Peluang Usaha Di Desa, Salah Satunya Menggali Hasil Alam Desa yang Masih Berlimpah     

0
228

Walaupun bagi kebanyakan orang yang tinggal di kampung atau desa lebih memilih merantau, namun apabila kita bisa lebih bereksperimen dan lebih pintar me-manage keadaan dan potensi kampung. Tidak dipungkiri kita bisa lebih makmur daripada kita merantau. Apalagi jaman sudah semakin maju, tekhnologi internet sudah merambah desa-desa. Sehingga kita dapat memanfaatkan sebagai bisnis kecil-kecilan.

Jaringan internet dapat digunakan sebagai ajang untuk menggali potensi yang ada di desa kita. Juga dapat digunakan sebagai alat untuk menjual barang atau produk buatan kita. Apalagi tidak sedikit dari berbagai pengalaman, banyak yang menjadi sukses ketika ulet dalam menjalankan bisnis di Kampung Halaman atau di desa.

Untuk itu, bagi anda yang sedang ingin pulang kampung, dan menetap di kampung halaman, kemudian ingin membuka suatu usaha. Beberapa ide peluang usaha yang bisa Anda jalankan antara lain saya jabarkan di bawah ini:

1. Peluang Usaha Berjualan Sayur

Dengan potensi alam desa yang masih asri dan alami. Berbagai sayuran tersedia secara berlimpah. Dengan sumber daya alam ini, yang memang menjadi kebutuhan semua orang bahkan dibutuhkan hampir setiap waktu. Peluang usaha berjualan sayur ini dapat menjadi bisnis yang menjanjikan bagi anda. Cara menggunakan bisnis ini ialah, anda membeli sayur-sayuran segar dari petani yang terdapat di desa. Kemudian di jual ke kota.

Baca Juga  Pemanfaatan Hutan Mangrove Untuk Pengembangan Desa Pesisir

Bisa juga menggunakan jaringan internet, menjual sayuran segar kepada pemasok sayur yang ada di kota melalui media sosial. Dengan mempromosikan melalui media sosial, setelah terjual anda dapat mengirimkan sayur tersebut ke kota. Jadi tanpa harus mencari pembeli ke kota lagi, dengan mudah anda sudah memiliki pelanggan, bukan?

2. Peluang usaha menjual hasil desa

Keadaan alam desa yang memang masih berlimpah, dapat anda manfaatkan. Seperti misalnya di desa, masih tersedia banyaknya pohon kelapa. Dengan itu anda dapat memanfaatkan menjual gula jawa, yang dibuat oleh warga desa setempat. Lalu kemudian bisa dijual lagi ke kota, atau melalui jaringan internet dapat mempromosikan hasil gula Jawa tersebut. Atau bisa juga ketika potensi desa menghasilkan banyak biji kopi, dengan hasil alam melimpah tersebut.

Bisa dijual ke kota atau melalui media sosial memposting kopi terbaik dari desa anda. Pastinya kedai-kedai atau kafe-kafe kopi di kota akan melirik kopi asli yang berasal dari desa anda. Karena kopi asli memang banyak peminatnya. Dapat diseduh di rumah untuk mengobrol dengan keluarga, bahkan dijual di kafe kopi ternama. Apabila kopi yang dihasilkan enak dan pahitnya pas, maka kopi dari desa akan terkenal. Bukan hanya penghasilan bertambah, nama desa anda juga akan semakin terkenal.

Baca Juga  Manisnya Peluang Budidaya Jambu Air Manis Madu, Begini Cara Mendapatkan Peluangnya

Selain kopi, ada juga desa yang menghasilkan coklat. Coklat yang terbaik dan segar dari desa pasti akan banyak peminatnya. Dengan jaringan internet, anda bisa menjualnya atau mempromosikan pada kafe-kafe khusus coklat, atau toko-toko bahan kue yang ada di kota. Apabila anda lebih kreatif dan lebih cermat lagi, dengan sedikit kreatifitas membuat cokelat-cokelat lucu dan dikemas dalam bungkus menarik. Dengan begitu keuntungan yang didapatkan akan lebih banyak.

Orang pasti akan lebih tertarik ketika melihat coklat yang nikmat telah terbungkus rapi dengan unik terpampang diberbagai media sosial. Mereka akan membeli lagi atau menjualnya kembali. Penghasilan bertambah, nama desa terkenal, dapat membuka lowongan pekerjaan bagi warga desa, juga desa akan semakin maju. Tidak terbelakang kembali seperti dahulu.

Karena pada dasarnya semua desa memiliki potensi hasil alam yang berlimpah. Dengan ketekunan dan kegigihan dalam mengolah apa yang terdapat di desa, anda tidak perlu lagi kembali ke kota, dan berkutat pada kesibukan yang memang tidak akan ada habisnya. Meskipun bernama usaha kecil-kecilan, ketika anda terus berjuang dan tidak putus asa. Semua impian pasti akan segera terwujud.

Baca Juga  Peluang Usaha Makanan Kecil di Desa yang Layak Dicoba

Karena yang terpenting adalah adanya niat berusaha dan tidak ada rasa malas di dalam diri sendiri. Orang yang rajin saja belum tentu mendapatkan kesuksesan dengan mudah, apalagi orang yang malas. Terus berjuang, karena usaha keras tidak ada yang membohongi hasil. Semoga dapat menjadi manfaat dan gambaran bagi anda yang tinggal di kampung atau di desa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here