Peluang Usaha Hewan Qurban Naik Daun, Berikut Cara Memulainya

0
300

Idul Adha sebentar lagi, seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada saat Idul Adha, umat muslim melakukan penyembelihan hewan kurban, baik itu kambing, sapi maupun domba. Nah, ada satu hal yang unik menjelang Idul Adha yakni semakin banyaknya terlihat orang menjajakan hewan kurbannya di pinggiran kota. Memang, penjual hewan qurban mengalami peningkatan apalagi di masa-masa menjelang Idul Adha macam ini.

Membuka usaha ternak hewan qurban ini cukup menggiurkan dan sangat pas rasanya dilaksanakan oleh anda yang berdomisili di pedesaan. Wilayah pedesaan yang masih banyak tersedia rumput dapat memudahkan anda dalam mencari pakan hewan ternak anda. Nah bagi anda yang tertarik untuk mencoba peluang usaha desa yang satu ini, berikut beberapa tips bagaimana cara memulainya:

Cari tahu modal minimal

Sobat berdesa, pertama dan paling utama adalah ketahui dulu modal yang dibutuhkan untuk mengawali bisnis ini. Peluang usaha hewan qurban memang merupakan bisnis musiman, namun jangan salah omset dan keuntungan bersih yang bisa anda dapatkan cukup tinggi lho. Namun, satu yang perlu anda tahu bahwa modal yang anda keluarkan juga tidak dapat dibilang sedikit. Ada yang mengatakan bahwa anda perlu mengeluarkan kocek seharga mobil LCGC untuk mengawali usaha ini.

Baca Juga  Mengembangkan Usaha Jamur Tiram: Bisnis Log Jamur Sampai kuliner

Ada satu yang bisa jadi alternatif, yakni membeli kepada tengkulak, namun anda perlu berhati-hati dan mengecek hewan qurban yang akan anda beli ini dengan benar-benar teliti. Agar apa? Tidak terjadi kerugian. Yang ditakutkan adalah hewan qurban yang anda beli tersebut sakit dan anda baru mengetahuinya beberapa hari setelahnya. Dan tentu sudah terlambat bukan? Oleh karenanya, hati-hati dalam membeli.

Pelajari cara merawat hewan Qurban

Anda yang memang tidak memiliki basic peternakan, sangat dianjurkan untuk mengetahui terlebih dahulu apa-apa yang perlu anda lakukan kaitannya dengan perawatan hewan qurban. Oh iya, hewan qurban yang dimaksud adalah kambing, domba dan sapi. Banyak yang memilih hanya menjual kambing, karena modalnya yang lebih sedikit. Namun memiliki banyak pesaing.

Pun ada yang memilih Sapi, karena tidak banyak pesaing namun membutuhkan modal yang besar. Ada juga yang keduanya. Sesuaikan dengan modal anda saja. Nah kembali ke merawat hewan qurban. Tidak semerta-merta sesimpel diberi makan rumput, namun anda perlu juga menjaga kesehatannya. Cek kondisi hewan qurban anda setiap hari. Suplemen dan vitamin juga biasanya diberikan untuk menjaga kondisi hewan qurban anda sampai waktunya siap dijual.

Baca Juga  Kerangka Gagasan Potensi Ekonomi Desa

Lebih nyaman jual sendiri

Anda yang mungkin sibuk namun tetap ingin berbisnis ini mungkin akan terpikirkan untuk titip jual ke orang lain. Memang tidak salah sih, namun menjualnya sendiri lebih nyaman bukan? Titip jual memang lebih praktis karena anda tinggal menunggu hasil dari yang menjual di pasaran, namun anda tidak tahu berapa harga yang ia patok. Belum lagi jika harga yang ditawarkan terlalu tinggi sehingga membuat konsumen beralih ke penjual lainnya. Hal ini tentu beresiko merugikan anda. Oleh karenanya, coba menjualnya sendiri akan lebih baik.

Usia hewan Qurban

Anda yang akan menjual hewan qurban, perlu diperhatikan bahwa usianya sudah memenuhi batas ketentuan dalam ajaran agama Islam. Nah bagi anda yang belum mengetahui, kambing yang boleh diqurbankan adalah yang tidak kurang dari 18 bulan, sedangkan sapi, tidak kurang dari 2 tahun, atau lebih baik lagi jika 3 tahun.

Lokasi yang terlihat

Untuk menjual hewan qurban, anda perlu perhatikan lokasinya. Cari lokasi di pinggir jalan yang cukup “terlihat”, namun jangan sampai memakan jalan utama. Bagaimana mau laris jika anda tidak terlihat, bukan begitu? Nah satu lagi yang perlu diperhatikan adalah jangan cari lokasi yang dekat dengan rumah makan atau restoran. Anda tentu tidak ingin diprotes karena bau hewan yang anda jajakan bukan?

Baca Juga  Peluang Usaha di Desa dengan Modal Kecil Berpotensi Keuntungan Besar     

Nah itu tadi beberapa tips peluang usaha desa dalam hal ini usaha hewan qurban. Jika anda memang memiliki modal, keinginan dan siap membuka usaha ini, mengapa tidak? Selamat mencoba ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here