Peluang Usaha dari Hobi, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Peluang Usaha dari Hobi, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

BERDESA.COM – Usaha dari hobi memang menggiurkan. Siapa yang tidak ingin menghasilkan uang sembari bersenang-senang. Kelebihan usaha dari hobi adalah peluang usaha ini menjadi lebih mudah Anda jalankan karena Anda pasti sangat menguasai pekerjaan itu soalnya sudah berulangkali Anda menjalankannya.

Tapi nanti dulu, meski terdengar menyenangkan, belum tentu semudah itu melakukannya. Soalnya ini soal peluang usaha, modal menyukai pekerjaan itu saja belum cukup karena musti juga memastikan peluang, target dan pasar. Jika hanya bersenang-senang, bagaimana duit datang. Nah, berikut ini kelebihan sekaligus kekurangan membangun usaha berangkat dari hobi. Kelebihannya adalah:

Pertama, Anda bakal sangat menikmati proses bekerja karena peluang usaha itu berangkat dari hal yang sangat Anda sukai. Kenikmatan seperti itu sangat didamba semua orang dalam bekerja. Anda bakal menjadi orang yang sangat beruntung jika mampu membangun usaha dari peluang usaha yang sudah Anda sukai sebelumnya.

Kedua, Anda dengan bakal mudah mengembangkan peluang usaha karena usaha dari hobi yang sudah bertahun-tahun Anda geluti. Anda juga pasti sangat mencintai pekerjaan ini. Misalnya, seorang yang hobi naik gunung dan kegiatan olah raga outdoor pasti bakal sangat menguasai ketika hobinya itu dikembangkan menjadi layanan traveling outdoor lengkap dengan penyewaan alat, pendampingan mendaki gunung atau mendirikan toko peralatan naik gunung.

Ketiga, hobi biaanya sangat erat dengan eksistensi diri, artinya orang-orang dengan sendirinya bakal siap mengeluarkan uang demi mendapatkan kesenangan dan pengakuan orang lain mengenai hobinya. Maka siapapun yang membuka usaha dari hobi biasanya punya semangat yang hebat untuk mengembangkan usaha.

Tapi nanti dulu, tak berarti semuanya bakal berjalan mulus. Peluang usaha dari hobi juga menebarkan banyak ranjau alias hambatan. Ini dia hambatannya:

  1. Malah Terlena

Karena terlalu senang dengan bidang itu akhirnya lupa bahwa itu adalah sebuah unit usaha. Anda mabuk kepayang dengan kesenangan menjalankan hobi sehingga usaha itu tidak menghasilkan income sebagaimana yang diharapkan.

  1. Masalah Pemasaran

Ingat, ini adalah usaha. Maka hobi yang Anda jadikan peluang usaha haruslah sebuah hobi yang gampang dipasarkan dan Anda sendiri yang paling tahu siapa pasar Anda karena biasanya konsumen juga berangkat dari kesenangan yang sama. Membuka peralatan outdoor sport seperti peralatan camping dan mendaki gunung jelas menyasar anak-anak muda yang suka petualangan alam bebas. Maka Anda harus fokus untuk mengjangkau pasar itu misalnya dengan membangun komunitas atau tergabung komunitas orang-orang yang memiliki hobi seperti Anda dan menjadikan mereka pasar Anda.

  1. Hobi Harus Menjual

Usaha dari hobi haruslah mempertimbangkan jenis hobinya. Soalnya ada banyak orang dengan hobi yang terlalu khusus sehingga pasarnya sangat terbatas atau hobi itu hanya dilakukan segelintir orang. Misalnya, hobi memelihara reptil lalu Anda membuka toko berjualan reptil untuk dipelihara. Anda harus riset dulu, apakah pasar yang Anda bidik yakni para penggemar reptil cukup prospektif sebagai pasar? Jika tidak signifikan, berarti hobi Anda bukan peluang usaha yang layak.

Beberapa pertimbangan di atas harus Anda gunakan sebelum memutuskan apakah Anda bakal membangun usaha dari hobi. Sebaiknya lakukan dulu riset yang cukup untuk memastikan peluang usaha dari hobi Anda itu realistis, rasional dan masuk dalam skala manajemen yang bisa dijalankan sebagai usaha. Selamat mencoba.(aryadji/berdesa)

Foto: www.gowest.id

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan disebarkan.Kolom yang ditandai wajib diisi *

Anda dapat menggunakan HTML tag dan atribut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*