Peluang Usaha ini Banyak Disepelekan Namun Ternyata Beromset Lumayan

0
652

Membuka usaha baru memang susah-susah gampang. Tidak hanya karena kini sudah banyak sekali pesaing bisnis atau usah, namun juga biasanya, orang akan berpikir dua kali untuk membuka usaha karena terkendala modal. Modal usaha yang dapat dibilang tidak sedikit membuat orang mengurungkan niatnya untuk membuka bisnis, namun, ada kok bisnis yang minim modal atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Salah satu bisnis tanpa modal adalah bisnis online misalnya.Kita tinggal duduk manis di rumah sambil menjadi raters atau influencer, uang mengalir dengan sendirinya. Ada juga bisnis dengan modal kecil seperti bisnis makanan ringan, bisnis bimbel, jastip dan banyak lagi. Berbicara soal bisnis kuliner, ada satu makanan yang dari dulu hingga sekarang sepertinya menjadi favorit banyak orang, apalagi kalau bukan gorengan.

Membuka usaha jual gorengan merupakan salah satu hal yang tepat bagi Anda yang ingin membuka usaha namun dengan modal yang sedikit atau minim. Makanan satu ini sepertinya memang menjadi favorit bagi tidak hanya orang dewasa, namun anak-anak pun juga suka makan gorengan. Keuntungan lain dari berjualan gorengan yang bisa Anda dapatkan adalah bisnis ini dapat dibilang menjadi salah satu bisnis dengan keuntungan yang lumayan. Betapa tidak, selain memiliki pangsa pasar yang luas, bisnis gorengan juga termasuk satu dari sekian bisnis kuliner paling dicari.

Baca Juga  Jamu Indonesia, Cara Hidup Sehat Sekaligus Cinta Produk Indonesia

Dimana-mana pasti banyak orang mencari gorengan sebagai makanan pelengkap atau bahkan makanan camilan sambil menunggu waktu makan. Selain itu, gorengan juga memiliki beberapa varian gorengan yang bisa kita coba pasarkan guna menghindari kebosanan konsumen. Kelebihan lainnya dari bisnis yang banyak disepelekan namun beromset lumayan ini adalah bisnis ini mudah dijalankan. Anda yang tidak bisa memasak pun, bisa secara otodidak mencoba memasak gorengan karena hal yang dibutuhkan adlah bagaimana caranya menggoreng dengan proporsi yang pas agar gorengan renyah dan enak.

Bila anda tertarik untuk mencoba bisnis yang satu ini, berikut estimasi modal yang mungkin Anda keluarkan:

Kebutuhan Estimasi Biaya
Gerobak Rp. 1.000.000
Peralatan masak Rp. 400.000
Kompor Gas Rp. 500.000
Tabung Gas Rp. 200.000
Bahan (minyak, tepung dll) Rp. 100.000
Total Rp. 2.600.000

 

Biaya di atas belum termasuk biaya sewa tempat dengan asumsi kita membuka usaha di halaman rumah atau tempat yang gratis. Dalam menjual gorengan, ada baiknya kita mencari lokasi strategis seperti di pinggir jalan atau di dekat fasilitas umum yang memungkinkan banyak orang untuk melihat dagangan kita. Kunci dari sebuah gorengan adalah kerenyahannya. Jadi pastikan untuk tidak membuatnya terlalu banyak terlebih dahulu sebelum ada yang membeli karena orang tidak terlalu suka mendoan yang sudah dingin.

Baca Juga  Kecamatan Kaubun, Melaju Membangun Desa Mandiri

Berbicara soal permodalan, modal awal yang kita keluarkan untuk membuka satu usaha gorengan dapat dibilang tidak terlalu tinggi bukan? Lalu bagaimana omset bulanannya? Mari kita hitung bersama. Katakanlah dalam satu harinya kita dapat menjual 200 buah gorengan dengan harga Rp. 1000 per buahnya, dalam satu hari kita bisa mendapatkan Rp. 100.000. Jika dalam sebulan berarti perkiraan kita bisa mendapatkan sebesar Rp. 6.000.000. Untuk membeli perlengkapan dan bahan baku Rp. 100.000 per hari dikalikan 30, yakni Rp. 3.000.000, maka keutungan yang bisa kita dapatkan setip bulannya adalah Rp. 3.000.000, atau dua kali lipat dari modal harian yang kita butuhkan. Menarik bukan?

Nah dalam berjualan gorengan, orang juga biasanya memastikan bahwa gorengan yang mereka beli aman, dan tidak menggunakan bahan berbahaya seperti plastik misalnya. Kita wajib memastikan hal itu agar orang percaya dan kembali lagi membeli gorengan kita. Berjualan memang tidak selamanya lancar dan pasti mengalami up and down, namun dalam usaha yang satu ini, baik di desa maupun di kota sepertinya banyak dicari oleh pelanggan, jadi jangan ragu untuk membuka usaha yang satu ini.

Baca Juga  Buka Bengkel Motor di Desa, Berapa Modal Awalnya?

Itu tadi beberapa informasi mengenai peluang usaha desa yakni usaha gorengan. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi mengenai apa-apa saja yang perlu menjadi perhatian sebelum membuka bisnis atau usaha gorengan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here