Peluang Usaha Distribusi, Cara Jitu Menjadi Orang Kaya Baru

0
14249
Peluang Usaha Distribusi, Cara Jitu Menjadi Orang Kaya Baru

Peluang usaha distribusi, jika Anda tahu, adalah peluang usaha yang sangat menguntungkan. Soalnya, Anda tidak perlu memikirkan proses produksi dan langsung mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang Anda distribusikan.

Usaha distribusi adalah salah satu usaha pemasaran produk meliputi semua aktivtas yang melibatkan penjualan barang secara langsung kepada konsumen akhir. Ada dua cara yang bisa dijalankan dalam proses ini yakni:

  1. Murni sebagai orang atau pihak yang melakukan distribusi atau menyalurkan produk dengan cara membangun jaringan pemasaran. Pada proses ini hanya menjalankan diri sebagai distributor tampa perlu menyetor modal atau melakukan pembelian barang lebih dahulu.
  2. Bertindak sebagai pegecer suatu produk dengan cara membeli terlebih dahulu dalam jumlah besar. Anda lalu akan menjual kembali produk itu dalam jumlah kecil-kecil.

Umumnya cara yang pertama yang banyak dilakukan. Soalnya cara itu dianggap sebagai langkah yang sama-sama menguntungkan baik bagi Anda sebagai pelaku usaha distribusi maupun bagi perusahaan produsen karena tidak perlu lagi membangun jaringan pemasaran hingga ke end user.

Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda peroleh ketika menerjuni bidang distribusi sebagai usaha:

  1. Biaya produksi tidak menjadi beban Anda karena produk sudah disediakan produsen. Ini artinya, resiko kerugian semakin kecil karena investasi yang kecil.
  2. Margin alias profit yang Anda dapatkan tergolong kecil karena yang diandalkan dari bisnis ini adalah besaran distribusi produk yang Anda sebarkan melalui jaringan distribusi yang Anda bangun.
  3. Pelaku distribusi atau distributor tidak perlu pusing soal kadaluarsa-nya sebuah produk karena soalnya pihak perusahaan yang akan mengurus soal itu.
  4. Rantai distribusi tidak perlu membuat Anda pusing dengan urusan marketing karena umumnya marketing telah disiapkan pihak produsen sehingga sangat meringankan kerja distributor.
Baca Juga  Kenapa Puzzle Mainan Kayu Ini Sangat Layak Dibeli

Di kalangan pengusaha, jenis peluang usaha distribusi dikenal sebagai salahsatu pekerjaan yang paling cepat bisa menghasilkan uang. Tetapi karena sebagaian besar urusan sudh ditangani pihak produsen, maka perhitungan keuntungan tergantung dari volume produk yang berhasil Anda distribusikan.

Apa saja produk menarik yang peluang usaha distribusinya menguntungkan, berikut ini beberapa pilihan produk yang bisa Anda jadikan acuan:

  1. Distributor Produk Minuman

Produsen minuman kemasan yang mereknya sudah dikenal luas oleh konsumen akan sangat mudah didistribusikan karena kekuatan mereknya. Anda juga bisa sekalian mendistribusikan berbagai merek minuman yang lain dalam satu paket kerja distribusi.

Anda hanya has mencari sebuah tempat untuk menampung produk sekaligus sebagai etalase usaha minuman yang  produknya Anda distribusikan. Lalu Anda sulap tempat Anda menjadi pusat distribusi minuman untuk area pemasaran yang besar.

Dengan cara itu Anda bakal mendapatkan keuntungan lebih banyak. Di sisi lain, konsumen juga bakal lebih tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan karena memiliki banyak macam minuman ditempat Anda.

  1. Distribusi Produk Sembako

Sembako jelas dibutuhkan semua orang setiap hari. Maka peluang usaha distribusi akan selalu menjadi peluang yang besar untuk mengembang. Anda bisa menjadi distributor untuk beberapa jenis sembako sepert beras, gula dan telur misalnya.

Tiga jenis produk itu bakal selalu dibutuhkan orang setiap hari. Hanya saja Anda harus memiliki daya saing yang kuat dengan distributor lainnya karena ‘pemain’ dalam bisnis ini sanat banyak jumlahnya. Anda harus punya strategi jitu terutama dalam hal harga.

Soalnya salahsatu kunci bisnis sembako adalah bisa menawarkan harga yang lebih murah dibanding tempat lain yang juga melakuka distribusi sebagaimana Anda.

  1. Distribusi Pulsa
Baca Juga  Peluang Usaha Makanan di Desa Nan Menggiurkan

Semua orang menggenggam Smartphone sekarang ini, membuat setiap orang membutuhkan pulsa bagian dari kebutuhannya membangun jaringan komunikasi. Itulah yang membuat distribusi pulsa menjadi peluang usaha distribusi yang bakal bertahan lama.

Anda bahkan tidak harus menyedikan tempat untuk menjalankan usaha ini. Melainkan cukup dengan menggunakan beberapa handphone saja untuk menyimpan deposit pulsa dari beberapa perusahaan operator.

Pekerjaan Anda adalah mendistribusikan deposit pulsa kepada kios-kios penjual pulsa. Anda bisa melakukan itu dengan cara mendatangi kios-kios pula secara offline alias bertemu langsung atau melalui jaringan online sehingga tidak perlu harus bertemu untuk setiap transaksi.

Tapi yang manapun caranya, yang sedang Anda lakukan adalah membangun jaringan dengan para penjual pulsa sehingga Anda harus memiliki hubungan yang baik dengan para penjual pulsa sehingga teknik jemput bola akan memberi nilai plus bagi Anda sebagai seorang distributor.

Ingat, jangan terlalu serakah dalam urusan margin. Ngotot mendapatkan margin besar bisa menjadi petaka bagi usaha distribusi Anda.

  1. Distributor Makanan Ringan

Makanan ringan adalah peluang usaha distribusi yang tak ada matinya. Terutama makanan kecil untuk anak-anak. Tak berlebihan bahkan dalam usaha ini ada banyak orang kaya baru bermunculan karena prospeknya yang luar biasa.

Untuk jenis usaha satu ini Anda harus memiliki tempat untuk menampung berbagai jenis makanan ringan yang Anda distribusikan. Berbeda dengan pulsa yang bisa disimpan dalam sebuah handphone. Makanan ringan membutuhkan ruang yang besar untuk menampungnya.

Ruang penyimpanan juga harus memiliki akses jalan raya untuk memudahkan kendaraan keluar masuk mengangkut aneka jenis makanan ringan yang Anda sediakan.

Tetapi bisa juga usaha ini Anda jalankan dengan langsung mengakses gudang pusat pembuatan

Baca Juga  Peluang Usaha Kecil Menengah di Desa, Si Kecil Yang Bisa Jadi Raksasa

Tetapi jangan salah, tidak mengeluarkan modal tidak berarti mudah dalam operasional. Sebaliknya, peluang usaha distribusi sangat ditentukan dari cara Anda membangun sistem kerja dalam perusahaan distribusi yang Anda kelola.

Sebelum memulai usaha ini Anda harus lebih dahulu menentukan beberapa hal penting untuk memasikan usaha Anda bakal lancer melakukan distribusi produk. Beberapa hal peting itu antara lain:

  1. Membuat analisa pasar untuk memastikan jenis produk yang akan Anda distribusikan. Hal ini akan memastikan produk itu sesuai dengan kebutuhan populasi yang menjadi sasaran dan segmen Anda
  2. Menentukan lingkup pemasaran dari produk yang Anda distribusikan mencakup luasan wilayah, target volume dan pembuatan rencana kerja mencapai target sasaran
  3. Menghitung jumlah kebutuhan tenaga kerja untuk bisa membangun kekuatan jaringan pemasaran pada cakupan area yang telah ditentukan.
  4. Penyusunan skema remunerasi Tim Sales dan Marketing, jika Anda menangani dua bagian ini secara langsung
  5. Pembuatan SOP untuk sistemm kerja sekaligus sistem kontrolnya.

Beberapa hal di atas adalah kebutuhan penting dalam membangun sebuah perusahaan distribusi. Dengan rencana bisnis yang baik maka peluang usaha distribusi bakal bisa Anda capai secara terencana.

Jangan lupa pula menyusun Marketing Plan Principal alias produsen penghasil produk dan memastikan Anda telah selesai mempelajari pola kerjasama antara Anda sebagai distributor dengan perusahaan produsen sehingga Anda tidak perlu ada kekawatiran mengenai perbedaan persepsi antara Anda dengan produsen selama proses kerjasama berlangsung.

Satu lagi, Anda harus memutuskaan apakah Anda akan membangun kerjasama hanya pada satu perusahaan penghasil produk tertentu atau masih memiliki wewenang untuk mengembangkan jaringan pemasaran dengan menjual produk lain dalam satu sistem manajemen terpadu. (aryadji/berdesa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here