Peluang Usaha ini Sering Disepelekan Namun Nyata Omsetnya

0
1230

Membuka usaha merupakan dambaan banyak orang. Betapa tidak, dengan membuka usaha kita tidak hanya mendapatkan keleluasaan work hour atau jam kerja, namun juga omset yang berkali lipat dari modal yang kita keluarkan. Berbicara soal peluang usaha,  dengan semakin berkembangnya teknologi, peluang usaha menjadi semakin banyak. Tidak hanya usaha-usaha bermodal besar namun juga usaha bermodal kecil. Masuknya teknologi ke desa, juga membuat peluang usaha baru tersebar tidak hanya di kota tetapi juga di desa.

Berbicara soal peluang usaha di desa, setelah sebelumnya kita membahas tentang beragam usaha kuliner dengan modal kecil yang bisa dibuka di desa, kali ini kita akan membahas peluang usaha yang mungkin, sering disepelekan dan tidak banyak peminat usaha ini, namun sebenarnya memiliki omset lumayan. Usaha yang akan kita bahas ini masih berhubungan dengan “rumah”, yakni usaha sedot wc.

Usaha sedot WC seringkali jarang terpikirkan oleh kita mungkin, karena biasanya, mendengar kata “usaha” kita akan auto terpikirkan bisnis-bisnis mainstream macam warung, jualan, dll dan jarang sekali terpikirkan untuk membuka usaha sedot WC bukan? Padahal, jika kita sudah tahu omsetnya, dan usaha ini sudah memiliki nama, perbulannya kita bisa mendapatkan penghasilan yang tidak main-main.

Baca Juga  Peluang Usaha Di Desa dengan Modal Minim Keuntungan yang Menarik      

Berbicara soal usaha sedot WC, mungkin banyak yang belum tahu bahwa keuntungan yang akan kita dapatkan bisa berkali lipat dari modal yang kita keluarkan. Usaha ini sangat prospektif mengingat beberapa alasan di bawah ini:

  1. Setiap rumah memiliki septictank
  2. Terdapat banyak rumah dan permintaan rumah semakin meningkat yang pastinya akan berdampak pada usaha ini juga
  3. Orang biasanya lebih menyukai yang “praktis”, ketimbang membuat septictank baru, lebih baik menggunakan jasa sedot WC
  4. Prosesnya dinilai lebih cepat oleh masyarakat
  5. Dinilai praktis oleh konsumen, karena tinggal hubungi nomor yang tertera

Selain itu, soal keuntungan materiil yang akan kira dapatkan tentunya. Sebelum kita membahas soal keuntungan, mari kita lihat dari segi permodalan terlebih dahulu. Untuk membuka bisnis yang satu ini, kita membutuhkan modal sebagai berikut.

Untuk membuka bisnis ini, kita akan membutuhkan modal antara Rp. 40 – 50 jutaan. Untuk rincian estimasi biaya yang perlu kita keluarkan seperti di bawah ini:

Kebutuhan Estimasi Biaya
Mobil Penyedot WC Rp. 35.000.000
Mesin Pompa Rp. 5.000.000
Selang khusus limbah Rp. 1.000.000
Biaya Promosi Rp. 1.000.000
Gaji Karyawan Rp. 1.500.000
Bensin dan biaya tak terduga Rp. 500.000
TOTAL Rp. 44.000.000
Baca Juga  Bisnis Kekinian di Desa? Bisa

 

Dengan modal awal yang sudah kita ketahui, kita bisa mendapatkan keuntungan kotor sebesar Rp. 500.000 – Rp. 800.000 untuk sekali panggilan. Usaha ini sangat bergantung pada promosi, oleh karenanya biaya promosi yang dipatok cukup besar karena mengingat bisnis ini akan lebih prospektif jika banyak orang yang mengetahui tentang bisnis kita ini. Kita bisa menggunakan berbagai media promosi seperti: Media massa, banner, leaflets, sosial media dan media lain seperti promosi keliling.

Agar promosi yang kita jalankan dapat tertarget, mari fokuskan target promosi. Bisnis ini memang dibutuhkan di segala lini, namun kita bisa targetkan promosi pada rumah tangga, perkantoran, dan dinas kebersihan. Mengapa rumah tangga menjadi list pertama yang perlu kita “pegang”, tentu Anda sudah mengerti alasannya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa setiap rumah pasti memiliki septictank. Tidak hanya rumah sebenarnya, namun perkantoran yang memiliki kamar mandi pun, sewaktu-waktu membutuhkan jasa kita.

Lalu mengapa kita targetkan dinas kebersihan? Kita perlu juga bekerja sama dengan dinas kebersihan fasilitas umum kaitannya dengan pemeliharaan fasilitas umum yang ada. Mudahnya, inti dari bagaimana bisnis kita bisa berjalan adalah sejauh mana kita bisa mempromosikan bisnis yang satu ini. Ingat, semakin banyak yang tahu, semakin bagus prospek bisnis ini, jadi jangan ragu untuk mengeluarkan biaya untuk promosi.

Baca Juga  Berapa Sih Modal Awal Bisnis Counter?

Itu tadi sedikit informasi mengenai peluang usaha desa yang bisa kita coba yakni usaha sedot WC, semoga dapat memberikan sedikit gambaran ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here