Peluang Usaha di Desa yang dapat Dikembangkan dan Menghasilkan Keuntungan Bagi setiap Masyarakatnya

0
1551
Badan Usaha Milik Desa

Apakah ada yang pernah berkunjung ke sebuah desa? Apa yang anda rasakan berada di desa? Desa identik dengan ketenangan serta kealamian keadaan daerahnya.Tersedia banyak sawah, banyak pepohonan bahkan sungai-sungai jernih menghiasi seluruh desa.  Namun adakah diantara Anda yang berminat membuka usaha atau bisnis di desa? Pasti banyak yang berfikir dua kali apabila harus membuat usaha atau bisnis di desa.

Padahal kalau dipikir dan dipelajari, desa adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan usaha anda. Apalagi kota sudah penuh dan sesak oleh penduduk. Saat akan membuka usaha di kota terhalang oleh banyak hal, salah satunya modal. Juga orang perkotaan sibuk dengan karier mereka masing-masing. Membuka usaha di desa hanya membutuhkan modal yang kecil. Ketersediaan lahannya yang masih murah untuk dibeli, berbeda dengan di Kota yang apa-apa serba mahal.

Simak beberapa contoh serta ulasan singkat peluang usaha yang dapat ditekuni dan dikembangkan di desa, antara lain sebagai berikut :

1. Peluang usaha berternak kroto

Anda yang memiliki hobi berternak, ternak kroto dapat anda usahakan di desa. Semut rangrang lah yang disebut kroto. Karena keberadaan semut rangrang di alam lepas sudah sangat jarang ditemukan membuat harga telor kroto ini per kilogramnya berharga mahal. Sedangkan kebutuhan kroto ini sangat tinggi. Kroto ini digunakan untuk makan burung serta ikan.

Baca Juga  Peluang Usaha Jasa Menguntungkan Yang Layak Anda Lirik

Telur semut ini digunakan sebagai untuk pakan burung serta pakan ikan. Memiliki kisaran harga 150 ribu rupiah tiap kilogramnya. Cara untuk mengembangkan usaha ini anda dapat memulai dengan membuatkan rak. Kemudian sediakan toples untuk meletakkan telur-telurnya. Dalam satu toples biasanya dapat menghasilkan 2 ons. Periode memanen telur dari kroto ini adalah 15 hari hingga 20 hari.

2. Peluang usaha membuka toko mainan dan pembuatan mainan

Peluang usaha ini cukup menjanjikan, apalagi banyaknya jumlah penduduk yang tinggal di desa dapat dipastikan mereka memiliki banyak anak. Jadi bagi masyarakat desa, atau yang memiliki anak kecil tidak perlu pergi ke toko mainan yang ada di kota. Cukup dengan membuka toko mainan, akan membuat ramai dengan anak-anak yang datang.

3. Peluang usaha membuka bimbel

Kalau kita membicarakan pendidikan pasti tidak ada habisnya. Apalagi saat mencoba membuka usaha ini di desa. Bimbel di desa ini masih sangat jarang ditemukan.

4. Peluang usaha budidaya jamur tiram

Peluang usaha dengan budidaya jamur lumayan dapat menjanjikan serta dapat menjadi penghasilan harian anda. Modal yang dibutuhkan relatif sedikit. Bahan yang digunakan untuk memulai usaha inipun cukup mudah ditemukan. Seperti dedak, serbuk kayu serta kapur. Untuk mengembangkan usaha ini, anda perlu belajar baik melalui internet, atau melalui buku-buku yang ada di perpustakaan.

Baca Juga  Harumnya Bisnis Pembuatan Sabun Mandi Buatan Warga Desa

5. Peluang usaha ternak ayam kampung dengan 3 sistem

Peluang usaha ternak ayam adalah yang dapat kita lakukan apabila ada di desa. Apalagi di desa tersedia lahan yang begitu luas. Sehingga usaha ini dapat berkembang, dan saat panen nanti dapat dijual di pasar maupun di kota. Terdapat 3 metode dalam hal berternak ayam, antara lain sebagai berikut :

  • Menggunakan metode dibiarkan di jalan atau umbaran. Metode ini adalah metode yang paling sering diterapkan pada warga yang tinggal di desa. Metode ini caranya yaitu ayam dibiarkan dan dilepaskan untuk mencari makan sendiri
  • Menggunakan metode semi intensif. Metode ini merupakan metode berternak ayam dengan membuat kandang yang luas, sehingga ayam tidak kemana-mana.
  • Menggunakan metode insentif. Merupakan metode dengan ayam kampung yang berada di dalam kandang sepanjang harinya. Cara berternak menggunakan metode ini membutuhkan modal untuk pembuatan kandang serta pakan ayam.

6. Peluang usaha pada bidang kuliner

Usaha dibidang kuliner memang sangatlah tidak akan ada matinya. Karena semua orang membutuhkan makanan, anda dapat membuka warung makan kecil-kecilan di depan teras rumah anda, pagi anda menyediakan sarapan. Dengan masakan yang pas serta enak, dan promosi melalui mulut ke mulut akan membuat masakan anda menjadi laris.

Baca Juga  Mengatasi Urbanisasi Melalui BUM Desa

Demikianlah beberapa contoh peluang usaha yang dapat anda kembangkan di desa. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here