir potensi apa yang ada di desa Anda atau hal apa yang belum ada di desa Anda namun hal tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat desa.

Setelah itu Anda mendapatkan gambaran dan menemukan ide usaha, cobalah untuk menghitung kira-kira modal yang dibutuhkan. Mengenai usaha tersebut menghasilkan keuntungan atau tidak itu tergantung bagaimana Anda memasarkannya, menjalankannya dan perlu diketahui juga yang namanya usaha itu pasti ada pasang surutnya juga. Berikut ini usaha yang dapat Anda coba jalankan di desa Anda yaitu menjual bibit tanaman. Sebelum Anda mencoba membuka usaha berjualan bibit tanaman, ada point penting yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu jika benar-benar ingin usaha jual bibit tanaman.

Baca Juga  Ingin Menjadi Suplier, Website Ini Buka Peluang Usaha Itu

1. Lahan untuk menyemai tanaman

Yang pertama, Anda harus mempunyai lahan untuk menyemai tanaman jika Anda ingin menanamnya sendiri atau Anda harus punya kerja sama dengan petani bibit tanaman jika Anda seorang pengpul bibit tanaman. Yang kedua, Anda harus menyukai aktivitas berkebun atau bercocok tanam, tentunya apabila Anda menyukainya pasti Anda akan mudah untuk menguasai dan mengerti tentang bagaimana menanam yang baik, tanaman apa yang laku di pasaran dan apa yang diinginkan serta dibutuhkan oleh konsumen.

2. Bibit tanaman yang bisa dijual

Anda dapat menjual bermacam-macam bibit tanaman seperti buah dan sayuran. Bibit tanaman yang berusia sekitar 3 minggu itu biasanya paling banyak diminati masyarakat, terutama para petani. Ada yang membeli dalam berskala besar maupun membeli hanya untuk sekedar hobi dan ditanam di pekarangan/halaman rumah. Apa lagi rumah-rumah di desa identik dengan pekarangan/halaman yang luas, biasanya warga desa menanaminya dengan pohon buah-buahan dan sebagian ditanami sayur-mayur.

3. Harga jual bibit tanaman

Sebagai contoh, Anda dapat menjual bibit tanaman buah maupun sayur-mayur di usia 3 mingguan. Untuk harga bibit cabai rawit biasanya dihargai Rp 150 /pohonnya, bibit tomat Rp 150 /benih, bibit terong Ro 110 /pohon, bibit pepaya california Rp 2.500 /pohon. Jika setiap harinya dapat terjual sekitar 20.000 bibit tanaman yang harganya rata-rata Rp 100 saja maka Anda sudah bisa mendapatkan hasil kotor Rp 2.000.000 /hari. Itu baru bibit tanaman yang harganya sekitar Rp 100, belum bibit tanaman yang yang harganya ribuan.

Baca Juga  Langkah-langkah Usaha Budidaya Lele Di Desa

Apa lagi jika bibit tanaman yang Anda jual banyak dan beragam, selain itu Anda juga dapat menjual pupuk tanaman, pastinya kemungkinan besar usaha Anda akan lebih bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat. Namun perlu diingat juga bahwa dalam menjalankan usaha berjualan tanaman bibit dibutuhkan ketelatenan, kedisiplinan dan kesabaran. Anda harus rajin merawat dan menjaga bibit tanaman, karena bibit tanaman itu rentan penyakit dan mudah mati.

Itulah tadi peluang usaha berjualan bibit tanaman di desa yang dapat Anda coba jalankan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba! Semoga berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here