Peluang Usaha Jasa Menguntungkan Yang Layak Anda Lirik

0
6848
Peluang Usaha Jasa Menguntungkan yang Layak Anda Lirik

Peluang usaha jasa jaman sekarang ini juga terbuka lebar di desa. Ini terjadi karena orang desa sekarang ini sudah memiliki gaya hidup dan kebutuhan yang tidak terlalu berbeda dengan orang-orang yang tinggal di kota.

Perubahan sosial yang terjadi di desa adalah salah satu pengaruh dari tingginya tingkat pengguna internet di Indonesia. Sehingga sekarang ini, warga desa juga memiliki akses informasi yang sama-sama kuat sebagaimana orang kota

Beragai informasi itulah yang kemudian menciptakan perubahan-perubahan perilaku sosial pada warga desa. Warga desa kini cenerung berpikir praktis dalam menjalankan aktivtas sehari-hari. Hal inilah yang menciptakan banyak peluang baru di desa.

Apa saja peluang usaha jasa yang ia dibuka di daerah pedesaan, ini beberapa di antaranya:

  1. Jasa antar jemput anak sekolah

Para orangtua yang harus mengantar jemput anaknya kini tinggal berlangganan dengan Anda untuk mengantar dan menjemput putra dan puteri mereka dari sekolah. Peluang usaha jasa seperti ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang bisa dipercaya oleh para orangtua.

Anda butuh mobil yang memiliki kabin luas sehingga bisa mengangkut banyak anak sekaligus. Anda juga harus memiliki disiplin waktu yang baik sehingga anak-anak yang Ana antar tidak terlambat sampai di sekolahnya.

Jika Anda memakai jasa orang lain untuk menjalankan pekerjaan ini, pastika orang itu memiliki karate yang baik. Soalnya anak-anak sangat rentan terhadap berbagai tidak kejahatan. Bukan itu saja, sopir yang mengantar mereka juga harus santun dan memberi contoh sikap yang baik.

Anda bisa membuat sistem biaya bulanan atau mingguan pada orangtua anak untuk jasa yang antar-jemput sekolah yang Anda berikan.

  1. Menyewakan sepeda motor dan mobil di desa wisata

JIka desa Anda termasuk desa wisata maka jasa penyewaan mobil dan motor bakal menjadi peluang usaha jasa yang sangat menarik dijalankan. Ini akan mempermudah wisatawan yang datang ke desa Anda menjadi leluasa menikmati liburannya.

Baca Juga  Peluang Usaha Kerjasama Tanpa Modal yang Wajib Anda Coba

Anda tidak perlu membeli banyak motor dan punya beberapa mobil untuk menjalankan usaha ini. Melainkan bisa bekerjasama dengan orang lain seperti tetangga untuk menitip motor pada rental yang Anda buka.

Di obyek wisata bekas letusan Gunung Merapi Jogja banyak warga menyewakan mobil seperti Suzuki Katana sebagai kendaraan berpetualang bagi pada wisatawa yang ingin menikmati sensasi menapaki jalan bergelombang di atas bekas muntahan lahar Merapi.

Jasa seperti ini juga dengan gampang Anda temui di beberapa obyak lain di Jogja, Bali, terutama Gunung Bromo yang masyhur dengan sensasi keindahan alamnya itu.

  1. Usaha Jual Beli Online

Jika desa Anda memiliki produk-produk yang cukup unggul untuk dijual, Anda bisa membuka toko online untuk menjualkannya. Peluang usaha jasa ini sangat luas bahkan tidak terbatas karena pasar yang tersedia hampir tidak berbatas di seluruh dunia.

Ini peluang yang sangat menggiurkan bagi anak-anak muda. Misalnya kampung Anda memiliki pusat industri kulit, pembuatan tas sepatu dan aksesori dari bahan kulit lainnya. Anda bisa membuat website dan memainkan media sosial untuk menjual produk-produk itu.

Juga Anda harus buka akun di beberapa market place yang sudah ada seeprti OLX, Tokopedia, Bukalapak dan sebagainya untuk menawarkan produk olahan kulit yang ada di kampung Anda.

Tak perlu modal untuk menjalankan usaha ini. Anda hanya perlu membuat kesepakatan mengenai harga dengan para pengrajin kulit dan kesanggupan mereka dalam hal memproduksi ketika Anda mendapatkan pesanan. Soal pengemasan dan pengiriman bisa Anda tangani sendiri.

Tugas Anda selanjutnya adalah menjepret prodk itu dan membuat gambar yag bagus. Setelah itu memasangnya pada akun media sosial dan website yang sudah Anda buka. Anda harus mempromosikannya secara rutin dan konsisten.

Sepertinya ini pekerjaan yang sepele, tapi jangan salah, ada banyak anak muda kaya mendadak gara-gara menjalankan usaha ini. Kok bisa? Ya, karena ini bisa dilakukan hanya dengan modal HP saja dan anak-anak muda itu menjual beragam produk melalui jaringan pertemanan mereka yang luas

  1. Jasa menjahit
Baca Juga  BUMDesa: Ruang Apresiasi Untuk Menggairahkan Ekonomi dan Mengentaskan Kemiskinan Desa

Peluang usaha jasa menjahit di masa kini memiliki banyak perkembangan baru karena fashion sudah menjadi gaya hidup. Bahkan di desa sekalipun. Ini berbeda dengan masa lalu di desa yang tidak menjadikan persoalan fashion sebagai kebutuhan yang cukup penting.

Berbeda pula dengan penjahit di masa lalu yang perkembangan fashion-nya masih terbatas, ini untuk menjadi penjahit Anda harus pula terus up date mengenai disain-disain kekinian. Pengetahuan itu akan sangat membantu penjahit menciptakan berbagai disain pakaian yang diinginkan para klien.

  1. Jasa laundry alias pencucian baju

Mengucek baju kotor, menjemur dan menyeterika sudah bukan kegiatan yang menarik lagi bagi para ibu masa kini. Membawa tumpukan cucian ke laundry alias jasa pencucian adalah pilihan terbaik bag keluarga.

Faktanya, hitungan akhir dari laundry bisa jauh lebih irit tenaga dan waktu dibanding menjalankan sendiri. Inilah peluang yang harus Anda tangkap sebagai peluang usaha jasa di desa.

Tak banyak modal yang perlu Anda siapkan untuk memulai usaha ini. Cukup mesin cuci, seterika dan perlengkapan lain seperti meja, jemuran dan sebagainya. Kalau ada ruangan bekas garasi, Anda bisa menggunakannya untuk disulap menjadi usaha laundry Anda.

Jika ingin memberikan nilai lebih pada pelanggan, Anda bisa menggunakan sistem antar-jemput cucian, itu akan membuat pelanggan Anda bakal tak bisa ke lain hati dan terus mengusung cuciannya ke tempat Anda.

  1. Jasa pembayaran listrik dan rekening lainnya

Hanya butuh sebuah meja di depan rumah dan spanduk kecil untuk menjalankan peluang usaha jasa ini. Untuk mekanisme-nya, Anda harus mendaftarkn diri sebagai agen pembayaran dari beberapa perusahaan yang memang bergerak di bidang ini.

Selanjutnya anda bisa membuka sendiri layanan jasa pembayaran di rumah Anda sebagai loketnya. Warga sekampung Anda adalah konsumen yang bisa Anda sasar untuk peluang usaha jasa ini.

  1. Jasa Catering
Baca Juga  Banyak Gerai Retail Tutup, UMKM Harus Masuk ke Online

Jika Anda memiliki kemampuan meracik bumbu dan menciptakan masakan lezat, membuka jasa penyedia makanan alas catering adalah pilihan jitu. Tak perlu membangun rumah makan untuk menjalankan usaha ini.

Anda cukup melakukan promosi dengan jaringan media sosial Anda pada kolega-kolega yang bekerja pada perusahaan dan sering menggelar rapat. Jangan lupa pula hubungi kantor desa untuk menjdi penyedia makanan untuk acara-acara yang digelar di kantor kelurahan.

Bakal jadi pasar yang baik jika ada perusahaan dengan banyak karyawan di dekat kampung Anda. Anda bisa menawarkan menu masakan buatan Anda sebagai makan siang para pekerja dengan sistem kontrak.

  1. Rental komputer dan fotokopi

Peluang usaha jasa lainnya adalah membuka jasa fotokopi yang didalamnya ada jasa ental computer. Sekarang ini semua orang membutuhkan penggunaan computer untuk berbagai dokumen dan kebutuhan, terutama anak-anak sekolah.

Jadi, Anda akan bisa mendapatkan dua peluang pendapatan sekaligus yakni dari jasa fotokopi da penjualan kertas dan perlengkapan seperti ballpoint, kertas, platik sampul dan sebagainya. Juga ada pemasukan dari pelayanan dokumen seperti nge-print, pengetikan dan sebagainya.

Untuk peralatan fotokopi Anda bisa menggunakan sistem sewa alat dan untuk komputerya, Anda bisa menyiapkan untuk beberapa paket computer PC yang stadar untuk kepentingan pengetikan.

Peluang usaha jasa satu ini aka sangat strategis jika Anda memilliki tempat tingal di dekat sekolah atau kampus serta kantor instansi pemerintah.

Itulah beberapa peluang usaha jasa yang bisa Anda kembangkan di desa. Keberhasilan usaha ini sangat tergantung dengan kemampuan Anda memberi kenyamanan dan kepuasan pada klien atau konsumen Anda. Keramahan, ketekunan dan ketulusan adalah beberapa sikap yang akan sangat membantu Anda mendapat keuntungan besar dari peluang usaha jasa ini. (aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here